Teknologi

Apa Itu Pengertian Yahoo Mail: Sejarah, Kelebihan, & Panduan

Apakah kamu sudah memiliki email dengan domain seperti Gmail, Yahoo Mail Indonesia atau Outlook? Jika sudah, kamu tentunya tahu bagaimana email dapat memberi kemudahan bagi kita dalam mengirimkan sebuah pesan tanpa terbatas jarak dan waktu. Kamu tidak hanya bisa mengirimkan pesan berupa teks. Namun dengan bantuan teknologi canggih yang sudah ada, kamu juga bisa mengirimkan gambar maupun video.

Contohnya, Yahoo Mail adalah salah satu diantara sekian banyaknya layanan email yang ada saat ini. Yahoo merupakan layanan email yang bahkan sudah ada sebelum Gmail dari Google hadir. Yahoo dirilis pada tahun 1994 sedangkan Gmail baru ada di tahun 1998. Berikut ini ketahuilah sejarah dan juga kaitannya yang bisa disimak seperti di bawah ini:

Sejarah Yahoo

Apa Itu Pengertian Yahoo Mail: Sejarah, Kelebihan, & Panduan
Sejarah Yahoo

Awal masa domain .com terkenal, bisa dibilang tidak ada internet user (pengguna internet) yang tidak mengenal nama Yahoo. Perusahaan ini menjadi rajanya mesin telusur pada tahun 2000-an. Berbagai website yang masuk di bawahnya Yahoo mencapai trafik internet paling banyak sepanjang tahun. Valuasi Yahoo saat itu mencapai angka 125 Miliar Dollar Amerika (dalam Rupiah bernilai 1.643 Triliun). Namun saat ini, Yahoo memang mulai meredup. Popularitasnya jelas tidak mengendur gara-gara kompetitornya yaitu Google. Sepanjang sejarah Yahoo, ternyata ada banyak sekali momen penting. Berikut beberapa momentum sejarah dari Yahoo.

Tahun 1994 . Dua orang mahasiswa, namanya Jerry Yang dan David Filo. Dua orang yang memiliki ide menyusun indeks, tepatnya alat kurator untuk ribuan website yang ada di internet. Jerry dan Filo berhasil membuat mesin telusur Yahoo. Kemudian mereka menyewa lusinan karyawan yang bekerja buat proses permintaan pendataan indeks dari website-website yang ada waktu itu.

Baca juga : Apa Itu Android?

Tahun 1996 . Yahoo mulai go public, dirilis buat kalangan umum. Yahoo sempat mengajukan penawaran saham perdananya di Bursa Nasdaq. Awl, saham yang dijual nilai atau valuasinya mencapai 24,5 Dollar Amerika per lembarnya. Lalu meroket terus sebesar 154% sampai capai valuasi 43 Dollar Amerika, dan akhirnya stabil juga di angka 33 Dollar Amerika. Ini termasuk momentum Yahoo yang berharga, karena hari pertama Yahoo terlibat dalam bursa saham, dan mencuri perhatian banyak investor yang memang pada masa itu lagi bersemangat dengan segala yang terkait  dengan “internet”.

Tahun 2000 . Tahun tersebut jadi momen puncak Yahoo karena sahamnya sangat tinggi, tepatnya pada tanggal 3 Januari saham Yahoo valuasinya sampai 475 Dollar Amerika per lembar. Namun, hanya bisa bertahan beberapa bulan saja kejayaan saham Yahoo karena faktor x. Faktor x yang dimaksud adalah aksi terorisme di Amerika yang menyita perhatian dunia, ada pesawat sengaja menabrak menara WTC dan ada juga peristiwa pecahnya bubble dari domain .com. Jadi harga sahamnya tinggal 8,11 Dollar Amerika per lembarnya.

Tahun 2005 . Yahoo akuisisi Flickr. Flickr adalah layanan host buat foto dan video yang didirikan oleh Ludicorp setahun sebelumnya. Kemudian tanggal 20 Maret 2005, Yahoo mengambil alih Flickr itu. Flickr saat itu popularitasnya cukup bagus. Nilai akuisisi Yahoo terhadap Flickr besarnya mencapai 40 Juta Dollar Amerika hingga 50 Juta Dollar Amerika. Para pengguna Flickr dikumpulkan dan dihitung mencapai 112 juta orang di tahun 2015, sementara jumlah foto yang dibagikan mencapai angka 1 Juta.

Tahun 2007 . Investor Yahoo kecewa dengan kerja CEO Yahoo waktu itu karena pengelolaan keuangan yang dianggap buruk. Dibawah pimpinan Terry Semel, keuangan Yahoo memburuk. Bulan Juni, pendirinya mengambil alih kepemimpinan perusahaan dan Semel mengundurkan diri 2 tahun setelahnya. Semel digantikan oleh mantan Eksekutif dari Autodesk yaitu Carol Bartz. Lalu Jerry mengundurkan diri dari jajaran dewan direksi Yahoo serta memutus semua kontrak kerja dari perusahaan yang didirikannya sendiri tersebut pada 2012 setelah Bartz tidak menjabat CEO.

Tahun 2008 . Yahoo menolak lamaran dari perusahaan raksasa software Microsoft. Tawaran akuisisi tersebut pada akhirnya ditolak oleh Yahoo. Yahoo bahkan juga sempat mempertimbangkan pilihan merger dengan perusahaan lainnya, seperti dengan Google kompetitornya. Namun Yahoo akhirnya tetap menjalankan perusahaan secara mandiri.

Baca juga : Apa Itu Bandwidth?

Tahun 2012 . Yahoo merekrut mantan Presiden PayPal, Scott Thompson. Namun sayangnya, Thompson menjabat sebentar. Ia didepak dari Yahoo setelah ketahuan memalsukan gelar di resume yang diajukannya sebelumnya ke Yahoo. Waktu menjabat cuma 4 bulan saja. Ia lalu digantikan oleh mantan Vice President Google, Marissa Mayer.

Tahun 2016 . Keuangan Yahoo memburuk, bahkan Yahoo sampai melakukan PHK karyawan dalam jumlah besar. Di bulan Februari, setelah melaporkan keuangan bahwa Yahoo merugi 4,4 Miliar Dollar Amerika di kuartal terakhir, Yahoo mengumumkan pemotongan 15% tenaga kerjanya yaitu sekitar 1600 pegawainya.

Tahun 2017 . Verizon resmi membeli yahoo setelah sesi penawaran yang sangat panjang dengan berbagai perusahaan dan konsorsium. Operator komunikasi terkenal Verizon Communications yang membeli Yahoo dengan harga 4,83 Miliar Dollar Amerika (dalam Rupiah yaitu 63 Triliun). Verizon memiliki posisi kuat dan dihargai dalam membalikkan peruntungan bisnis internet Yahoo yang sudah terpuruk. Marissa akhirnya menyatakan ingin tetap menjabat sebagai CEO Yahoo di bawah kuasa Verizon.

Kelebihan Yahoo Mail

Kelebihan Yahoo Mail
Kelebihan Yahoo Mail

Yahoo Mail sebenarnya sudah muncul terlebih dahulu yaitu pada tahun 1997, dibanding dengan Gmail yang baru ada sekitar 4 tahun setelahnya. Beberapa kelebihan Yahoo Mail adalah seperti berikut:

  • Kamu tidak hanya bisa menggunakan Yahoo Mail untuk menerima dan mengirimkan email, namun juga dapat mengetahui berita atau info terbaru tanpa harus keluar dari Yahoo Mail. Tidak seperti Google yang harus keluar dahulu dari Gmail untuk mendapat info lainnya.
  • Kamu bisa mengunduh (download) berbagai jenis file yang dilampirkan (attachment) secara bersamaan, dan seluruhnya bisa langsung menjadi file yang sudah terkompresi dengan baik.
  • Saat kamu mengirimkan email dari Yahoo Mail, kamu bisa melampirkan data (file) hingga sebesar 25 MB.
  • Jika tiba-tiba komputer mati saat sedang menulis email, maka secara otomatis email yang telah kamu tulis bisa disimpan oleh fitur Draft, dan bisa juga dilanjutkan kembali penulisan emailnya saat komputer hidup kembali.
  • Fitur chatting yang dimiliki Yahoo dengan nama Yahoo Messenger atau YM sangatlah populer di kalangan pengguna internet.

Baca juga : Apa Itu iOS?

Cara Mendaftar Yahoo Mail Indonesia

Cara Mendaftar Yahoo Mail Indonesia
Cara Mendaftar Yahoo Mail Indonesia

Jika kamu belum memiliki akun Yahoo Mail, maka kamu mungkin tertarik untuk mendaftarkan diri pada Yahoo untuk bisa menggunakan email Yahoo Indonesia. Berikut ini adalah panduan langkah praktis:

  • Daftar Yahoo Mail Indonesia di Website
  • Untuk mendaftar, langkah pertama adalah kunjungi website resmi Yahoo Indonesia atau isi langsung form sign up Yahoo bahasa Indonesia seperti pada gambar berikut!
  • Jika sudah masuk ke alamat website tersebut, kamu tinggal isi data diri dan keterangan secara lengkap pada masing-masing kolom yang sudah ada.
  • Mengenai pemilihan alamat email di yahoo, kamu bebas ingin menggunakan alamat apa. Namun jika alamat email yang kamu masukkan ke kolom telah terpakai orang lain, maka Yahoo Mail akan memberi peringatan “alamat email tidak tersedia”. Dengan begitu, kamu harus menggantinya dengan alamat email lain.

Tips memilih alamat email:

Jika Anda pusing bolak-balik tidak tersedia untuk alamat email baru Anda di Yahoo, ada cara gampang mengatasinya! Gabungkan saja nama depan dan nama belakang Anda menjadi suatu alamat email. Ini memang cara mudah dan amannya. Jika nama Anda sayangnya familiar dan alamat email tetap terambil orang, silakan tambahkan digit angka, entah angka kelahiran atau angka keberuntungan Anda.

Baca juga : Apa Itu SSL?

Panduan Penggunaan Yahoo Mail

Panduan Penggunaan Yahoo Mail
Panduan Penggunaan Yahoo Mail

1. Cara Login

Yahoo Mail login bisa diakses melalui web di alamat https://login.yahoo.com/. Lalu, pengguna nya tinggal mengisi kolom alamat email dan kata sandi dan mengklik login.

2. Buat Akun

Sebelum login di Yahoo Mail, pengguna harus memiliki akun terlebih dahulu dengan sing up atau create account di alamat https://login.yahoo.com/account/create. Di sana, pengguna akan diminta untuk mengisi data berupa nama depan, nama belakang, alamat email yang diinginkan, nomor telepon, hingga tanggal lahir.

Setelah data tersebut lengkap, maka Yahoo Mail akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor telepon yang terdaftar sehingga pengguna dapat mengakses akun Yahoo Mail.

3. Jika Akun Bermasalah

Bila akun Yahoo Mail bermasalah, maka pengguna bisa memasukkan nomor telepon atau alamat email alternatif yang terdaftar. Kemudian, bila akun sudah dapat diakses, maka pengguna disarankan mengganti kata sandi yang lebih kuat.

Baca juga : Apa Itu Softaculous?

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu Yahoo Mail dan semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close