Kesehatan

8 Khasiat Tanaman Herbal Dipercaya Tangkal Corona

Novriadi.com – Khasiat tanaman herbal yang dipercaya untuk menangkal virus covid 19 ini banyak dicari orang. Selain untuk mencegah virus berkembang biak di dalam tubuh juga sebagai nutrisi penambah imun. Khasiatnya sudah sangat dipercaya untuk mengobati berbagai penyakit dan memberikan efek menyegarkan di tubuh.

Sebelum virus corona muncul, beberapa tanaman herbal ini sering dianggap biasa saja. Namun, setelah banyak yang mencoba dan ternyata cukup ampuh mengatasi pencegahan virus justru tanaman ini menjadi viral dan melambung namanya. Sudah sedari nenek moyang dahulu beberapa jenis tanaman herbal berikut menjadi konsumsi sehari – hari mereka. Bahkan juga digunakan bahan kecantikan dan juga ramuan jamu tradisional.

Indonesia kaya akan rempah juga tanaman yang memiliki khasiat luar biasa, banyak orang yang kurang mengetahui beberapa jenis tanaman seperti ulasan berikut. Untuk itu simak apa saja khasiat tanaman herbal yang dipercaya tangkal corona, berikut penjelasannya.

Tanaman Hernal Berkhasiat Hebat

Diantara tanaman berikut, ada beberapa yang juga dimanfaatkan untuk olahan sayuran dan penyedap masakan. Apa jenis tanaman itu, simak contohnya di bawah ini:

1. Temulawak

Tanaman herbal satu ini memang sudah dipercaya memiliki khasiat yang banyak. Selain untuk jamu juga untuk mengobati berbagai penyakit, salah satu contoh untuk menangkal virus covid 19 . Temulawak memiliki kandungan zat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari risiko terkena paparan radikal bebas. Dengan mencoba membuat ramuan sendiri di rumah menggunakan campuran bahan lain dan dikonsumsi secara rutin mampu meningkatkan imun juga menyegarkan tubuh.

Baca juga: ramuan tradisional jantung koroner

2. Jahe

Selanjutnya khasiat tanaman herbal yang dipercaya tangkal corona bisa ditemukan pada jahe. Jahe yang dikenal sebagai bumbu rempah masakan juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman sehat yang segar. Jahe ditambah dengan tanaman herbal lainnya lalu dibuat jamu dan dikonsumsi rutin dipercaya mampu meningkatkan imun. Selain itu juga bisa menjadi pilihan dalam mengobati berbagai penyakit seperti flu, batuk, sakit perut dan lainnya.

3. Jambu Merah

Jambu merah memiliki vitamin C sangat tinggi yang bisa membantu mencegah virus corona berkembang. Selain itu juga jambu merah baik dikonsumsi sebagai cemilan sehat kaya manfaat. Buah ini bisa dimakan begitu saja atau dijadikan sebagai jus minuman yang menyegarkan. Jadikan buah ini sebagai buat utama disaat pandemi masih berlangsung, dan lihati hasilnya setelah dikonsumsi dalam beberapa hari.

Baca juga: manfaat strawberry untuk kesehatan jantung

4. Cengkeh

Tanaman herbal satu ini juga dipercaya yang dapat bermanfaat untuk mencegah Covid-19. Dari kuncup pada bunga kering cengkeh memiliki kandungan senyawa yang mampu membantu peningkatan kekebalan dan daya tahan tubuh. Zat tersebut yang berfungsi dalam meningkatkan jumlah sel darah dalam tubuh. Dan cengkeh juga bisa bermanfaat untuk membersihkan racun berbahaya dan juga mikroba yang masuk ke dalam tubuh manusia.

5. Mengkudu

Khasiat tanaman herbal yang dipercaya tangkal corona lainnya adalah mengkudu. Kaya akan vitamin C dan beta-karoten yang terkandung di dalam mengkudu dipercaya mampu memperkuat sistem imun tubuh. Buah yang juga kaya akan kandungan scopoletin yang memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi, dan juga antijamur yang bisa meningkatkan pertahanan imun dalam tubuh. Dengan membuat ramuan baik dikonsumsi di saat pandemi virus Corona dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terhindar dari penularan virus ini.

Baca juga: obat tradisional mengatasi asam urat

6. Jinten Hitam

Jinten hitam atau sering pula disebut dengan nama Habbatussauda adalah rempah – rempahan sekaligus tanaman herbal yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Tanaman ini telah digunakan sebagai obat sejak zaman nenek moyang lalu di India, Pakistan dan Timur Tengah. Dengan sifat antioksidan dan antiflamasi yang dimiliki jintan hitam dipercaya dapat mengurangi adanya peradangan di dalam tubuh, seperti luka dan juga sel kanker. Zat antioksidan dalam jinten hitam juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan jinten hitam maka pencegahan virus corona bisa diatasi.

7. Kunyit

Selain tanaman jahe ada pula kunyit yang dipercaya mampu mencegah virus Covid-19. Hal ini tidak lain karena kandungan zat antioksidan, anti peradangan dan juga antibakteri yang ada pada kunyit dipercaya sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu pada ramuan kunyit asam terdapat pula zat kurkumin yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Di kala situasi pandemi seperti saat ini sangat dianjurkan untuk tetap waspada juga menjaga kesehatan tubuh salah satu yang bisa kamu lakukan yaitu dengan rajin mengkonsumsi makanan sehat dan ramuan herbal yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Baca juga: 8 cara covid 19 tidak menular di kantor yang wajib diketahui

8. Daun Kelor

Daun kelor yang memiliki kandungan vitamin C juga nutrisi dipercaya menjadi satu tanaman sehat dan bermanfaat. Daun kelor yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh. Kandungan konsentrat daun kelor dapat secara cepat menurunkan adanya peradangan dalam sel tubuh. Dan juga kandungan antioksidan dalam daun kelor juga dipercaya sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Dari semua jenis tanaman di atas merupakan tanaman asli Indonesia yang patut untuk dicoba khasiatnya. Selain bisa digunakan untuk mencegah virus covid 19, juga bisa dijadikan ramuan kesehatan setiap hari. Pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?.

Menjaga pola makan, salah satunya dengan ramuan tanaman herbal maka daya tahan tubuh akan meningkat. Semoga uraian mengenai khasiat tanaman herbal yang dipercaya tangkal corona bermanfaat. Selamat mencoba!

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close