Pemrograman

Apa Itu Pengertian Visual Basic : Konsep Dasar [Lengkap]

Microsoft Visual Basic 6.0 di tahun belakangan ini begitu populer. Jika dibandingkan dengan bahasa pemograman lain sebagai contoh developer microsoft visual basic 6.0 lebih banyak digunakan, karena bahasa pemograman yang lain harus menulis program untuk segala sesuatu. Dimana pekerjaan programer semakin mudah dengan adanya microsoft visual basic 6.0 karena mampu menambahkan sebagian kode program secara otomatis ke dalam program. Pekerjaan perancang program yang berbasis windows juga menjadi semakin mudah menuangkan imajinasinya melalui microsoft visual basic 6.0. Hal ini karena tersedianya objek di dalamnya dan fasilitas click and drag untuk membuat tampilan jauh lebih menarik sesuai dengan kemauan pembuat program. Untuk tahu lebih banyak mengenai visual basic berikut ini penjelasannya:

Pengertian Visual Basic

Apa Itu Pengertian Visual Basic : Konsep Dasar [Lengkap]
Pengertian Visual Basic

Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman Visual Basic yang dikembangkan dan dirilis oleh Microsoft, dengan kombinasi yang terintegrasi bahasa pemrograman Visual Basic yang bertujuan untuk memudahkan user mendesain dan membangun program Visual Basic dalam aplikasi utama Microsoft Office.  Yang ditujukan untuk aplikasi-aplikasi tertentu dengan fungsi Visual basic yaitu untuk mengotomatisasi pekerjaan. Microsoft visual basic hampir bisa memanfaatkan seluruh kemudahan dan kecanggihan secara umum dengan menyediakan komponen-komponen yang memungkinkan untuk membuat program aplikasi yang sesuai dengan cara kerja pada tampilan windows.

Baca juga : Apa Itu Jingling ?

Microsoft Visual Basic 6.0 juga menyediakan fasilitas sebuah program yang memungkinkan untuk menyusun dan memasang objek grafis dalam sebuah form. Selain itu juga Microsoft Visual Basic 6.0 sudah banyak menawarkan kemudahan dalam mengelola sebuah database. Selain memiliki banyak keistimewaan yang handal Micrososft Visusal Basic 6.0 juga memiliki keistimewaan yang paling utama yaitu pemrograman yang berorientasi objek untuk mempermudah para pemakai dalam membangun sebuah modul aplikasi yang lengkap. Dimana para programmer dapat membangun sebuah aplikasi dengan menggunakan komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic. Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, namun membutuhkan deklarasi fungsi luar sebagai tambahan.

Microsoft Visual Basic 6.0 dalah bahasa pemograman yang bekerja dalam ruang lingkup Ms-Windows. Microsoft Visual Basic 6.0 dapat memanfaatkan seluruh kemudahan dan kecanggihan yang dimiliki oleh sistem operasi windows, kemampuan visual basic 6.0 adalah menyediakan komponen yang memungkinkan untuk membuat program aplikasi yang sesuai dengan tampilan dan cara kerja windows.

Baca juga : Apa Itu Ransomware?

Tahap awal pemakaian VB 6.0 sebaiknya diatur tampilan untuk komponen-komponen yang ada dalam VB 6.0 tersebut. Komponen yang tidak muncul pada layar dapat ditampilkan pada menu View. Pemograman visual merupakan dimensi baru dalam pembuatan aplikasi karena dapat langsung menggambarkan sebuah objek kelayar sebelum dieksekusi. Dalam lingkungan pengembangan visual, sekarang objek yang dibuat hasilnya langsung tampil dilayar. Objek yang dibuat itu akan sama hasilnya pada saat program dijalankan. Dengan demikian tidak perlu lagi melakukan pengubahan kode program secara manual. Setelah semua objek diletakkan dalam suatu form, maka semua atribut dari objek tersebut akan disimpan dalam suatu kode program yang dapat langsung dijalankan.

Pengertian Visual Basic
Pengertian Visual Basic

Berikut beberapa tampilan interface pada microsoft visual basic 6.0 yang saling berhubungan yaitu :

  • Bagian menu program
  • Bagian toolbar
  • Bagian toolbox
  • Bagian jendela properties
  • Bagian form
  • Bagian jendela proyek
  • Bagian jendela lay-out
  • Komponen yang ada di Visual Basic 6.0

Berikut ini yaitu contoh beberapa komponen yang secara langsung sering terlibat dalam pembuatan program menggunakan visual basic 6.0. Komponen tersebut diantaranya yaitu :

Baca juga : Apa Itu OSI Layer?

  • Project saat program pertama kali menggunakan visual basic maka digunakan akan komponen project yang akan di loading, langkah selanjutnya yaitu membuat modul atau menambah form atau membuat kode program.
  • Form biasanya digunakan ketika kita akan meletakkan object apa saja yang akan dipakai dalam program, di dalam toolbox terdapat objek yang diletakkan dan didesain dalam bagian form. Form merupakan suatu objek yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi, yang akan tersedia secara otomatis form yang baru jika membuat program aplikasi yang baru, yaitu dengan nama form1. Di dalam suatu form terdapat garis titik yang disebut dengan Grid.
  • ToolBox adalah kotak alat yang berisi ikon untuk memasukkan objek tertentu ke dalam jendela form. Toolbox juga dapat dimodifikasi misalnya dengan menambah komponen ikon dengan cara melakukan klik kanan pada toolbox lalu memilih Components atau Add Tab.
  • Properties digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Didalam satu objek biasanya memiliki beberapa properti yang dapat diatur langsung dari jendela properties atau lewat kode program. Dalam property kita bisa mendapatkan informasi mengenai warna, tinggi, lebar dan posisi sebuah objek. Pada tiap property memiliki nilai yang dapat mempengaruhi cara objek ditampilkan atau cara objek bekerja, dan juga sebuah objek properti biasanya mirip dengan variabel lokal dalam prosedur. Property saling berkaitan dengan objek dan digunakan oleh proses yang ada dalam objek.
  • Kode Program merupakan serangkaian kata yang memiliki perintah yang akan dilaksanakan suatu objek yang dijalankan. Kode program yang akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu objek.
  • Event adalah peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu objek misalnya klik, drag, tunjuk dan lainnya.

Konsep Dasar Pemrograman Dalam Visual Basic 6.0

Konsep Dasar Pemrograman Dalam Visual Basic 6.0
Konsep Dasar Pemrograman Dalam Visual Basic 6.0

Konsep dasar pemrograman Visual Basic 6.0, yaitu pembuatan form dengan mengikuti aturan pemrograman berbasis objek (OOP), kita perlu memahami istilah object, property, method dan event sebagai berikut :

Baca juga : Apa Itu Bahasa R?

  • Object yaitu komponen di dalam sebuah program.
  • Property, setiap komponen di dalam pemrograman Visual Basic dapat diatur propertinya sesuai dengan kebutuhan aplikasi. Properti yang tidak boleh dilupakan pada setiap komponen yaitu “Name”, yang berarti nama komponen yang akan digunakan dalam scripting. Properti “Name” ini hanya bisa diatur melalui jendela Property, sedangkan nilai properti yang lain biasa diatur melalui script seperti Command1.Caption=”Play”
  • Text1.Text=”Visual Basic”
  • Label1.Visible=False
  • Timer1.Enable=True
  • Metode, jalannya program dapat diatur sesuai dengan aplikasi menggunakan metode pemrograman yang diatur sebagai aksi dari setiap komponen. Metode inilah tempat untuk mengekspresikan logika pemrograman dari pembuatan program aplikasi.
  • Event, setiap komponen dapat bereaksi melalui event, seperti event click pada command button yang tertulis dalam layar script Command1_Click, atau event Mouse Down pada picture yang tertulis dengan Picture1_MouseDown. Pengaturan event dalam setiap komponen yang akan menjalankan semua metode yang dibuat.

Ada beberapa project yang biasa digunakan oleh banyak pengguna Visual Basic, antara lain yaitu:

  • Standard EXE yaitu project standar dalam Visual Basic dengan komponen standar. Jenis project yang sangat sederhana, tetapi memiliki keunggulan bahwa semua komponennya dapat diakui oleh semua unit komputer dan semua user walau bukan administrator.
  • ActiveX EXE, project ini adalah project ActiveX berisi komponen kemampuan untuk berinteraksi dengan semua aplikasi di sistem operasi windows.
  • ActiveX DLL, project yang menghasilkan sebuah aplikasi library yang selanjutnya dapat digunakan oleh semua aplikasi di sistem operasi windows.
  • ActiveX Control, project yang menghasilkan komponen baru untuk aplikasi Visual Basic yang lain
  • VB Application Wizard, project yang memandu pengguna untuk membuat aplikasi secara mudah tanpa harus ribet dengan perintah-perintah pemrograman.
  • Addin, project seperti Standard EXE namun dengan berbagai macam komponen tambahan yang memungkinkan kebebasan kreasi dari pengguna.
  • Data project, project yang melengkapi komponennya dengan komponen database. Sehingga bisa dikatakan project ini memang disediakan untuk keperluan pembuatan aplikasi database.
  • DHTML Application, project yang digunakan untuk membuat aplikasi internet pada sisi client dengan fungsi DHTML.
  • IIS Application, project yang menghasilkan aplikasi internet pada sisi server (server side) dengan komponen-komponen CGI (Common Gateway Interface).

Baca juga : Apa Itu Javascript?

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu virtual basic yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close