HTMLPemrogramanTutorial

Apa Itu Pengertian HTML : Sejarah, Fungsi, Tag Dan Atribut

Bagi kamu yang pernah atau sering menggunakan perangkat gadget atau memiliki dunia dalam ilmu komputer, maka istilah tersebut sudah tentu tidak asing lagi. Lain halnya dengan mereka yang sangat awam mungkin hanya sekedar mendengar istilah HTML tanpa tahu apa itu sebenarnya arti dari HTML dan apa kegunaannya.

Untuk mengetahui pengertian dan apa itu HTML beserta fungsinya ada baiknya simak uraian berikut ini:

Pengertian HTML

Hypertext Mark Up Language atau yang disingkat dengan istilah HTML merupakan sebuah bahasa standar pemrograman untuk membuat suatu website yang bisa diakses melalui internet.

Atau kata lain dari halaman website yang kita lihat dan dibaca disusun dengan menggunakan bahasa tersebut dan lalu diterjemahkan oleh komputer agar dapat dipahami oleh penggunanya. Html merupakan standar pembuatan website secara luas agar laman pada website dapat ditampilkan pada layar komputer kita.

Html yang disusun dengan kode juga simbol tertentu lalu dimasukkan ke dalam sebuah file atau dokumen. Jadi setiap kamu akan membuka website apapun dengan menggunakan browser maka web tersebut dibuat dengan menggunakan html.

Dari singkatan hypertext markup language itu sendiri kita bisa paham apa makna dari html. Hypertext yaitu suatu metode yang dipakai untuk berpindah laman web ke laman lainnya dengan mengklik satu tulisan atau simbol pada laman website.

Istilah markup pada html sendiri dapat diartikan sebagai suatu hal yang dilakukan tag html terhadap teks yang ada didalamnya, contoh saat mengetik suatu teks dengan tanda tag “ <b>  “maka teks tersebut akan muncul sebagai teks dengan huruf tebal atau bold pada suatu laman website yang dibuka.

Simbol atau tag html tersebut ditulis pada laman html yang sudah tersedia pada dashboard website pada umumnya. Sementara language dalam html yaitu bahasa pemrograman atau script yang disusun dari tag tertentu yang nantinya akan diterjemahkan kedalam teks atau visual yang dapat dilihat melalui website.

Sejarah HTML

Apa Itu Pengertian HTML : Sejarah, Fungsi, Tag Dan Atribut
sejarah html

Markup language atau yang saat ini dikenal sebagai html mulanya telah diciptakan oleh sebuah perusahaan penjual perangkat keras dan lunak yaitu IBM atau International Bussiness Machines. Pada tahun 1980, IBM menciptakan sebuah bahasa yang menggabungkanantara  tag atau simbol dengan teks dalam sebuah dokumen.

Bahasa yang diciptakan oleh IBM itu lalu dikenal dengan sebutan markup language atau Generalized markup language (GML). Dan di tahun 1986, ISO atau International Standart Organization mengeluarkan pernyataan bahwa GML yang sudah diubah istilahnya menjadi SGML  atau Standart Generalized Markup Language kemudian ditetapkan sebagai standar dalam membuat berbagai dokumen yang dapat membantu dalam bisnis dan pekerjaan lainnya.

Pada tahun 1989, Tim Berners Lee dari organisasi European Organization for Nuclear Research (CERN) mengeluarkan ide untuk menciptakan suatu skrip bahasa pemrograman dalam suatu dokumen yang kemudian dikenal dengan istilah html.

Html sendiri merupakan satu bagian dari sgml dan Tim Berners Lee yang diketahui sebagai orang yang menciptakan html. Saat ini penggunaan juga pengembangan html diatur oleh World Wide Web Consortium dan versi terakhir dari html yang saat ini banyak digunakan adalah html5 dimana jenis html ini memiliki jenis fitur yang lebih baik dari versi html terdahulunya.

Fungsi HTML

Fungsi Html
Fungsi Html

Html yang dikenal sebagai bahasa pemrograman dalam ilmu komputer memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fungsi utamanya yang diketahui adalah untuk membuat suatu halaman website yang bisa dibaca juga bisa dipahami oleh pengguna dengan lebih mudah. Dimana seluruh laman website yang ada dalam internet dibuat dengan html dan tidak ada pengecualiannya.
  2. Untuk menandai teks pada satu laman, maka html ditulis pada suatu halaman dokumen dengan tag atau simbol tertentu. Dimana simbol dan tag tersebut akan menandai teks seperti menjadi tebal, miring, bergaris tebal dan lain sebagainya. Misal jika kita membuat suatu teks menjadi teks miring atau italic, dalam laman html dituliskan kode <i>, <b> , untuk teks tebal <u> dan untuk teks bergaris bawah.
  3. Sebagai dasar website, website yang dibuat tentunya memiliki beberapa fitur yang dengan menggunakan java script atau untuk mengatur perilaku web. Dimana implemetasi bahasa pemrograman server PHP, dan mendesain web menggunakan CSS. Semua bahasa tersebut juga bisa diaplikasikan apabila web memiliki bahasa html sebagai pondasinya.
  4. Dapat menampilkan tabel, gambar, video, dan lainnya. Biasanya dalam website atau blog kita tidak dapat secara langsung meletakkan sebuah tabel, gambar maupun video oleh karena itu komponen tersebut diletakkan pada web dengan menggunakan bahasa html.
  5. Untuk menandai elemen juga membuat online form, html yang berfungsi untuk menandai bagian dalam website diantaranya seperti header, main, footer, navigation dan lain sebagainya. Selain itu html juga dapat digunakan sebagai bahasa dalam membuat suatu online form juga formulir digital.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh HTML, berikut contohnya:

  • Membuat struktur dalam halaman website.
  • Mengatur adanya tampilan dan isi dari halaman web.
  • Membuat tabel dengan tag HTML Table.
  • Membuat Form HTML.
  • Menambahkan objek penting lainnya seperti audio, video dan animasi.
  • Membuat gambar dengan Canvas.
  • Mempublikasikan halaman website secara online.

Untuk panduan belajar mengenai HTML dasar bahwa ada dua hal lain yang terkait HTML yang harus dipahami untuk memulai belajar HTML, yaitu mengenai TAG dan juga Atribut.

Apa itu TAG

Apa itu tag
Apa itu tag

TAG sendiri adalah kode tertentu yang menjadi pengenal jika kode tersebut adalah HTML dan dapat diterjemahkan oleh browser dengan tampilan tertentu. Contohnya untuk membuat sebuah tulisan tebal, maka kita bisa menggunakan TAG STRONG, atau TAG B. Untuk membuat paragraf kita bisa menggunakan TAG P. Dan masih banyak lagi TAG HTML lainnya, tentunya dengan fungsi yang berbeda – beda. Dalam menuliskan TAG HTML kita juga bisa menggunakan huruf kecil ataupun huruf kapital atau sesuai dengan keinginan kita.

Apa Itu Atribut

Apa Itu Atribut
Apa Itu Atribut

Atribut yaitu karakteristik tambahan pada suatu TAG. Contohnya seperti untuk membuat paragraf kita bisa menggunakan TAG P. Secara default paragraf yang akan ditampilkan oleh TAG P yaitu rata kiri. Tapi jika kita ingin membuat menjadi rata tengah, kita bisa menambahkan atribut ALIGN dengan value CENTER ke dalam TAG P tersebut.

Demikianlah sedikit panduan mengenai belajar dan apa itu HTML dasar, semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang dalam proses belajar untuk menjadi web developer. Untuk belajar html sendiri tidaklah sulit, asalkan sering mencoba untuk dipraktekan dan terus berlatih pasti akan mudah untuk dikuasai.

Dan buat kamu yang ingin belajar secara interactive tentang HTML, kamu juga bisa belajar melalui Interactive Coding HTML awalnya, karena ada banyak situs yang bisa kamu pelajari untuk mengetahui mengenai details html. Demikian penjelasan mengenai apa itu html dan semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close