umum

Arti Lambang Pancasila : Simbol Simbol Pancasila

Sebenarnya, apa simbol dan artinya Pancasila? Sebelum membahas makna simbol Garuda Pancasila, lebih baik bagi kita untuk terlebih dahulu memahami apa arti Pancasila itu sendiri.

Memahami Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia, yang merupakan dasar dari semua keputusan nasional dan mencerminkan kepribadian dari bangsa Indonesia. Kata lainnya bahwa pancasila merupakan sebuah dasar untuk mengatur pemerintah Indonesia, yang memprioritaskan semua komponen di semua wilayah Indonesia.

Dalam Etimologi, kata “Pancasila” sendiri berasal dari bahasa Sanskerta India (kasta Brahmana), yaitu, kata “Panca”, yang berarti Lima, dan “Sila”, yang berarti dasar. Jadi, makna Pancasila secara harfiah adalah Lima dasar.

Pancasila diprakarsai oleh para pendiri bangsa Indonesia sehingga kita memiliki dasar yang kuat dalam berfungsinya pemerintahan. Artinya, dengan adanya Pancasila, Indonesia memiliki pondasi atau dasar dalam negara sehingga bangsa lain tidak mudah memengaruhi dan menjajahnya.

Baca ini juga : Pengertian Pancasila

Adapun memang dasar negara Indonesia dilambangkan oleh Garuda, di mana ada gambar bintang, rantai, pohon beringain, kepala banteng, beras dan kapas, yang mencerminkan makna dari 5 prinsip Pancasila. Jadi simbol negara Indonesia ini disebut Garuda Pancasila.

Arti Lambang Pancasila : Simbol Simbol Pancasila

Pancasila ada di perisai dada burung Garuda. Setiap prinsip Pancasila diilustrasikan dengan simbol:

  • bintang
  • rantai
  • Pohon Beringin
  • Kepala banteng
  • Padi dan kapas

Untuk lebih memahami makna dari dasar Pancasila, artikel ini juga tentunya akan mencoba membahas setiap prinsip dalam Pancasila.

lambang pancasila
Pancasila

Arti simbol Pancasila, Sila 1

Kedengarannya Sila pertama dari Pancasila adalah ketuhanan yang maha esa. Simbol pertama dari Pancasila sila digambarkan sebagai bintang yang memiliki lima sudut.

Gambar-gambar bintang dalam simbol sila pertama Pancasila memiliki makna sebagai cahaya, yaitu cahaya spiritual yang dipancarkan oleh Tuhan pada umat manusia. Simbol Pancasila yang berbentuk bintang juga diartikan sebagai cahaya yang menerangi lima konsep dasar bangsa (Pembukaan paragraf 4 UUD 1945), Sifat Negara lima (Pembukaan paragraf 2 UUD 1945) dan lima tujuan negara (Pembukaan paragraf 4 UUD 1945)

Warna hitam di bagian bawah bintang melambangkan warna alam. Warna latar belakang juga bisa diartikan bahwa berkat rahmat Tuhan adalah sumber dari segala yang terdapat di dunia ini.

Arti simbol Pancasila, sila 2

Adanya bunyi ajaran kedua Pancasila adalah kemanusiaan yang adil dan beradab. Simbol Pancasila dari sila kedua diilustrasikan oleh rantai emas bundar dan bujur sangkar yang saling terkait membentuk lingkaran.

Rantai persegi panjang adalah simbol maskulin, sedangkan rantai bulat melambangkan wanita. Tautan yang saling terkait dalam simbol melambangkan hubungan masing-masing manusia, di mana pria dan wanita saling membutuhkan dan harus bersatu untuk menjadi kuat sebagai rantai.

Dengan kata lain, makna simbol Pancasila adalah hubungan antara individu-individu dalam masyarakat Indonesia (baik pria maupun wanita) yang dilakukan secara adil dan beradab sehingga hubungan masyarakat secara umum diperkuat.

Arti simbol Pancasila, sila ketiga

Bunyi Sila Pancasila ketiga adalah persatuan Indonesia. Simbol ketiga dari Pancasila sila digambarkan sebagai pohon beringin yang mempunyai akar dan sulur. Simbol pohon Beringin ini di sini berarti bahwa Pancasila adalah tempat perlindungan bagi semua orang Indonesia untuk merasa aman dan nyaman, meskipun ada banyak perbedaan antara kelompok etnis.

Sulur dan akar yang terdapat pada gambar pohon Beringin adalah lembang dari keanekaragaman kelompok etnis di Indonesia. Dengan kata lain, makna simbol ketiga sila Pancasila adalah keragaman kelompok etnis di Indonesia yang bersatu dan berlindung di bawah naungan Pancasila.

Arti simbol Pancasila, sila keempat

Suara Sila Pancasila ke-4 ialah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Sila ke-4 ini dilambangkan dengan sebuah gambar Kepala Banteng. Banteng ini sendiri dikenal sebagai makhluk dengan semangat sosial dan suka bertemu satu sama lain sehingga kelompok Banteng akan memperkuat dan menghindari hewan predator/pemangsa.

Simbol Kepala Banteng dalam prinsip Pancasila ke-4 berarti bahwa masyarakat Indonesia adalah makhluk sosial yang suka bertemu dan berdiskusi untuk mencapai konsensus dan membuat keputusan. Dengan kata lain, semua keputusan yang diambil adalah hasil musyawarah dan mufakat bersama.

Arti simbol Pancasila, Sila 5

Suara kelima Sila Pancasila adalah Keadilan Sosial untuk seluruh rakyat Indonesia. Sila kelima ini dilambangkan dengan gambar beras dan kapas. Simbol padi dan kapas dalam sila kelima mewakili kebutuhan dasar semua manusia untuk kehidupan, yaitu kebutuhan akan makanan dan pakaian.

Kebutuhan makanan dan pakaian orang-orang yang puas adalah syarat utama bagi suatu negara untuk mencapai kesejahteraan. Inilah tujuan prinsip kelima Pancasila.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang simbol lambang Pancasila dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda serta sebagai bahan ajar baik ketika sekolah ataupun ketika kuliah.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close