Teknologi

Apa Itu Pengertian Bandwidth : Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja

Pernah mendengar istilah Bandwidth dalam dunia komputer?, tentu bagi sebagian orang istilah itu sudah sangat famous. Namun, belum tentu bagi orang awam. Artinya saja sudah tidak mengerti apalagi fungsinya. Nah, artikel berikut ini akan membahas mengenai apa itu Bandwidth dan apa saja kaitannya dalam dunia komputer berikut penjelasannya:

Pengertian Bandwidth

Pengertian Bandwidth

Pengertian Bandwidth sendiri adalah volume informasi per unit waktu yang bisa ditangani oleh media transmisi, seperti koneksi internet. Koneksi internet dengan bandwidth yang lebih besar bisa untuk memindahkan sejumlah data contoh seperti file video yang jauh lebih cepat daripada koneksi internet dengan bandwidth yang lebih rendah. Bandwidth biasanya dinyatakan dalam bit per detik, seperti 60 Mbps untuk menjelaskan kecepatan transfer data 60 juta bit (megabit) per detik.

Berapa banyak bandwidth yang kamu perlukan, itu tergantung pada apa yang ingin kamu lakukan dengan koneksi internet. Yang jelas, semakin besar bandwidth yang kamu punya, maka akan lebih baik. Tapi perlu juga disesuaikan dengan pengeluaran kamu, kalau kamu tidak ada plan khusus, seperti membuka social media atau streaming drama Korea, plan yang berkecepatan rendah mungkin akan baik-baik saja. Namun jika kamu punya beberapa TV untuk streaming, beberapa komputer, tablet dan juga perangkat lain untuk melakukan hal-hal penting, maka kamu perlu bandwidth yang lebih besar.

Baca juga : Strategi Optimasi Facebook

Jenis Bandwidth

Jenis Bandwidth

Bandwidth dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bandwidth analog dan juga bandwidth digital. Adapun penjelasan ringkas mengenai jenis bandwidth adalah sebagai berikut:

  • Bandwidth Analog yaitu rentang frekuensi yang diukur dalam satuan Hertz/ Hz yang dapat menentukan mengenai banyaknya data atau informasi yang bisa ditransmisikan dalam suatu waktu.
  • Bandwidth Digital yaitu volume maupun jumlah suatu data yang dapat dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa ada distorsi. Dinyatakan dalam satuan bps atau bit per second.

Fungsi Bandwidth Secara Umum

Fungsi Bandwidth Secara Umum
Fungsi Bandwidth Secara Umum

Setelah memahami tentang pengertian bandwidth dan juga jenisnya, perlu mengetahui apa saja fungsi dari bandwidth. Berikut ini beberapa fungsi bandwidth secara umum:

1. Media Pengiriman Data

Seperti contoh pada kabel fisik LAN yang digunakan untuk menghubungkan koneksi LAN dengan perangkat PC yang digunakan. Dalam hal ini bandwidth bekerja sebagai jalur penghubung atau sebagai media yang menghubungkan proses transfer data.

2. Pembatas Kecepatan Transfer

Dari fungsi tersebut, bandwidth dapat bekerja untuk membatasi kecepatan transfer data. Biasanya fungsi yang dimanfaatkan oleh administrator untuk mengelola jaringan agar bisa menghindari dari tindak pencurian.

Seperti ketika perangkat digunakan untuk mengunduh atau memutar video dengan resolusi High Display (HD). Karena tindakan tersebut dapat menyedot banyak bandwidth yang berakibat dapat mengganggu pengguna lainnya.

3. Membatasi Kecepatan Pengiriman Data

Bandwidth juga memiliki fungsi untuk membatasi data yang dapat ditransfer atau dikirim menurut satuan waktu tertentu. Biasanya digunakan oleh administrator hosting dan juga oleh admisnistrator jaringan.

Contohnya saat kamu akan menyediakan bandwidth 1GB per bulan, maka tanpa mempertimbangkan kecepatan akses dan jumlah perangkat yang menggunakannya, data maksimum yang dapat dikirim sebesar 1Gb dan tidak bisa lebih dari jumlah itu.

Baca juga : Branding Di Era Digital

Cara Kerja Bandwidth

Bandwidth yaitu sebuah komponen penting dalam suatu hosting maupun suatu jaringan, sehingga segala aktivitas seperti transfer atau pengiriman data dapat dilakukan karena adanya komponen tersebut. Karenanya bandwidth memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengiriman data.

Cara kerja bandwidth yang saling berhubungan dengan fungsi dari bandwidth itu sendiri. Saat pengguna internet menggunakan suatu jaringan, maka bandwidth akan bekerja sesuai dengan fungsinya.

Kapasitas bandwidth jaringan komunikasi juga dapat mempengaruhi kinerja jaringan tersebut, apakah cepat atau kah lambat. Namun, tentu saja masih ada faktor lain yang mempengaruhinya, seperti latency, packet loss, dan lain sebagainya.

Saat terhubung dengan sebuah jaringan, umumnya ada batasan volume untuk akses yang ditetapkan. Semakin besar bandwidth yang ditetapkan maka jumlah kapasitas data yang dapat ditransfer juga akan semakin besar.

Contoh Bandwidth Pada Komputer

Yang dimaksud bandwidth dalam jaringan komputer yaitu kecepatan suatu jaringan melakukan transfer data yang dihitung per detiknya. Pengukuran kecepatan dalam bits per second. Sebagai contoh apabila kita menggunakan koneksi Local Area Network (LAN), maka kecepatan transfer datanya bisa mencapai 100 mbps. Semakin besar bandwidth sebuah jaringan maka akan semakin cepat pula data yang ditransfer.

Bandwidth pada komputer memiliki 2 jenis yaitu:

1. Bandwidth Digital

Yaitu satuan hitung dari data yang ditransfer dalam bit per second dalam sebuah jaringan yang dapat dikirimkan melalui suatu saluran komunikasi tanpa hambatan. Bandwidth yang mengirimkan informasi secara digital, baik melalui saluran kabel atau tanpa menggunakan kabel (nirkabel).

2. Bandwidth Analog

Fungsinya sama seperti bandwidth digital, yang membedakannya yaitu pada satuan hitungnya menggunakan Hertz.

Contoh Bandwidth Pada Hosting

Apabila kamu membuka halaman penyedia hosting pasti akan menemukan kata bandwidth. Bandwidth yang tertera pada layanan hosting tersebut biasanya digunakan untuk menentukan berapa banyak besar pertukaran data yang terjadi pada akun hosting.

Akun hosting yang melebihi kapasitas bandwidth yang ditentukan maka akan ter-suspend atau websitenya tidak bisa diakses dalam waktu tertentu. Sekarang ini, layanan hosting sudah tidak menerapkan peraturan seperti ini lagi. Contoh bandwidth yang diterapkan oleh Niagahoster yang memberikan hosting murah unlimited bandwidth untuk penggunanya dengan harga yang  terjangkau.

Niagahoster memberikan unlimited disk space dan bandwidth data transfer pada paket pelajar, personal juga bisnis. Ini berarti Niagahoster tidak akan menetapkan batas khusus untuk sumber daya dan juga kamu dapat menggunakan sumber daya yang dibutuhkan.

Baca juga : Apa Itu Android ?

Bandwidth Pada VPS

Berbeda dengan layanan hosting, pada Virtual Private Server (VPS) peraturan penggunaan bandwidth masih digunakan. Besarnya batasan bandwidth yang dapat dipakai tergantung dari jenis paket yang digunakan. Umumnya semakin bagus paket, maka akan semakin besar bandwidth yang didapatkan dalam satu VPS.

Sebagai contoh, adalah besarnya bandwidth pada salah satu paket di Niagahoster yang ditawarkan. Di sana diberikan keterangan jika kapasitas bandwidth untuk paket tersebut yaitu 3000 GB. Artinya keseluruhan data yang masuk dan keluar dalam satu bulan harus tidak lebih dari 3000 GB.

VPS yang sudah melebihi kapasitas bandwidth yang ditentukan maka kecepatannya akan berkurang. Jadi jika VPS yang digunakan adalah VPS hosting dan digunakan untuk menjalankan beberapa website, maka kecepatan akses website akan menjadi lambat. Biasanya perhitungan banyaknya bandwidth yang digunakan pada VPS akan diatur ulang setelah satu bulan penggunaannya.

Baca juga : Digital Marketing 2019

Istilah yang Terkait Bandwidth

Selain pengertian bandwith yang sudah dijelaskan di atas, berikut ini ada istilah lain yang biasanya berhubungan dengan pengertian bandwidth:

  1. Egress bandwidth yaitu sebuah atribut yang digunakan untuk menentukan kecepatan unggah (upload). Egress bandwidth merupakan kebalikan dari ingress. Ingress yaitu kecepatan mengunduh pada jaringan internet.
  2. Manajemen bandwidth yaitu istilah umum yang diberikan untuk sekumpulan tools dan teknik yang dapat digunakan oleh suatu institusi untuk mengurangi kebutuhan kritikal dari suatu segmen jaringan.
  3. Unmetered bandwidth yaitu jumlah traffic, transfer data upload dan download untuk mengakses akun atau situs baik yang dilakukan sendiri dan juga oleh pengunjung situs yang tidak dibatasi.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu bandwidth dan semoga menjadi manfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close