aplikasi

Aplikasi Pinterest untuk Koleksi Gambar Favoritmu

Aplikasi Pinterest dikembangkan pertama kali pada Desember 2009, dan merupakan platform media sosial yang berbasis di California, Amerika Serikat. Saat ini, tak dapat dipungkiri bahwa media sosial seperti menjadi kebutuhan hidup masyarakat era digital. Selain digunakan untuk berkomunikasi, media sosial faktanya juga menjadi wadah untuk mengekspresikan eksitensi diri.

aplikasi Pinterest

Menurut data statistik We are Social, pengguna Pinterest di Indonesia sendiri mencapai 4 juta orang. Jumlah tersebut sebenarnya cukup jauh di bawah Youtube, Facebook, maupun Instagram. Rupanya, masih banyak yang kurang tahu tentang Pinterest meskipun sudah sering mendengarnya. Jika Anda termasuk salah satunya, informasi di bawah ini akan membantu Anda untuk mengetahui lebih jelas tentang Aplikasi Pinterest.

Apa itu Aplikasi Pinterest ?

Secara umum, Pinterest merupakan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengoleksi dan share gambar-gambar melalui fitur “pin” atau membuatnya ke dalam album khusus dengan “board”. Gambar atau foto yang Anda bisa koleksi tidak terbatas pada yang diunggah milik sendiri saja, namun juga yang berasal dari pengguna lain atau website tertentu.

Baca Juga : Aplikasi Sticker Maker, Cara Menggunakan dan Tipsnya

Pinterest juga termasuk jejaring sosial. Pengguna dapat berinteraksi dengan yang lain melalui fitur like, komentar, saling menyimpan gambar satu sama lain, dan mengirim pesan pribadi. Biasanya, gambar-gambar yang ada di Pinterest dibagi ke dalam kategori-kategori tertentu, seperti food, home decorations, design, art, lifestyle,dan masih banyak lagi, sehingga memudahkan Anda untuk mencari gambar yang diinginkan.

Apa saja Fitur-Fitur di Pinterest ?

  • Mengoleksi dan Membagikan Gambar

Merupakan fitur utama dari aplikasi Pinterest yang disebut dengan “pin”. Gambar-gambar yang diunggah sendiri maupun yang disimpan dari pengguna lain dalam berbagai katergori tersebut, kemudian disebut dengan “board”.

  • Mengirim Pesan

Fitur ini hampir sama dengan fitur pengirim pesan yang ada di Instagram atau Facebook.

  • Mengikuti Teman

Aplikasi Pinterest juga memiliki fitur untuk follow pengguna lain. Namun ada sedikit perbedaan, di mana jika di Pinterest, Anda bisa mengikuti board tertentu saja tanpa mengikuti pemiliknya juga. Dan jika Anda follow seorangpengguna, maka secara otomatis Anda akan mengikuti semua Board yang ia miliki.

  • Menyukai Postingan

Mirip dengan Instagram, Pinterest juga memiliki fitur “like” berupa tombol hati yang digunakan untuk menandai bahwa Anda menyukai postingan gambar tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan Pinterest ?

Aplikasi Pinterest
  • Install Pinterest

Sama seperti aplikasi lainnya, Anda harus mengunduhnya dari Play Store atau App Store agar bisa menggunakannya. Aplikasi Pinterest ini tersedia di kedua platform tersebut dan bisa diunduh secara gratis.

  • Buat Akun

Jika Anda belum memiliki akun, Anda akan dipandu untuk sign up terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa memilih kategori gambar apa saja yang disukai. Hal ini bertujuan supaya algortima Pinterest dapat dengan mudah merekomendasikan jenis gambar yang Anda suka.

Baca Juga : Aplikasi Spotify, Tips yang Perlu Anda Ketahui

  • Mulai Pin dan buat Board!

Pilih “create pin” jika gambar ada di komputer, dan Anda bisa memilih opsi upload atau unggah. Dan jika pin yang Anda inginkan ada di website, copy dan paste URL sehingga Anda bisa mendapatkan gambar spesifik yang ingin dijadikan pin.

Pilih “create board” untuk membuat board-board yang berbeda berdasarkan kategori gambar yang Anda miliki, dan untuk membuat pin terorganisir. Anda juga bisa mengubah privasi board menjadi “secret”, yang artinya hanya Anda yang bisa melihat.

Demikian tadi adalah penjelasan mengenai aplikasi Pinterest. Semoga artikel di atas bisa membantu Anda untuk lebih memahami Pinterest dan bisa menggunakannya sesuai kebutuhan.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close