Apa itu Black Box, Komponen dalam Pesawat

Apa itu black box yang merupakan komponen dari sebuah pesawat? Black box atau kotak hitam pesawat dianggap sebagai bagian dari komponen pesawat yang sangat penting untuk membantu mengetahui kondisi pesawat saat terjadi kecelakaan pesawat. Pertanyaan seputar black box pesawat selalu menarik perhatian.

BAca Juga : Siapkan Ini Sebagai Syarat Berlibur Saat PSBB

Mengapa dinamai black box padahal black box merupakan sebuah kotak berwarna orange? Agar kamu tidak salah mengartikan black box, berikut ini beberapa informasi tentang black box yang wajib kamu tahu:

Pengertian Black Box

apa itu black box

Black box atau yang sering kita dengar dengan nama kotak hitam merupakan komponen pesawat yang terdiri atas dua bagian, yaitu Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder (VCR). Black box berisi rekaman mengenai semua data terkait penerbangan dan komunikasi di kokpit pesawat yang dilindungi seperti memori card.

Alasan dinamai black box karena saat pertama kali dikembangkan black box di desain dengan phsycal magnetic tape yang hanya diwarnai dengan cat berwarna hitam yang berguna untuk melindungi logam dan menghentikan karat. Di dalam pesawat, black box sendiri ditempatkan di dalam kotak yang tahan api.

Fungsi Black Box

Setelah mengetahui apa itu black box, memahami fungsi black box tak kalah pentingnya. Awalnya data black box pesawat direkam melalui dua alat yang berbeda. Untuk sekarang black box hanya menggunakan satu alat yang langsung berfungsi saat mesin pesawat menyala. Data penerbangan disimpan di FDR, sedangkan rekaman antara pilot dengan kru ataupun dengan menara pengawas disimpan di dalam VCR.

Daya tahan black box telah diuji lebih dulu sebelum digunakan supaya tidak mudah rusak saat terjadi kecelakaan. Black box harus tahan berbenturan di kecepatan 750 km/jam dengan dinding beton, beban statis 2,25 ton selama lima menit, serta suhu 1.100 derajat Celcius selama satu jam.

Selain itu, black box juga tahan rusak saat berada di kedalaman enam ribu meter. Jika terjadi kecelakaan, black box akan memancarkan sinyal radius dua kilometer saat black box bersentuhan dengan air asin. Sekarang kamu lebih tahu mengenai apa itu black box dan apa saja fungsinya.

Cara Kerja Black Box

apa itu black box

Masih tentang apa itu black box, black box bekerja ketika mesin pesawat yang menyala. Saat itu black box mulai merekam percakapan pilot, pengumuman computer otomatis, radio traffic, diskusi dengan kru, dan pengumuman pada penumpang. Pergantian suara, mein, dan percakapan privat juga terekam dalam black box.

Di samping itu, black box pesawat juga dilengkapi dengan komponen yang mampu memantau aksilain yang dilakukan pesawat, seperti pergerakan flap pada sayap dan pengukur bahan bakar.

Untuk melindungi sumber data, rekaman dalam black box harus dikerjakan dengan hati-hati. Perlu adanya diskusi private yang hanya bisa dibuka untuk menjelaskan kecelakaan atau malfungsi mesin.

Baca Juga : Aplikasi Signal Menjadi Pesaing WhatsApp

Membuka black box pun tidak sembarangan, hanya ada beberapa agensi di dunia ini yang mampu mengevaluasi black box pesawat. Selain itu tidak semua agensi bisa membuka black box dengan model yang berbeda. Misalnya untuk BFU hanya bisa membuka black box produksi Western dan Rusia.

Itulah informasi mengenai apa itu black box, serta fungsi dan cara kerja black box. Black box pesawat merupakan komponen pesawat yang cukup penting saat terjadi kecelakaan karena dapat memberikan informasi penyebab dan kondisi pesawat sebelum dan saat terjadinya kecelakaan pesawat. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *