Olahraga

8 Olahraga di Rumah agar Tetap Bugar

Novriadi.com – Olahraga di rumah saat ini menjadi alternatif bagi sebagian banyak orang untuk tetap menjaga kebugaran. Terlebih karena pandemi COVID-19 yang tidak memungkinkan kita semua untuk keluar rumah untuk memutus rantai penularan virus. Olahraga dalam kondisi seperti ini sangat penting dilakukan, terutama untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga : Peluang dan Ide Bisnis Minuman Unik Kekinian

Olahraga di rumah sayangnya tidak memungkinkan kita untuk leluasa seperti olahraga biasanya di luar rumah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti intensitas olahraga yang tidak boleh terlalu tinggi karena justru dapat menurunkan imunitas tubuh. Lalu gerakan olahraga seperti apa saja yang disarankan untuk dilakukan?

1. Gerakan Superman

Sesuai namanya, gerakan olahraga ini mirip dengan pose Superman yang sedang terbang. Bagaimana caranya? Anda hanya perlu telungkup di atas matras dengan kedua tangan ke depan. Angkat kedua lengan dan kaki Anda secara bersamaan, sekitar 10 sampai 15 cm dari lantai.

Olahraga di Rumah

Sebisa mungkin, pertahankan posisi kepala netral dengan tulang belakang Anda dan tahan selama beberapa detik. Turunkan posisi, dan ulangi lagi gerakannya. Gerakan Superman ini dapat memperkuat punggung atas dan bawah Anda.

2. Olahraga di Rumah Push Up

Merupakan salah satu gerakan olahraga di rumah yang paling sering dilakukan. Manfaat dari push up diantaranya adalah untuk membangun kekuatan, stamina, membakar kalori. Anda hanya perlu berbaring dan meletakkan telapak tangan di sisi dada. Kemudian tekuk siku sedikit, dorong tubuh ke atas sampai lengan hampir lurus. Turunkan tubuh Anda dan lakukan beberapa kali.

3. Sit Up

Faktanya, gerakan sit up mampu membuang kelebihan lemak yang terkumpul di sekitar pinggang. Selain itu, gerakan ini juga dapat mengencangkan otot-otot inti tubuh.

4. Jumping Jack

Termasuk ke dalam latihan kardio yang sangat disarankan. Melakukan jumping jack dapat menguatkan kerja jantung dan otot-otot, serta membantu penurunan berat badan. Caranya cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu berdiri tegak dengan kedua kaki bersatu dan tangan diletakkan di sisi tubuh. Kemudian, lompat sambil mengangkat kedua tangan dan lebarkan kaki secara bersamaan. Anda bisa mengulang-ulanginya dengan tempo semakin cepat.

5. Plank

Berfungsi untuk meregangkan otot-otot kaki Anda, memperkuat inti tubuh, meningkatkan definisi otot, dan mengurangi sakit punggung. Gerakan ini cukup dilakukan dengan cara tengkurap dan gunakan tangan untuk menyangga dari lantai. Angkat perut dan pinggang. Tahan posisi ini selama 30 detik selagi menatap lantai dan mempertahankan garis lurus dari tumit melewati bagian atas kepala.

6. Jogging

Siapa bilang jogging harus dilakukan di luar rumah? Anda bisa jogging mengelilingi dalam rumah Anda, atau di sekitar halaman jika ada.

7. Naik Turun Tangga

Salah satu gerakan yang cukup mudah dipraktekkan. Namun Anda harus menjaga intensitasnya agar tidak kelelahan. Naik turun tangga bisa menguatkan otot di kaki-kaki Anda.

8. Menari atau Dance

Untuk olahraga di rumah yang satu ini, selain bisa membakar kalori, juga bisa mengurasi stres. Anda bisa menari atau dance dengan gerakan sesuka hati sambil diiringi musik, atau dengan melihat tutorial yang tersedia banyak di Youtube.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata Liburan ke Jerman Menyenangkan

Demikian tadi adalah beberapa gerakan olahraga di rumah agar tetap bugar dan sehat di masa pandemi ini. Jika sebelumnya Anda memiliki rutinitas olahraga, pasti cukup sedih karena Anda belum bisa melakukannya lagi. Namun jenis gerakan olahraga di atas sama-sama bisa membakar kalori dan menjaga kebugaran, lho! Semoga membantu dan stay tune di www.novriadi.com untuk informasi menarik lainnya.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close