aplikasi

Aplikasi ZOOM berbahaya Begini Tips dan Trik Agar Lebih Aman

Kebijakan bekerja dari rumah ataupun social distancing yang membuat masyarakat harus menjaga jarak juga berimbas pada kebijakan berkumpul atau kegiatan rapat-rapat. Untuk mensiasatinya, saat ini para pekerja bisa menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting sebagai media untuk telekonferensi. Meskipun saat ini berhembus kabar jika aplikasi zoom berbahaya.

Hal ini dikarenakan, banyak pakar mengemukan jika aplikasi zoom berbahaya yang disebabkan karena aplikasi ini bisa mengambil privasi data pribadi melalui wajah. Data dari wajah tersebut kemudian akan dimanfaatkan hacker dalam berbagai kesempatan. Biometrik wajah ini dipindai lalu digunakan untuk membuka aneka perangkat.

Selain itu, saat ini juga ada istilah zoombombing dimana banyak pengguna liar yang kemudian menggangu dengan ikut dalam telekonferensi tersebut. Biasanya akan memunculkan gambar-gambar lain dan tidak senonoh untuk mengganggu proses rapat tersebut.

Akan tetapi tak perlu panik, sebab beberapa hal yang membahayakan tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara berikut ini.

Gunakan Password

Bagi pengguna yang akan menggunakan aplikasi ini untuk keperluan telekonferen bisa memulai ruang untuk rapat dengan menambahkan password. Pasword ini menjadi pengaman karena hanya orang yang memiliki password saja yang bisa bergabung dengan ruang rapat daring ini.

aplikasi zoom berbahaya Jangan Gunakan Meeting ID Personal

aplikasi zoom berbahaya ketika meeting ID dan password bisa tersebar secara luas. Selain itu, bagi pengguna yang akan membuat room baru, sebaiknya menggunakan ID yang unik dan sebisa mungkin nama yang tidak akan tertebak oleh hacker.

Matikan Fitur Transfer File

Bukan hanya digunakan untuk video telekonferensi saja, tetapi aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membagikan data. Tetapi, mengingat aplikasi zoom berbahaya sebaiknya fitur ini dimatikan jika tidak ada kesepakatan dari para peserta untuk membagikan file atau dokumen.

Cara mematikannya bisa melalui menu Personal kemudian klik Meeting dan pilih “In Meeting”. Cara ini berguna untuk mencegah aneka penyebaran malware dan juga virus yang akan mengancam data-data penting.

Baca Juga : Aplikasi Hotspot Shield Pengakses virtual private Network

Matikan Fitur Transfer File

Permasalahan yang timbul pada aplikasi ini saat ini juga adanya pihak lain yang tidak berkepentingan mencoba mensusup pada telekonferensi yang akan dilaksanakan. Demi untuk kenyamanan dan juga keamanan bisa memanfaatkan fitur ‘waiting room’ yang ada pada aplikasi ini.

aplikasi zoom berbahaya tidak akan menjadi bahaya karena Anda bisa menyeleksi siapa yang akan ikut dan ingin bergabung pada konferensi yang Anda buat tersebut. Caranya adalah dengan meng klik Accoung Management kemudian Account Setting lalu pilih Meeting dan pilih aktifkan Waiting Room.

Aktifkan Fitur Lock Out

Selain fitur diatas, Zoom juga memiliki fitur Lock Out. Fitur ini mencegah adanya partisipan lain yang akan mengikuti rapat tersebut padahal sebenarnya bukanlah bagian dari peserta. Tetapi ada kelemahan dalam fitur ini yaitu jika ada peserta yang keluar maka akan sulit untuk bisa bergabung lagi di meeting room yang sama.

aplikasi zoom berbahaya
aplikasi zoom berbahaya

Ganti Background

Mungkin hal ini juga sering dilupakan sebagai salah satu cara untuk mencegah aplikasi zoom berbahaya. Hacker akan melakukan apapun dan menggali informasi apapun untuk memanfaatkan data sebaik mungkin, bahkan termasuk background yang Anda jadikan sebagai background untuk ruang komunikasi.

Oleh karena itulah, sebaiknya buatlah background yang kosong atau selalu background supaya tidak dikenal secara detail tempat tinggal atau kantor Anda. Berbagai cara tersebut bisa menjadi andalan untuk menghindari aplikasi zoom berbahaya.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close