Teknologi

Apa Itu Pengertian SSL : Fungsi, Manfaat, & Jenis [Lengkap]

Bagi mereka para pengguna domain dan hosting, tentu pernah mendengar tentang istilah SSL?. SSL sendiri bukanlah sebuah kata yang cukup familiar bagi para pengguna domain dan juga hosting. Namun, bagaimana dengan orang yang belum tahu mengenai apa itu SSL?. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu SSL yang bisa kamu ketahui secara lengkap:

Pengertian dan Fungsi SSL

Apa Itu Pengertian SSL : Fungsi, Manfaat, & Jenis [Lengkap]
Pengertian dan Fungsi SSL

SSL atau Secure Socket Layer yaitu sebuah cara sebuah situs web membuat sambungan aman dengan browser web pengguna. Setiap kali seorang surfer web mengunjungi situs yang aman dengan menggunakan teknologi SSL, menciptakan sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dan web server. SSL menjadi standar industri untuk komunikasi web yang aman dan digunakan untuk melindungi jutaan transaksi online setiap harinya.

Baca juga : Apa Itu Softaculous?

Lantas Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL?

Lantas Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL?
Lantas Apakah yang Dimaksud dengan Sertifikat SSL?

Web server harus memiliki sertifikat SSL sebelum dapat membuat koneksi SSL. Saat seseorang mengaktifkan protokol SSL di server web mereka, maka mereka diminta untuk menjawab pertanyaan yang akan membangun identitas mereka. Pertanyaan meminta informasi mengenai kedua situs dan juga perusahaan. Setelah sertifikat SSL yang diminta, maka server web menciptakan dua kunci kriptografi, satu yaitu kunci pribadi dan yang lainnya adalah Kunci Publik. Tombol yang digunakan bersama dengan rumus enkripsi untuk menciptakan aman hubungan antara web server dan sesi browser.

Baca juga : Apa Itu Javascript?

Mengapa Menggunakan SSL?

Mengapa Menggunakan SSL?
Mengapa Menggunakan SSL?

Alasan penting mengapa menggunakan SSL yaitu untuk menjaga informasi yang sensitif selama dalam proses pengiriman melalui Internet dengan cara dienkripsi, sehingga hanya penerima pesan saja yang dapat memahami dari hasil enkripsi tersebut. Hal ini sangat penting, karena informasi yang dikirimkan di Internet membutuhkan proses perjalanan dari komputer ke komputer lainnya sampai mencapai server tujuan. Komputer lain yang ada di antara kita dan server dapat melihat nomor Kartu Kredit penggunanya, username dan passwords, dan informasi sensitive lainnya bila hal tersebut tidak dienkripsi dengan Sertifikat SSL.

Jadi saat sertifikat SSL digunakan, maka informasi menjadi tidak dapat terbaca oleh siapapun kecuali ke server yang memang dituju saat mengirim informasi tersebut. Hal ini untuk melindungi informasi tersebut dari hackers dan pencuri identitas.

Baca juga : Apa Itu Linux?

Manfaat Utama Menggunakan SSL

Manfaat Utama Menggunakan SSL
Manfaat Utama Menggunakan SSL
  • Meningkatkan rasa percaya pengunjung website untuk melakukan transaksi atau bisnis dengan kamu.
  • Mengamankan transaksi yang ada di website dengan enkripsi termasuk data kartu kredit, password, dan sebagainya.
  • Website yang menggunakan SSL/HTTPS mendapatkan ranking SEO yang lebih baik dari Google dibanding dengan website yang tidak diproteksi dengan SSL.
  • Berhak menampilkan SSL Secured Seal di website.
  • Meningkatkan penjualan atau conversion rate pada website sebagai hasil dari kepercayaan konsumen yang meningkat.
  • (EV SSL) Meningkatkan prestisius perusahaan dengan green bar dan nama perusahaan di address bar browser.
  • (EV SSL dari Symantec) Mendapatkan layanan free malware scanning dan juga security vulnerability assessment gratis dari Symantec.
  • Dewaweb menyediakan berbagai pilihan SSL Certificates mulai dari yang paling murah (RapidSSL) sampai yang paling mahal (Symantec Secure Site Pro EV).

Beberapa Istilah Penting Dalam Melakukan Pembelian SSL Certificate:

  1. Grade yaitu tingkatan seberapa aman server dimana SSL Certificate bersangkutan di-install jadi bukan menentukan kualitas SSL Certificate nya secara langsung, melainkan merupakan ukuran seberapa aman server tersebut. Seluruh server Dewaweb saat ini sudah mencapai minimal Grade A untuk instalasi SSL Certificate nya.
  2. Warranty yaitu garansi yang diberikan oleh pihak yang mengeluarkan (issue) SSL Certificate bersangkutan, biasanya dalam nilai USD. Kalau terjadi pembobolan SSL oleh hacker.
  3. Secured Site Seal jika kamu menggunakan SSL Certificate yang mendapatkan Secured Site Seal, itu artinya kamu bisa memasang Secured Site Seal tersebut di website dan untuk menandakan bahwa website kamu sudah diproteksi oleh SSL Certificate yang berkualitas sekaligus juga bisa digunakan untuk melakukan validasi, apakah SSL Certificate kamu benar-benar asli dan terpercaya.
  4. Green Address Bar, keistimewaan yang diberikan untuk pemilik website dengan SSL Certificate kelas Extended Validation (EV) di mana di browser akan muncul pada green bar dengan nama perusahaan/organisasi dalam teks berwarna hijau pada browser.
  5. EV (Extended Validation) yaitu proses validasi (pengecekan) data-data perusahaan/organisasi yang akan mendapatkan SSL Certificate. Proses ini hampir sama dengan proses registrasi domain .co.id, dimana kita harus menyerahkan banyak sekali dokumen-dokumen penting dan resmi perusahaan/organisasi. Jika suatu website menunjukkan Green Address Bar, itu artinya perusahaan/organisasi website tersebut sudah melalui banyak sekali tahapan validasi yang rumit, dan itu menandakan bahwa perusahaan/organisasi tersebut benar-benar bonafide dan begitupun juga dengan SSL Certificatenya.
  6. Server Gated Cryptography, secara umum, proses enkripsi yang terjadi pada suatu koneksi SSL terjadi dengan menggunakan software. Dengan Server Gated Cryptography, maka enkripsi dilakukan via server yang akan menambah keamanan koneksi hingga beberapa kali lipat.
  7. Guaranteed Express Delivery yaitu jaminan proses setup SSL Certificate yang cepat
  8. FREE Vulnerability Assessment yaitu fitur yang hanya ada pada SSL Certificate yang di-issue oleh Symantec, yaitu fitur scanning gratis website kamu terhadap celah-celah keamanan seperti misalnya virus/trojan/malware dan sebagainya..

Dimana Bisa Membeli Sertifikat SSL?

Dimana Bisa Membeli Sertifikat SSL?
Dimana Bisa Membeli Sertifikat SSL?

Sertifikat SSL harus dikeluarkan langsung dari Otoritas Sertifikasi terpercaya. Jika kamu mendaftarkan Browser, sistem operasi, dan perangkat seluler harus mendaftarkan dan mengidentifikasi sertifikat root CA yang terpercaya.

SSL Cetificate memang diperlukan agar pengunjung website juga akan merasa aman dan website kamu akan ditandai sebagai website yang telah aman. Jika kamu tidak menggunakan SSL Certificate maka mesin pencarian google akan memberitahu user bahwa situs kamu belum aman.

Jika mungkin website yang kamu gunakan adalah situs jasa dan e-commerce, maka situs yang belum memiliki SSL mungkin akan mengakibatkan kurangnya kepercayaan pada situs web yang akan berisiko menurunnya kepercayaan user terhadap produk dan jasa kamu.

Baca juga : Apa Itu Bandwidth?

Jenis SSL

Jenis SSL
Jenis SSL

1. SSL Single Domain

Sesuai dengan namanya, SSL Single Domain yaitu salah satu jenis SSL yang hanya melindungi satu site dalam satu domain saja. SSL jenis ini hanya berlaku untuk main domain ATAU satu sub domain saja.

Apabila kita membeli SSL jenis ini, maka kita harus memilih SSL Single Domain yang akan diinstall di main domain ATAU sub domain yang mana. Seperti, SSL sudah di konfigurasi di main domain infotekno.com, maka sudah tidak dapat digunakan di sub domain blog.infotekno.com, begitu pula sebaliknya.

2. SSL Wildcard Domain

Berbeda dengan SSL Single Domain, SSL Wildcard yaitu SSL yang dapat melindungi site main domain DAN banyak sub domain sekaligus. Dan, meskipun terdapat banyak sub domain di dalamnya.

Apabila kita membeli SSL jenis ini dan memasangnya di site kita. Contoh, didalam website domain jagoanhosting.com terdapat banyak sub domain di dalamnya seperti blog.infotekno.com, karir.jagoanhosting.com, dan sebagainya. Maka, baik main domain infotekno.com dan semua sub domain di dalamnya akan terlindungi oleh SSL tersebut.

3. SSL Greenbar

Pengertian SSL Greenbar sendiri yaitu jenis SSL yang dilengkapi dengan keterangan nama perusahaan di depan protokol https, hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pengunjung website terhadap perusahaan pemilik website tersebut. Untuk membeli SSL jenis ini, diperlukan pengajuan khusus yang prosesnya sedikit lebih banyak daripada membeli SSL biasa, antara lain yaitu:

  • Perusahaan harus terdaftar di yellowpages.co.id dan ahu.go.id
  • Memiliki legalitas usaha (SIUP)
  • Verifikasi via telepon
  • Validasi domain
  • SSL jenis ini akan menambah prestisius pada website, terutama untuk perusahaan dan toko online. Demikianlah penjelasan mengenai apa itu SSL dan semoga bermanfaat.
Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close