Teknologi

√ Top 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Android 2019

Perlu diketahui bahwa menguasai bahasa inggris pada saat ini adalah suatu keharusan dimana Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang mana diakui sebagai bahasa universal. Bahasa inggis dibutuhkan untuk melakukan banyak hal yang bertujuan untuk memperlancar ketika melakukan komunikasi dengan masyarakat seluruh dunia.

Saat ini banyak orang yang membuka kursus dimana menyediakan layanan belajar bahasa Inggris. Namun karena sebagian besar orang memiliki waktu yang terbatas, mereka tidak sempat untuk mendaftarkan diri ke tempat kursus tersebut. selain itu, yang menjadi alasan adalah mahalnya biaya kursus bahasa Inggris yang tentunya membuat banyak orang semakin malas untuk mengikuti kursus bahasa Inggris.

Saat ini dimana perkembangan teknologi semakin maju, belajar bahasa Inggris tidak harus melalui kursus belajar bahasa Inggris. Orang-orang dapat memanfaatkan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone yang diperuntukkan untuk  belajar bahasa inggris dengan mudah. Disamping tidak banyak mengeluarkan biaya, belajar bahasa Inggris melalui aplikasi tidak banyak memakan waktu. Oleh karena itu, di dalam artikel ini akan diulas 5 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik di Android. Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga : Aplikasi Edit Foto Android

 1. Duolingo – Belajar Inggris

√ Top 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik Android 2019
Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa inggris terbaik yang sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dan mendapatkan rating sebesar 4,7 di PlayStore. Aplikasi ini juga mendapatkan predikat Best of the Best tahun 2013 di google Play. Aplikasi Duolingo tidak hanya digunakan untuk belajar bahasa Inggris, di aplikasi ini juga mengajarkan 22 bahasa, salah satunya Spanyol dan Prancis. Penggunaan Duolingo sebagai media belajar merupakan cara terbaik untuk belajar bahasa inggris secara gratis di Android dimana cara belajar di dalam aplikasi ini ditentukan level seperti level pemula yang akan diajarkan kosakata baru, kata kerja, hingga berlatih sebuah kalimat. Aplikasi ini memberikan pelajaran seperti speaking, reading, listening dan writing. Aplikasi Duolingo memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya, diantaranya:

Kelebihan:

  • Belajar bahasa inggris secara bertahap sesuai dengan kemampuan
  • Setiap task yang ada memiliki beberapa tugas yang harus dikerjakan
  • Adanya fitur untuk mengkontruksi sebuah kalimat sederhana sehingga pengguna akan diajarkan cara membuat kalimat
  • Adanya fitur untuk berdiskusi untuk menanyakan sesuatu yang tidak dipahami
  • Pembelajarannya menggunakan gambar
  • Mendapatkan pengajaran tentang pengucapan bahasa Inggris dengan benar

Kekurangan:

  • Adanya latihan yang lebih banyak dalam mengartikan bahasa Perancis ke Bahasa Inggris
  • Harus menguasai bahasa inggris
  • Terjemahan otomatis dilakukan per kata
  • Pembelajaran bahasa terkait kosa kata yang ada di dalam bahasa yang sedang dipelajari tidak menyeluruh

Baca juga : Aplikasi Pemutar Musik Populer

2. Hello English

Hello English
Hello English

Hello English merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa inggris terbaik karena sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna dan mendapatkan rating sebesar 4,6 di PlayStore. Aplikasi Hello English menyediakan layanan belajar tata bahasa, kosakata, dan kemampuan bahasa Inggris langsung dari bahasa Indonesia dengan pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Aplikasi ini sebenarnya hampir mirip dengan Duolingo tetapi bedanya aplikasi ini harus terlebih dahulu memahami struktur dan kalimat bahasa inggris dasar.

Aplikasi ini pernah mendapatkan penghargaaan sebagai aplikasi terbaik 2016 oleh Google dan Aolikasi terinovatif oleh IAMAI. Pembelajaran dalam aplikasi Hello English seperti grammar, vocabulary, conversation, dan masih banyak lagi. Aplikasi Hello English memiliki beberapa kelebihan seperti:

Kelebihan:

  • Adanya fitur 475 pelajaran interaktif yang terdiri dari percakapan bahasa inggris, tata bahasa, kosa kata, game, berdiskusi dengan guru secara langsung, berlatih menggunakan berita, dan kamus 10.000 kata
  • Adanya layanan audio book untuk meningkatkan pembendaharaan kosa kata
  • Adanya gambar-gambar yang memudahkan dalam proses pembelajaran
  • Adanya sistem koin yang digunakan sebagai ranking untuk membandingkan kemajuan secara peringkat
  • Terdapat 22 bahasa di seluruh dunia
  • Adanya media chat dan konversasi

Baca juga : Aplikasi Chat Populer

3. Lingokids

Lingokids
Lingokids

Lingokid merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa inggris terbaik yang dapat diunduh secara gratis di PlayStore. Tercatat sudah lebih dari 5 juta pengguna aplikasi ini dan mendapatkan rating sebesar 4,5 di PlayStore. Aplikasi Lingokids dirancang khusus untuk anak-anak dan menawarkan cara belajar yang aman karena bebas dari iklan dan cara pembelajarannya mengacu pada pendidikan di Oxford. Kurikulum yang disusun di dalam aplikasi ini dirancang oleh ahli sekolah, tutor, dan guru yang berspesialisasi dalam prescholer dan pembelajaran awal anak-anak. Pelatihan yang diberikan dalam aplikasi ini dilakukan melalui hiburan yang dapat berupa video, terjemahan, lagu, dan menghafal permainan kosa kata dalam bahasa Inggris yang digunakan anak sekitar usia 2-8 tahun. Aplikasi ini pernah mendapatkan beberapa penghargaan dari PlayStore seperti The Lovie Awards Mom’s Choice Awards, dan National Parenting Publications Awards. Lingokids memiliki kelebihan dalam penggunaannya, seperti:

Kelebihan:

  • Menyediakan metode dalam  mendidik anak untuk belajar bahasa inggis
  • Memiliki tampilan interface warna-warni dan menarik untuk anak-anak
  • Konsep yang digunakan cukup menarik seperti anak-anak diajak menarik namun tetaap menggunakan bahasa inggris
  • Tersedia lebih dari 3.000 kata-kata sifat dan kata-kata kerja bahasa inggris terjemahan untuk dipelajari dan dihafalkan

Baca juga : Aplikasi Delivery Makanan Sehat

4. U-Dictionary

U-Dictionary
U-Dictionary

Aplikasi U-Dictionary  ini baru dirilis pada tanggal 18 Oktober 2018 dan bia digunakan secara gratis di semua smartphone termasuk Android. U-Dictionary merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik yang menyediakan kamus offline maupun online, fitur terjemahan baik melalui teks maupun foto, cara melafalkan bahasa inggris dengan aksen Inggris maupun Amerika. serta media belajar bahasa inggris dengan konten yang masih original. Tercatat sudah lebih dari 50 juta pengunduh dan mendapatkan rating sebesar 4,4 di PlayStore. Aplikasi ini juga mensupport 39 bahasa di seluruh dunia dan di versi terbarunya nanti akan ada 5 bahasa baru di dalam aplikasi ini. Aplikasi U-Dictionary memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya, diantaranya:

Kelebihan:

  • Memiliki kamus resmi Oxford dalam 12 bahasa
  • Memiliki fitur-fitur yang menarik dan dapat diakses secara offline seperti kamus 44 bahasa, Kamus Collins Advanced, Kamus WordNet, Kalimat Dwibahasa, Kalimat Contoh, Sinonim, Antonim, Frasa, dan lainnya
  • Dilengkapi dengan artikel bahasa Inggris, game, dan kuis yang dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris
  • Dapat digunakan untuk menerjemahkan antara dua bahasa dari 108 bahasa
  • Dapat digunakan baik online maupun offline
  • Dapat menginterpretasi simultan antara 49 aksen dan 35 bahasa
  • Menyediakan cara untuk pelafalan dengan beberapa aksen yang dikenal seperti aksen asli UK (British) dan US (Amerika)
  • Dapat menerjemahkan ucapan seseorang

Kekurangan

  • Banyak iklan yang mengganggu
  • Ada beberapa bahasa yang tidak terdownload secara otomatis
  • Masalah dalam menerjemahkan dengan menggunakan kamera

Baca juga : Aplikasi Tiket Bioskop Online

5. Memrise

Memrise
Memrise

Memrise merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa inggris terbaik yang menggunakan game untuk metode pembelajaran bahasa inggris. Tercatat sdah diunduh lebih dari 50 juta pengguna dan mendapatkan rating sebesar 4,4 di PlayStore. Cara pembelajaran di aplikasi ini adalah pengguna harus fokus dalam memahami kosakata bahasa inggris terlebih dahulu karena dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna akan mendapatkan puluhan kosakata baru per jam dan ada lebih dari 1.000 video yang dapat dipelajari. Aplikasi Memrise memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaannya, diantaranya:

Kelebihan:

  • Memiliki tampilan yang interaktif yang memperlihatkan pesawat terbang ruang angkasa
  • Berbasis komunitas dimana materi-materi akan selalu diupdate para komunitas yang tergabung
  • Proses pembelajaran cepat, menarik, dan menyenangkan
  • Memanfaatkan teknik meningkatkan memori yang memastikan akan selalu mengingat terkait pembelajaran yang diajarkan
  • Terdapat berbagai tes untuk memperkuat keterampilan bahasa inggris yang dimilili
  • Menyediakan 30 tingkat pembelajaran

Kekurangan:

  • Ukuran memang ringan, namun jika dipakai secara offline agak besar dan ribet karena harus mendownload satu persatu
  • Kurang lengkapnya kosa kata dalam bahasa indonesia

Demikian ulasan mengenai 5 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik di Android yang mungkin bisa kalian gunakan untuk belajar bahasa Inggris. Kalian bisa memilih salah satu atau juga bisa mendowload semua aplikasi-aplikasi yang sudah disebutkan di atas sesuai dengan kebutuhan belajar dan ruang penyimpanan memori smartphone kalian. Semoga bermanfaat!

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close