Smartphone

Apa itu Nfc Pada Smartphone Android Kegunaannya

Novriadi.comApa itu Nfc Pada Smartphone Android – Sampai dengan saat ini banyak sekali smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC. Tapi tahukah Anda apa itu NFC pada smartphone? Apa sebenarnya kegunaan daripada NFC smartphone? Apakah hanya dipergunakan untuk melakukan pengecekan saldo e-toll saja? Atau bisa yang lainnya? Sebagian daripada ponsel yang baru pertama kali diluncurkan kemungkinan besar diantaranya tidak mempunyai fitur ini, dan sebagian besar dari para penggunanya merasa menyesal memilih smartphone tersebut. 

Apa itu Nfc Pada Smartphone

Walaupun berguna sekali untuk melakukan pengecekan saldo e-toll Anda.  Tapi sebenarnya fitur NFC yang dipergunakan untuk melakukan pengecekan saldo e-toll merupakan salah satu daripada banyak kegunaan yang didapatkan ketika Anda mempergunakan fitur NFC pada smartphone Anda. Jadi memang kegunaan daripada begitu banyak.

Teknologi berbagi field

NFC smartphone Android, sendiri merupakan singkatan dari near field communication, ini merupakan teknologi yang memang untuk kemudian perangkat dapat satu sama lainnya berkomunikasi dengan cara menempelkan atau mendekatkannya. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan dengan mempergunakan fitur NFC di smartphone Android Anda adalah sebagai berikut:

Koneksi ke perangkat yang lainnya

Tujuan awal dari pada kegiatan AFC pada smartphone adalah untuk kemudian mempermudah koneksi dengan perangkat yang lainnya. Jadi NFC ini tidak sama dengan bluetooth, yang tidak memerlukan pairing  artinya tinggal tempel saja.

Melakukan pembayaran cashless

Kemudahan yang dapat Anda dapatkan ketika Anda mempergunakan NFC di ponsel adalah dapat melakukan pembayaran secara digital. Anda hanya tinggal menempelkan NFC tersebut maka barang yang nantinya akan Anda beli, bisa kemudian langsung terbayar. Memang cara kerja daripada NFC ini untuk melakukan pembayaran digital mirip-mirip dengan e-toll.

Baca juga ini : S25U Smartphone

Tapi NFC kan mempunyai perbedaan yang sendiri yaitu mempergunakan ponsel sebagai alat untuk melakukan transaksi atau menjalankan fungsinya. Inilah merupakan salah satu daripada cara yang terbilang begitu populer dimiliki oleh Apple dan Google.

NFC dapat melakukan Pengiriman data Anda

Pengiriman data yang mempergunakan NFC ini begitu populer, salah satunya adalah melalui smartphone Samsung. Bahkan Samsung pada masanya telah mempromosikan dengan mempergunakan iklan ponsel.  Anda hanya dengan melakukan penempelan saja maka kemudian data Anda bisa dibagikan dengan smartphone lain. Pada awalnya memang fitur ini dipergunakan untuk berbagi kontak saja, namun sampai dengan saat ini telah berkembang sedemikian rupa untuk melakukan kirim file.

NFC digunakan untuk melakukan kunci keamanan

Saat ini memang teknologi banyak sekali yang dikembangkan, salah satunya adalah dengan NFC, yang bisa untuk Anda membuka kunci mobil ataupun rumah hanya dengan menempelkan ponsel Anda. Tidak heran makanya dikarenakan kemudahan yang dimiliki oleh NFC. Maka fitur NFC,  ini dapat kemudian merambah ke sistem keamanan dan banyak sekali dikembangkan sedemikian rupa untuk dapat dengan mudah dan juga aman bisa dipergunakan. Beberapa dari fungsi diatas memang bisa Anda pergunakan tapi sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur yang terdapat di NFC yang dapat dipergunakan.

Cara menggunakan NFC

Apakah smartphone Anda mempunyai fitur NFC atau tidak? Anda bisa mengeceknya di settings> wireless&networks. Anda bisa melihatnya di menu NFC di Smartphone Anda. Berbagai smartphone saat ini bermunculan mah dan penggunaan daripada NFC ini bergantung dari perangkatnya. Fitur ini sendiri di iPhone telah memang tersedia untuk kali pertamanya di generasi iPhone 6 yang mendukung Apple Pay.

Bagaimanakah cara kerja dari pada NFC itu sendiri?

Pengoperasian NFC tentunya dapat dilakukan pada radius 4 cm. Sehingga perangkat NFC memiliki jarak yang tidak begitu dekat, dapat tersambungkan dengan begitu baik dalam melakukan transmisi dan juga penerimaan data dengan mempergunakan gelombang radio inilah merupakan cara yang dilakukan oleh fitur ini. Tentunya berbeda dengan lutut yang hanya mempergunakan teknologi induksi elektromagnetik.

Baca juga : Smartphone Rilis 2020

Itulah sedikit ulasan mengenai apa itu NFC dan juga fungsinya, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close