Aplikasi Signal Menjadi Pesaing WhatsApp

Elon Musk, baru-baru ini menyarankan aplikasi Signal kepada para followers-nya di Twitter. Melihat dari fitur mungkin tidak ada perbedaan yang mencolok antara kedua aplikasi ini, namun apabila lebih detail lagi maka kita akan merasakan perbedaan tersebut sewaktu menggunakannya. Selengkapnya akan kami beri penjelasannya berikut ini.

Apa itu Signal?

Jadi signal merupakan aplikasi perpesanan sebagaimana WhatsApp. Aplikasi ini dapat diunduh di platform Android maupun iOS dan tersedia pula untuk versi desktop. Seperti WhatsApp, Signal juga dapat digunakan secara gratis dan terenkripsi.

Berbeda dengan WhatsApp, Signal dikembangkan dengan model swadaya, di mana pengguna bisa menjadi donatur untuk Signal Foundation yang menyebut ingin mengembangkan layanan komunikasi yang mengutamakan privasi. Aplikasi ini disebut-sebut tidak menyimpan data penggunanya sama sekali.

Bagaimana Sistem Keamanan Signal?

Dalam laman kebijakan privasinya, aplikasi signal mengklaim bahwa mereka telah menggunakan enkripsi ujung ke ujung (end-to-end encryption) dan sistem keamanan yang lebih modern. Semua pesan dan panggilan yang dilakukan setiap pengguna akan dienkripsi sepenuhnya.

Tidak hanya pesan, namun informasi pengguna, termasuk nomor yang digunakan untuk registrasi, profil, serta foto profil juga akan dienkripsi. Bahkan pada 2018 lalu, Signal telah memperkenalkan Sealed Sender, yaitu fitur privasi mutakhir yang akan menyembunyikan siapa pengirim pesan dan siapa penerimanya. Tentu saja fitur ini akan semakin melindungi metadata pengguna di sistem back-end.

Signal VS Whatsapp

Mana yang lebih baik dari kedua aplikasi ini? pertanyaan ini pasti muncul ketika kamu ingin beralih dari aplikasi lama anda ke aplikasi baru ini. Bagi kamu yang ingin melihat perbedaan antara Signal dan WhatsApp ini, maka kamu bisa melihatnya seperti berikut:

Menghapus Otomatis

Pada kedua aplkasi ini memiliki sebuah pengaturan penghapusan pesan secara otomatis, akan tetapi yang membedakan ialah durasi. Dalam aplikasi signal kita bisa setting hapus otomatis mulai dari 5 detik, sedangkan untuk whatsapp dimulai dari 7 hari.

Menyimpan Data

Inilah yang menjadi alasan mengapa pengguna Whatsapp beralih ke aplikasi signal yang sedang trending ini. Signal tidak menyimpan data lewat akun yang kalian buat, baik itu nomor, data pribadi dan lainnya. Sehingga tidak salah direkomendasikan banyak orang.

Mengirim Pesan Secara Private

Kita bisa mengirim pesan secara private kepada pengguna lainnya. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kalau aplikasi anda disadap dan juga sebagainya. Kedua aplikasi sama-sama menggunakan End- to-end enkripsi, namun yang membedakannya ialah whatsapp masih menyimpan data untuk waktu yang cukup lama.

Baca Juga : Cara Sadap Menggunakan Spy SMS WhatsApp

Cara Download Signal

aplikasi signal

Untuk dapat mencoba aplikasi ini, maka kamu bisa mengunduhnya lewat app store resmi smartphone. Selain itu kamu juga bisa mengunduhnya langsung lewat website mereka yaitu signal.org. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir file yang kamu unduh tersisipi oleh virus. Sedangkan untuk cara menggunakannya maka kamu bisa simak seperti berikut.

Cara Menggunakan Aplikasi Signal

Kamu akan mudah beradaptasi dengan aplikasi ini, karena secara fitur tidak beda jauh dengan Whatsapp. Untuk dapat memulai aplikasi ini dan menggunakannya kamu bisa lakukan beberapa langkah seperti dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Bug Vektor FF Paling Ampuh

  • Pertama kamu bisa langsung buka aplikasi tersebut.
  • Selanjutnya kamu masukan nomor yang ingin untuk pendaftaran.
  • Kamu akan menerima sebuah kode verifikasi
  • Masukan nama yang ingin kamu gunakan
  • Setelah masuk aplikasi kamu bisa ijinkan
  • Signal sebagai aplikasi chat sms
  • Undang teman agar kamu bisa chat dengan menggunakan aplikasi ini

Dengan alasan keamanan, apakah kamu tertarik untuk mencoba dan beralih ke aplikasi Signal? Aplikasi tersebut dapat kamu unduh secara gratis di Play Store (Android), atau di App Store (iOS).

You May Also Like

About the Author: Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *