Teknologi

Apa Itu Pengertian CDN : Manfaat, Cara Kerja, dan Jenis

Dalam dunia kemajuan hosting dan website, istilah CDN bukanlah suatu hal yang asing. CDN adalah kepanjangan dari Content Delivery Network yang berfungsi untuk menjaga situs website agar tetap stabil dan aktif. Walau ada masalah atau gangguan yang muncul. Biasanya, para pengembang atau pengelola website yang banyak berurusan dengan CDN. Walau begitu, kamu bisa mempelajari fungsi dan cara kerja CDN melalui pembahasan pada artikel berikut dan cari tahu mengenai apa itu CDN.

Pengertian CDN

Apa Itu Pengertian CDN : Manfaat, Cara Kerja, dan Jenis
Pengertian CDN

Salah satu fungsi penting dari CDN yaitu untuk mempercepat loading website. Agar pengiriman konten statis seperti gambar, JavaScript, CSS, video, dan yang lainnya dari lokasi server terdekat ke pengguna pengakses website menjadi lancar. CDN juga dapat meningkatkan kecepatan respons pada website ketika sedang diakses. Biasanya, website berskala besar dengan banyak konten yang menggunakan CDN untuk meningkatkan kecepatannya.

CDN merupakan sebuah kumpulan dari server global yang terletak di beberapa data center di berbagai negara. Jaringan global yang bertugas untuk mengirimkan konten dari server ke suatu website. CDN sangat berperan dalam percepatan pengiriman konten website dimana server dan visitor terpaut pada jarak lokasi yang jauh.

Contohnya pada saat kamu berada di Indonesia. Kemudian mengakses website yang server-nya ada di Amerika. Dengan jarak yang sangat jauh, tentu saja pengiriman konten akan berlangsung lama. Namun dengan CDN yang tersebar di berbagai lokasi dan negara, maka pengiriman konten ini bisa lebih cepat.

Baca juga : Apa Itu Badwidth?

Manfaat Menggunakan CDN

Manfaat Menggunakan CDN
Manfaat Menggunakan CDN

CDN menjadi solusi tepat untuk sebuah website besar dengan visitor global. Website seperti ini tentu dapat tingkat aksesnya sudah mencapai level global. Jika kamu menjadi pemilik website besar tersebut, dengan menempatkan CDN di beberapa server yang tersebar di dunia, maka hal tersebut bisa memungkinkan visitor dari belahan penjuru negeri mengakses website tersebut. Hal ini akan baik untuk meningkatkan traffic website kamu tentunya.

Baca juga : Apa Itu Softaculous?

1. CDN adalah solusi tepat untuk website yang memiliki banyak visitor

CDN menyimpan cache website dalam beberapa server yang tersebar di seluruh dunia. Ketika ada visitor yang ingin mengakses situs kita, maka CDN mengarahkannya ke server yang paling dekat dengannya. Cara yang akan mengurangi beban server bahkan ketika situs mempunyai banyak visitor.

2. CDN memastikan sebuah website dapat diakses secara global

Penyedia CDN memiliki beberapa server yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini memungkinkan visitor dari seluruh dunia dapat mengakses situs web kamu. Apalagi di beberapa negara terkadang menerapkan kebijakan memblokir akses pada jaringan tertentu sehingga membuat pengguna di negara tersebut tidak bisa mengakses situs yang ada di dalam list jaringan tersebut.

3. CDN cukup efektif mengurangi penggunaan resource (contohnya disk space dan bandwidth)

CDN melakukan cache dan mengirimkannya pada visitor dengan meminimalisir permintaan ke server hosting. Ini sangat bermanfaat bagi kamu yang mempunyai hosting dengan sumber daya yang terbatas. Contohnya adanya pembatasan bandwidth yang terkadang bisa melebihi kapasitas yang ada. Selain itu di beberapa penyedia hosting juga menerapkan batasan disk space maupun RAM untuk sebuah hosting.

4. CDN meningkatkan kecepatan loading situs web, terutama jika lokasi visitor dekat dengan server CDN.

Saat CDN mengarahkan pengunduhan ke server yang paling dekat dengan visitor, maka tindakan tersebut dapat mempercepat loading situs web. Visitor tidak perlu melewati beberapa routing server di seluruh dunia. Cukup dengan mengarahkannya ke server yang paling dekat dengan visitor. Mungkin hal ini tidak terlalu berjalan baik jika letak server dengan target visitor di negara yang sama. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakannya dengan membandingkan sebelum dan setelah menggunakan CDN.

5. CDN dapat meningkatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari

CDN juga bisa meningkatkan kecepatan loading situs web. Hal ini mengakibatkan mesin pencari mempercayai bahwa situs yang kunjungi baik. Tentu saja informasi positif akan membawa situs bisa berdiri lebih tinggi dari situs lainnya yang tidak menggunakan CDN. Mengingat bahwa mesin pencari lebih mengutamakan situs web yang aman dan cepat. Di beberapa penyedia CDN mempunyai fitur SSL yang dapat digunakan secara gratis. Ini akan meningkatkan kualitas situs web dan meningkatkan kepercayaan mesin pencari.

6. CDN mendukung semua tipe website dan hosting.

CDN juga tidak merujuk pada salah satu tipe website atau hosting saja. Namun semua layanan hosting dapat menggunakan CDN untuk memaksimalkan kinerja website mereka. Jadi kamu tidak perlu takut apakah hosting kamu tidak bisa menggunakan CDN. Bahkan pada situs web yang menggunakan WordPress terdapat plugin yang dapat diintegrasikan dengan CDN langsung.

Baca juga : Apa Itu SSL?

Cara kerja CDN

Cara kerja CDN
Cara kerja CDN

CDN yaitu jaringan server yang terhubung bersama-sama dengan tujuan untuk menyampaikan konten dengan murah, cepat, aman, dan andal, dengan menggunakan teknologi cache. Situs website yang menggunakan CDN yang menggunakan name server yang sudah disediakan oleh CDN. Pada kunjungan pertama, visitor melakukan permintaan akses ke sebuah situs website. CDN kemudian mengunduh static content seperti JavaScript, CSS, gambar ke server untuk kemudian dikirim ke visitor lewat browser.

Saat kunjungan kedua, visitor akan mengambil konten yang sudah di-cache-kan oleh CDN. Dengan demikian, hosting hanya tinggal melengkapi kontennya saja. Waktu pengiriman juga makin cepat karena pengambilan file dilakukan dari server yang paling dekat dengan visitor.

Saat ini, CDN menjadi salah satu bagian penting dari perkembangan internet. Terlebih saat perkembangan internet of things sangat pesat. Banyak perusahaan yang berusaha untuk mengoptimalkan situs website-nya agar muncul dalam deretan teratas di situs pencarian.

Baca juga : Apa Itu Bahasa R ?

Jenis Blok CDN

Jenis Blok CDN
Jenis Blok CDN

Berikut beberapa blok CDN yang wajib diketahui untuk dapat lebih memahami arti CDN:

1. Point of Presence (PoP)

PoP CDN adalah server cache yang secara strategis yang ditempatkan pada data center sesuai geografis para pengguna yang berperan untuk melakukan penyampaian konten ke pengguna di lokasi geografis dimana data center tersebut berada. Tujuan utamanya yaitu untuk mengurangi waktu round-trip dengan mengalihkan akses yang diminta pengguna ke lokasi server di data center terdekat dengan lokasi pengguna tersebut.

2. Server Cache

Berperan sebagai penyimpanan duplikasi content dari server pusat yang akan diakses oleh para pengguna di lokasi geografis tertentu supaya akses membuka tiap halaman website atau aplikasi dapat lebih cepat dan dapat mengurangi penggunaan bandwidth dari sisi pengguna maupun dari sisi penyedia content. Perbandingan harga bandwidth Indonesia dengan Bandwidth Internasional saat ini dapat mencapai 1:10. Setiap Server Cache CDN memiliki beberapa media penyimpan dan sumber daya RAM yang cukup besar.

3. SSD/HDD + RAM

Dalam Server Cache CDN, file disimpan pada sebuah hard disk dengan jenis solid-state atau pada sebuah RAM. Untuk performa kecepatan, RAM yang paling baik untuk digunakan.

CDN adalah bagian penting dari internet saat ini, dan akan menjadi lebih penting lagi seiring dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin menghubungkan orang dari berbagai belahan dunia. Bahkan sekarang, banyak perusahaan yang bekerja keras mencari tahu cara untuk bergerak dalam artian untuk memberikan pengalaman akses website tercepat bagi para penggunanya. Hal ini termasuk dalam sebuah teknik yang disebut sebagai Edge Side Includes (ESI) yang didesain untuk melayani cache terhadap beberapa bagian konten halaman. Sebuah peranan yang penting tentang arti CDN dan cara kerja CDN menjadi kunci untuk membuka manfaat kinerja yang lebih besar bagi penggunanya di seluruh dunia.

Sekian penjelasan mengenai apa itu CDN dan semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close