umum

Apa Itu Pengertian Biotik : Komponen, Macam dan Faktor

Novriadi.com – Komponen merupakan komponen yang meliputi semua makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme. Pada makhluk hidup dapat digolongkan berdasarkan jenis tertentu, seperti golongan manusia, hewan dan tumbuhan. Makhluk hidup berdasarkan ukurannya digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia menjadi faktor biotik yang mempunyai pengaruh terkuat di bumi, baik dalam pengaruh memusnahkan dan melipatkan dan mempercepat penyebaran hewan dan tumbuhan. Setiap makhluk hidup hanya bisa hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang cocok atau biasa disebut dengan habitat.

Komponen Biotik Berdasarkan Peranannya

Komponen Biotik Berdasarkan Peranannya

Komponen biotik dikelompokkan menjadi 3 yaitu, produsen (penghasil), konsumen (pemakai) dan dekomposer (pengurai), yaitu:

1. Produsen (Penghasil)

Produsen (penghasil) dalam pengertian biologi yaitu makhluk hidup yang menghasilkan makanannya sendiri. Atau makhluk hidup yang mampu menghasilkan bahan organik dari bahan anorganik melalui proses fotosintesis. Seperti : tumbuhan.

2. Konsumen (Pemakai)

Konsumen (pemakai) adalah makhluk hidup yang tidak mampu membuat bahan organik dari bahan anorganik. Karena itu, makanannya bergantung pada organisme lain. Organisme disebut juga organisme heterotrof. Komponen yang tergolong heterotrof yaitu manusia, hewan, jamur, dan mikroba. Organisme konsumen dibedakan berdasarkan atas jenis makanannya menjadi golongan herbivor (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging) dan omnivora (pemakan segala). Berdasarkan tingkatannya, konsumen dibagi menjadi yaitu:

  • Konsumen primer, yaitu pemakan langsung produsen. Seperti semua bangsa herbivora serta omnivora yaitu sapi, kambing, ulat, tikus dan lain sebagainya.
  • Konsumen sekunder, yaitu pemakan konsumen primer. Seperti sebagian karnivora dan omnivora yaitu ayam, katak, ular, trenggiling, harimau, cheetah dan lain sebagainya.
  • Konsumen tersier, yaitu pemakan konsumen sekunder. Seperti sebagian karnivora dan omnivora yaitu hiu, gurita, elang dan lain sebagainya.

3. Dekomposer (Pengurai)

Dekomposer (pengurai) yaitu makhluk hidup yang menguraikan zat yang terdapat di dalam makhluk mati. Adanya perombak memungkinkan zat-zat organik terurai dan mengalami daur ulang kembali menjadi hara. Yang termasuk kelompok perombak yaitu bakteri dan jamur.

Baca juga : Homo Wajakensis

Macam Komponen Biotik Berdasarkan Tingkat Trofik dan Nutrisi

Macam Komponen Biotik Berdasarkan Tingkat Trofik dan Nutrisi

Komponen pada biotik terbagi berdasarkan tingkat trofik atau nutrisi yang dimiliki. Komponen biotik yang terjadi di dalam ekosistem terbagi menjadi 2 macam, yaitu :

1. Komponen Autotrof

Komponen autotrof atau organisme autotrof merupakan organisme uniseluler dan organisme multiseluler yang mereka dapat berfotosintesis.

Contoh dari autotrof seperti fitoplankton, tumbuhan lumut, ganggang, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji. Saat mereka berfotosintesis maka akan menghasilkan karbohidrat serta oksigen. Organisme yang masuk ke dalam autotrof yaitu produsen yang paling utama di dalam ekosistem.

2. Komponen Heterotrof

Komponen Heterotrof atau organisme heterotrof merupakan organisme yang memanfaatkan bahan organik yang telah disediakan oleh organisme lain yang digunakan sebagai bahan makanan. Heterototrof memiliki organisme yang terdiri:

  • Herbivora yaitu organisme yang memakan tumbuh-tumbuhan. Tingkatan tropik menduduki tingkat II dan tingkat I sebagai konsumen.
  • Karnivora yaitu organisme yang memakan daging makhluk hidup lain. Tingkatan tropik menduduki tingkat III dan tingkat II sebagai konsumen.
  • Omnivora yaitu organisme yang memakan segalanya seperti daging dan tumbuhan. Tingkatan tropik menduduki tingkat II atau ke II dan tingkat I atau ke II sebagai konsumen.
  • Dekomposer yaitu micro organisme yang bertugas sebagai pengurai zat organik dari hasil sisa-sisa hewan atau tumbuhan. Seperti selulosa atau kitin, yang merubah zat menjadi lebih sederhana. Contoh dari dekomposer yaitu bakteri dan fungi.
  • Parasit adalah organisme yang hidup di luar dari tubuh inang. Contoh dari parasit yaitu kutu yang ada dan hidup di kepala manusia.
  • Detritivor merupakan organisme hidup dengan cara memakan serpihan makhluk hidup yang telah mati. Contoh dari detrivor yaitu rayap, cacing, dan kaki seribu.

Baca juga : Homo Soloensis

Faktor Faktor Biotik

Faktor Faktor Biotik

Faktor biotik merupakan faktor hidup yang meliputi semua makhluk hidup di bumi, baik tumbuhan, hewan dan manusia. Dalam ekosistem, tumbuhan berperan sebagai produsen, hewan berperan sebagai konsumen, dan mikroorganisme berperan sebagai dekomposer.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi biotik yaitu :

  • Faktor biotik adalah faktor hidup yang meliputi semua makhluk hidup di yang ada bumi, baik tumbuhan maupun hewan.
  • Faktor biotik adalah interaksi antar tumbuhan dalam komunitas, Interaksi hewan dan tumbuhan dalam komunitas, dan Interaksi manusia dan tumbuhan.

Faktor biotik meliputi tingkatan-tingkatan organisme seperti individu, populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer. Tingkatan-tingkatan organisme makhluk hidup tersebut dalam ekosistem saling berinteraksi, saling mempengaruhi membentuk suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.

Hubungan antara komponen biotik dengan komponen biotik

Di antara produsen, konsumen dan pengurai yaitu saling ketergantungan. Tidak ada makhluk hidup yang hidup tanpa makhluk lainnya. Setiap makhluk hidup membutuhkan makhluk hidup lain untuk saling mendukung kehidupan baik secara langsung dan tidak langsung. Hubungan saling ketergantungan antar produsen, konsumen dan pengurai terjadi melalui peristiwa:

  • Rantai makanan
    Adalah peristiwa makan dan dimakan dalam suatu ekosistem dengan urutan tertentu.
  • Jaring-jaring makanan
    Adalah sekumpulan rantai makanan yang saling berhubungan dalam satu ekosistem. Seperti contoh jaring-jaring makanan.
  • Piramida makanan
    Adalah gambaran perbandingan seperti produsen, konsumen I, konsumen II, dan seterusnya. Dalam piramida semakin ke puncak biomassanya semakin kecil.
  • Arus energi
    Adalah perpindahan energi dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Yaitu dari sinar matahari lalu produsen, ke konsumen tingkat I, ke konsumen tingkat II sampai pengurai. Dan mineral membentuk siklus. Energi yang dilepas sangat kecil karena setiap organisme membutuhkan energi dalam memenuhi kebutuhannya.
  • Siklus energi
    Adalah perpindahan zat dari tempat satu ke tempat yang lain. Akhirnya akan kembali ke tempat zat itu berasal.

Keseimbangan ekosistem terjadi bila ada hubungan timbal balik diantara komponen ekosistem.

Keberadaan komponen abiotik dalam ekosistem sangat mempengaruhi komponen biotik. Seperti tumbuhan dapat hidup baik jika lingkungan memberikan unsur yang dibutuhkan tumbuhan tersebut, seperti air, udara, cahaya, dan garam mineral. Begitu juga sebaliknya komponen biotik sangat mempengaruhi komponen abiotik seperti tumbuhan yang ada di hutan sangat mempengaruhi keberadaan air, sehingga mata air dapat bertahan, tanah menjadi subur. Apabila tidak ada tumbuhan, air tidak dapat tertahan sehingga dapat menyebabkan tanah longsor dan menjadi tandus. Komponen abiotik yang tidak tergantung dengan biotik antara lain yaitu gaya gravitasi, matahari, dan tekanan udara.

Baca juga : Zaman Mesozoikum

Nah, demikianlah pengertian biotik, semoga menjadi manfaat yang positif.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close