Teknologi

Mau Jadi Vlogger? Inilah Aksesoris Ponsel Buat Bikin Vlog

Membuat vlog dengan hanya bermodalkan ponsel, saat ini memang sangat memungkinkan seiring dengan semakin canggihnya teknologi fotografi yang disematkan di dalam smartphone. Bahkan, banyak smartphone yang kapasitas MP (megapixel) pada lensanya melebihi kamera DSLR. Namun demikian, untuk dapat menghasilkan konten yang layak dan bernilai jual, smartphone saja tidak cukup dan butuh tambahan aksesoris ponsel untuk membuat vlog.

Perlunya tambahan aksesoris pendukung, disebabkan karena secanggih apapun sebuah smartphone pasti memiliki keterbatasan. Dengan tambahan peralatan pendukung itulah keterbatasan yang ada pada smartphone disempurnakan.

Baca juga : Aplikasi Android Edit Foto

Aksesoris ponsel untuk membuat vlog

Terdapat banyak aksesoris ponsel untuk membuat vlog, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga : Daftar Power Bank Terbaik

Tripod dan Tongsis

Aksesoris ponsel untuk membuat vlog yang satu ini bisa diibaratkan pengganti tangan untuk memegang dan mengfungsikan ponsel dalam merekam momen yang diinginkan. Dengan tongsis sudut pandang pengambilan gambar menjadi luas saat harus merekam diri sendiri. Hal yang sama juga berlaku pada tripod, namun tripod memiliki fungsi yang lebih kompleks.

Aksesoris ponsel untuk membuat vlog
Tripod dan Tongsis

Fungsi yang paling penting dari tripod adalah menjadikan posisi ponsel dalam keadaan stabil. Sekuat apapun cengkeraman tangan, saat harus memegang ponsel dalam waktu cukup lama suatu ketika akan mengalami guncangan yang dapat mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan. Dengan adanya tripod, risiko tersebut dapat dihindarkan.

Baca juga : Cek Kuota Telkomsel

Terlebih varian tripod saat ini semakin beragam, salah satunya adalah GorillaPod yang memiliki kaki fleksibel, membuat pengguna dapat lebih leluasa dalam menempatkan ponsel untuk merekam gambar di tempat-tempat yang memiliki sudut sempit dan tidak memungkinkan untuk dipegang langsung dengan tangan.

Lighting

Aksesoris ponsel untuk membuat vlog yang juga tidak boleh disepelehkan adalah lighting atau lampu untuk menambah pencahayaan. Penambahan lampu tentunya hanya dilakukan jika pengambilan gambar dilakukan di dalam ruangan atau pada saat malam hari.

Lampu
Lampu

Ada sejumlah alasan yang membuat perlu ditambahkannya aksesoris lampu. Pertama, jika hanya mengandalkan lampu yang ada di dalam ruangan seringkali kurang memenuhi kecerahan sehingga berdampak pada menurunnya kualitas gambar.

Baca juga : Cek Kuota Axis

Kedua, seandainya lampu ruangan sudah memenuhi tingkat kecerahan, jika tidak disertai lampu tambahan akan menciptakan shadow alias bayangan pada wajah sehingga terkesan kurang profesional. Sebaliknya, jika ditambahkan aksesoris lampu, maka wajah yang terekam akan lebih terlihat fokus.

Alasan ketiga adalah karena kualitas LED Flash yang menyertai kamera seringkali tidak sesuai dengan harapan. Banyak smartphone yang kapasitas MP-nya tinggi, namun lampu flashnya kurang begitu sempurna saat dipakai untuk merekam pada kondisi low light. Untuk itu perlu tambahan LED flash dengan cahaya yang lembut atau menggunakan lampu jenis CFL.

Mikrofon

Sebagus apapun kualitas gambar video dan sesempurna apapun pencahayaan yang dilakukan, tapi juga kualitas audio berantakan sama juga bohong. Bahkan banyak orang lebih bisa menerima kualitas gambar yang jelek namun memiliki audio yang bagus dibandingkan gambar yang bagus tapi suaranya jelek. Itu sebabnya diperlukan tambahan mikrofon eksternal sebagai aksesoris ponsel untuk membuat vlog.

Microphone
Microphone

Aksesoris ini menjadi wajib karena pada umumnya smartphone yang ada tidak dapat maksimal dalam merekam suara objek utama. Saat digunakan membuat vlog, mikrofon bawaan ponsel cenderung merekam suara-suara sekeliling sehingga suara objek utama terdengar pelan. Disinilah peran dari mikrofon eksterrnal.

Baca juga : Cek Kuota 3

Terdapat beberapa jenis aksesoris mikrofon yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, diantaranya adalah Shotgun Michrophone. Mikrofon jenis ini akan menangkap suara, kemanapun diarahkan dan semakin dekat sumber suara dengan mic maka akan semakin terekam dengan jelas.

Jika objek yang akan direkam suaranya lebih sering bergerak kesana-kemari, maka mikrofon eksternal yang tepat untuk digunakan adalah jenis Lavalier Michropone yang dijepitkan di sela-sela baju. Sedang untuk voice over atau merekam suara dengan duduk di depan komputer, bisa menggunakan USB Microphone.

Lensa Tambahan

Lensa kamera pada ponsel memiliki keterbatasan tertentu, bahkan ponsel yang dibuat untuk keperluan fotografi sekalipun seperti Samsung Galaxy K-Zoom atau S6 Zoom. Keterbatasan yang paling menyolok adalah tidak adanya fitur lensa zoom, kecuali pada K-Zoom, S-6 Zoom dan ponsel untuk fotografi lainnya.

Lensa Tambahan
Lensa Tambahan

Zoom atau pembesaran yang terdapat pada smartphone adalah digital zoom yang berbeda dengan lensa zoom.  Dengan menggunakan digital zoom, pembesaran yang dilakukan saat pengambilan gambar akan menghasilkan kualitas gambar yang kurang sempurna bahkan cenderung jelek. Itu sebabnya dibutuhkan lensa tambahan sebagai aksesoris ponsel untuk membuat vlog.

Baca juga : Cek Kuota Indosat

Lensa tambahan itu sendiri, terdiri atas berbagai fungsi dan tidak hanya untuk membesarkan atau mendekatkan objek, tapi juga untuk pengambilan gambar makro, fisheye dan sebagainya. Sehingga dengan menggunakan lensa tambahan, hasil video menjadi lebih kreatif dan lebih  menarik.Itulah aksesoris ponsel untuk membuat vlog yang wajib dimiliki jika menginginkjan hasil video blog layak untuk ditonton dan memiliki nilai jual.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close