Teknologi

Aplikasi Google Meet, Cara Telekonferensi Terkini

Aplikasi Google Meet

Aplikasi Google Meet mungkin adalah salah satu aplikasi yang paling dicari saat ini, terutama dengan adanya WFH (Work from Home) sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan rapat atau meeting secara online dengan 30 orang sekaligus via video call dari tempat tinggal masing-masing.

Dengan penerapan kebijakan bekerja dari rumah ini, perusahaan-perusahaan memang harus memutar otak agar tetap bisa menjaga keberlangsungan bisnisnya. Dan dengan bantuan aplikasi ini, hal tersebut dipastikan tetap bisa dilakukan.

Lalu apa Kelebihan Aplikasi Google Meet yang bisa Anda manfaatkan?

1. Tampilan antarmuka (interface) Google Meet sangat ringan dan cepat

2. Pengelolaannya tidak sulit dan bisa diikuti hingga 30 peserta

3. Dirancang untuk semua jenis bisnis, sehingga Anda bisa berinteraksi secara langsung dari undangan email atau acara kalender

4. Detail acara yang Anda butuhkan sudah disediakan, tinggal bergabung dengan ruang conference aplikasi Google Meet dari ponsel atau Desktop.

5. Di dalam rapat online, sudah disediakan informasi Google Calendar secara langsung, sehingga para peserta dapat mengetahui lebih detail dan cepat tentang agendanya.

6. Kualitas suara dan video yang bagus dan jernih.

Baca Juga : Aplikasi skype, kelebihan dan Kekurangannya

Cara menggunakan Aplikasi Google Meet:

Aplikasi Google Meet

1. Install aplikasi

Sebagai langkah awal, tentu Anda perlu melakukan install aplikasi. Anda bisa meng-install aplikasi Google Meet ini dari komputer maupun smartphone Anda.

2. Login dengan akun Gmail

Sebelum Anda mengoperasikan aplikasi Google Meet, Anda harus login terlebih dahulu. Login bisa dilakukan dengan cara mendaftar menggunakan akun Gmail Anda.

Bila Anda memiliki beberapa akun, Anda bisa memilih salah satu saja, terutama yang paling sering digunakan untuk urusan pekerjaan atau bisnis. Setelah itu, Anda mulai bisa menggunakannya dengan klik tombol plus (+) yang ada di sisi kanan bawah layar.

3. Share ke teman

Setelah itu, Anda akan memperoleh tautan, nomor, dan PIN. Nomor dan PIN tersebut bisa Anda gunakan untuk mengundang atau share ke teman yang lain. Setelah itu, Anda bisa menghubungi teman Anda untuk melakukan video conference dengan cara menekan tombol “Share”.

4. Pilih media berbagi

Setelah selesai, Anda bisa menggunakan aplikasi Google Meet ini dengan cara mengirimkan pesan biasa ke orang lain yang ingin Anda temui. Anda bisa menambahkan pesan personal untuk menjelaskan maksud dari undangan tersebut. Kemudian, Anda bisa mengikuti setiap petunjuk yang akan muncul di layar.

Satu hal lagi yang perlu diketahui, adalah bahwa aplikasi Google Meet terintegrasi dengan G Suite. Sehingga, jika Anda ingin membuat undangan pertemuan, Anda harus membuat akun di G Suite terlebih dahulu. Anda akan diminta untuk memasukkan informasi seperti nama bisnis, jumlah karyawan, dan mengisi data diri untuk menjadi admin.

Setelah itu, Anda bisa mengikuti alur pendaftarannya dengan mudah, yang kemudian memungkinkan Anda untuk memiliki akses ke email bisnis, konferensi video, penyimpanan online, dan alat bisnis lainnya. Layanan G Suite memberikan uji coba (trial) gratis selama 14 hari.

Baca Juga : Aplikasi ZOOM berbahaya Begini Tips dan Trik Agar Lebih Aman

5. Klik “Join Now” untuk membuat ruang meeting virtual

Anda harus menuliskan kode rapat atau judul dari meeting supaya tidak membingungkan partisipan. Website akan meminta izin kepada Anda untuk mengakses mikrofon dan kamera.

Demikian tadi adalah penjelasan lebih jauh mengenai Aplikasi Google Meet yang bisa memudahkan Anda untuk tetap bisa bekerja dari rumah di tengah pandemi saat ini.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close