Teknologi

Apa Itu Pengertian Bootloop : Penyebab dan Cara Mengatasi

Pernah mengalami android kamu yang tidak bisa booting ? atau restart berulang-ulang dan hanya bisa menampilkan logo boot ponsel walau kamu tidak menyentuh tombol apapun di ponsel ?. Itu yang dinamakan bootloop. Di dalam sistem operasi android umum ditemukan kegagalan sistem saat akan menyalakan ponsel. Ada beberapa sebab mengapa bootloop bisa terjadi dan pastinya ada solusi mudah di dalamnya. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa itu BootLoop, berikut penjelasannya.

Pengertian Bootloop

Apa Itu Pengertian Bootloop : Penyebab dan Cara Mengatasi
Pengertian Bootloop

Istilah Bootloop sendiri yaitu berasal dari 2 suku kata yaitu Boot dan Loop. Boot dalam bahasa sistem operasi adalah proses awal dimana ponsel akan menyiapkan segala peripheral input-output dan meloading berbagai script yang diperlukan agar ponsel bisa menyala dengan sempurna. Sedangkan Loop dalam segi bahasa yaitu pengulangan atau berulang-ulang. Bila dipadukan berarti arti BootLoop dalam sistem operasi adalah kejadian dimana sistem operasi tidak bisa melakukan booting atau booting yang berulang tanpa sukses memasuki mode normal.

Bootloop di android sendiri bisa disebabkan oleh berbagai sebab seperti :

1. Adanya kesalahan pada instalasi aplikasi

2. Kegagalan melakukan Root ponsel

3. Mengubah isi script yang ada di root atau folder sistem android

4. Kesalahan menanam font dari pihak ke-3

5. Sering melepas baterai ponsel secara mendadak dalam keadaan ponsel android masih menyala.

6. Menghapus file sistem tanpa kesengajaan maupun dengan disengaja, dan lain sebagainya.

Baca juga : Apa Itu Android?

Kemudian bagaimana cara mudah untuk mengatasi bootloop pada ponsel android itu sendiri ?. sebenarnya Android diciptakan dengan berbagai kemudahan bagi penggunanya, dan di kasus bootloop ini pengguna tidak perlu terburu-buru membawa ponsel kesayangannya ke tukang servis. Berikut ini langkah untuk mengatasi masalah tersebut:

Cara Mengatasi Bootloop

Cara Mengatasi Bootloop
Cara Mengatasi Bootloop

1. Bootloop bisa diatasi dengan melakukan factory reset atau penyetelan ke default bawaan android. Dengan penyetelan ulang pada kasus bootloop dilakukan dalam keadaan ponsel off. Tekan tombol power + home + volume up secara bersamaan dan akan keluar mode root untuk bisa dimanfaatkan sebagai langkah factory reset. Dalam beberapa tipe ponsel ada perbedaan cara melakukan penekanan tombol untuk masuk ke boot menu.

2. Bootloop juga bisa dilakukan dengan prosedur recovery mode. Dimana pada tiap ponsel ada yang mempunyai fungsi ini dan ada yang tidak. Untuk masuk ke mode recovery silahkan tekan tombol volume up + volume down + dan power secara bersamaan dan ikuti langkah recovery agar sistem dapat di perbaiki kembali.

3. Dan langkah terakhir jika 2 langkah di atas tidak bisa digunakan yaitu dengan cara terakhir adalah melakukan flishing firmware ulang ke tempat service smartphone.

Baca juga : Apa Itu iOS?

Mengatasi bootloop ringan

Untuk memperbaiki perangkat yang mengalami bootloop yang ringan tidak diperlukan langkah-langkah teknis. Cukup dengan matikan perangkat kamu (jika hidup) kemudian cabut memori, kartu dan baterainya. Lalu diamkan selama 30 menit sampai 24 jam. Setelah itu pasang dan hidupkan kembali. Lalu amati, jika masalah bootloop masih terjadi maka lanjutkan pada solusi kedua.

Mengatasi bootloop parah

Mengatasi bootloop parah baru memerlukan langkah-langkah teknis. Salah satu cara yaitu untuk mengatasi bootloop dengan kembali ke pengaturan pabrik atau factory reset. Tapi bagaimana caranya sedangkan ponsel gagal booting. Kita harus masuk ke Recovery Mode.

Untuk masuk ke recovery mode bisa dapat dilakukan dengan menekan tombol Home + Volume Up + Power secara bersamaan, namun setiap merk caranya beda-beda. Berikut adalah daftar cara masuk ke recovery mode berdasarkan merk yang bisa diketahui:

  • Sekarang silahkan coba sesuai dengan merk masing-masing, jika berhasil lalu gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursor dan tombol Power untuk mengeksekusi. Dimulai dengan mengarahkan kursor ke Wipe data/ atau actory reset dan tekan tombol power.
  • Lalu arahkan kembali kursor ke Yes, delete all user data dan tekan tombol power. Berikutnya perangkat akan memproses permintaan reset yang kamu minta. Beberapa perangkat ada yang langsung restart, namun ada yang beberapa lainnya hanya memberi informasi selesai.
  • Jika perangkat tidak restart, arahkan kursor ke opsi reboot system now dan tekan tombol power. Setelah perangkat berhasil restart dan masuk ke sistem.

Berdasarkan tingkat kerusakannya bootloop dibagi menjadi 3 macam yaitu :

1. Bootloop Ringan

Bootloop yang ditandai dengan dimana ketika kita sedang menyalakan ponsel, dimana dapat masuk pada menu utama namun selang beberapa detik ponsel mengalami hang dan kemudian ponsel me-restart kembali.

2. Bootloop Biasa

Berbeda dengan bootloop ringan pada bootloop biasa ini ketika kita sedang menyalakan ponsel, dia mampu menyala dan memunculkan logo boot animasi, kemudian masuk pada menu utama saja.

3. Bootloop Parah

Jika diistilahkan dalam bahasa kesehatan bootloop parah sama halnya dengan penyakit kanker stadium 4, hal ini dikarenakan ketika kita mencoba untuk menyalakan ponsel, dia hanya mampu memunculkan logo animasi saja bakan ponsel tidak mampu untuk masuk pada menu utama.

Baca juga : Apa Itu Windows?

Faktor Penyebab Bootloop

Faktor Penyebab Bootloop
Faktor Penyebab Bootloop

Berikut ini beberapa penyebab hp bootloop yang sering terjadi:

1. Memodifikasi Sistem

Memodifikasi sistem sama artinya dengan kita melakukan root pada sistem Android, perlu kalian ketahui bahwa ketika kita membeli ponsel berbasis Android maka kita hanya menjadi user (pengguna) saja bukan menjadi super user. Super user ini mempunyai akses untuk melakukan root pada sistem Android, dia mampu menambah juga mengurangi sistem Android sehingga jika root yang telah dilakukan tidak sepenuhnya berhasil bisa mengakibatkan ketidakstabilan sistem pada Android, dan akibatnya ponsel kita mengalami bootloop.

2. Kesalahan Flashing Custom ROM

Flashing custom ROM bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya bootloop pada ponsel kamu. Flashing custom ROM adalah penginstalan pada ROM (Read Only Memory) dengan tujuan melakukan modifikasi dan mengganti isi data pada ROM. Tujuan dari flashing custom ROM adalah ROM dapat mengoptimalkan dan mempercepat dari sistem kerja OS.

3. Salah Mengatur Permission

Permission yaitu hak akses yang dimiliki pada suatu aplikasi dimana agar aplikasi tersebut dapat mengakses beberapa informasi dari ponsel yang kita miliki. Perlu kalian ketahui bahwa pada Android terdapat banyak informasi personal seperti lokasi, kontak, dan koleksi foto kita pada galeri. Sehingga OS pada Android sangat berpengaruh pada permission, jika kita melakukan kesalahan dalam mengatur permission maka pada sebuah file maka dapat mengakibatkan bootloop.

4. Overclock pada Android

Pada dasarnya ponsel yang berbasis pada Android sistem kerjanya sama dengan laptop dan PC. Karena dengan kemajuan teknologi pabrikan-pabrikan sekelas Apple, Samsung, Sony, dan masih banyak lainnya dapat menciptakan ponsel berbasis Android dan iOS dengan spesifikasi yang hampir setara dengan laptop maupun PC. Dengan tujuan memberikan kemudahan dan kepraktisan kepada user.

Cepat atau lambatnya suatu sistem operasi pada ponsel berdasar pada Android dipengaruhi dari prosesornya. Jika ponsel hanya memiliki prosesor dengan kemampuan 1 GHz namun kamu menginginkan lebih sehingga menaikkan prosesornya menjadi 2 GHz dengan alasan agar sistem operasinya menjadi lebih cepat, maka overclock menjadi langkah yang sering dilakukan.

5. Mengubah Isi Script pada Folder Sistem

Bisa jadi hal ini dianggap sepele dan tidak berdampak pada sistem Android. Bagi kamu pecinta game pasti sudah tidak asing dengan cara semacam ini. Mengubah isi script dengan aplikasi yang ada dengan bertujuan bisa segera menikmati game yang diinginkan. Ingat jika langkah ini juga bisa mengakibatkan bootloop pada ponsel. Jadi jangan sembarangan mengganti isi script jika ponsel tidak ingin terjadi bootloop.

6. Sering Melepas Baterai

Seringnya mencopot baterai bisa berdampak pada sistem operasi pada ponsel kamu. Apalagi jika melakukan pencopotan baterai saat ponsel dalam keadaan menyala. Selain mengakibatkan bootloop hal ini juga sangat berbahaya, maka ponsel dapat mengalami kerusakan pada hardware, dapat mengacaukan kalibrasi pada ponsel, dan menyebabkan kerusakan data dalam memori eksternal dan internal, dan parahnya ponsel akan mati total.

Sekian penjelasan mengenai apa itu Bootloop dan semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close