Inspirasi Hidup

Baju Adat Pernikahan Indonesia Kenali Ragam Adat Istiadat

baju adat pernikahan Indonesia Siapa yang yidak kenal dengan Indonesia? Negara beribu kepulauan yang dikenal dengan sebutan negara maritim ini ternyata mempunya sejumlah kebudayaan yang melimpah. Banyak sekali, mulai dari bahasa daerah, adat istiadat, pakaian adat pernikahan Indonesia, budaya setempat, serta suku bangsanya.

Baca Juga : Tips Memilih Kamera Untuk Youtuber Bisa Jadi Rekomendasi

Tentu bangga sekali menjadi warga negara dengan keanekaragaman suku dan budayanya, bukan? Nah! Kiranya, pasti setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri. Tanpa terkecuali dalam hal berpakaiannya. Maka, untik menambah pengwtahuan anda, kali ini kita akan bahas mengenai pakaian pernikahan yang masuk adat daerah Indonesia.

Kenalan Dengan Pakaian Adat Pernikahan Indonesia

Pakaian Adat Jawa Tengah

pakaian adat pernikahan Indonesia

Jawa Tengah adalah provinsi yang merupakan bagian dari pulau jawa. Di mana pulau Jawa adalah daerah dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, Jawa Tengah sendiri yang menjadi bagian daerah dari Indonesia memiliki satu baju adat ht yang cukup terkenal.

Salah satu pakaian adat yang cukup terkenal adalah kebaya. Siapa sangka jika kebaya telah menjadi pakaian tradhisional adat Jawa Tengah sejak dulu kala? Pakaian adat yang juga bisa menjadi pakaian adat pernikahan Indonesia ini ternyata sangat unik sekali.

Di mana pakaian laki-lakinya disebut sebagai beskap dan memakai tudung kepala yang disebut blangkon, sedangkan pakaian wanitanya disebut sebagai kebaya serta tidak lepas dari jarit batik pada bagian bawahnya. Dewasa ini sejumlah pakaian adat tradhisional ini telah berkembang mengikuti perkembangan zaman.

Baik dari segi model, desain hingga kombinasi yang mewakili. Pakaian adat Jawa Tengah yang satu ini tidak hanya digunakan pada acara-acara pernikahan saja, melainkan juga biasa digunakan pada acara-acara tertentu, seperti acara perpisahan sekolah, acara upacara adat, dan lain sebagainya.

Pakaian Adat Batak

Baju Adat Pernikahan Indonesia

Indonesia memang kaya akan budaya. Maka, anda tidak hanya mengenal pakaian adat pernikahan Indonesia dari provinsi Jawa Tengah saja, melainkan juga mengenal pakaian adat pernikahan yang berasal dari Batak. Pakaian adat Batak ini memiliki ciri khas tersendiri terutama di bagian ikat kepalanya.

Coba anda perhatikan gambar di atas! Ikat kepala pada pakaian pernikahan adat batak memang selalu khas dengan ikat kepalanya. Okat kepala tersebut bernama sortali. Umumnya, sortali yang dikenakan berwarna merah atau kuning cobdong warna emas.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika anda menggunakan pakaian adat ini kemudian memilih sortali dengan warna lain. Biasanya, sortali ini dikenakan paling khas sesuai padu padan warna kebaya mempelai wanitanya. Maka akan tampak serasi sekali dalam acara pernikahan kedua mempelai.

Pakaian Adat Bugis

Anda berasal dari Bugis? Ingin melangsungkan acara pernikahan dengan menggunakan pakaian adat daerah kebanggaan? Baju bodo bisa jadi incaran! Ya, baju bodo adalah baju adat pernikahan yang biasa digunakan oleh warga bugis untuk melangsungkan acara mempersatukan kedua mempelai dengan begitu sakral.

Namun, tahukah anda? Kabarnya baju bodo ini termasuk ke dalam pakaian adat yang paling tua di dunia loh! Bagaimana? Tentunya menjadi bagian dari negara kepemilikan Indonesia ini sangat bangga sekali, bukan? Baju bodo yang identik dengan lengan pendek ini sebenarnya memiliki sisi unik tersendiri, yakni bentuk lengannya yang segi empat.

Bukan hanya itu saja, lumrahnya baju bodo memiliki warna senada dengan warna-warna daun. Namun, sesuai dengan perkembangan zaman baju bodo tidak lagi hanya memilikk satu warna saja, melainkan telah memiliki kombinasi beragam. Dan uniknya, setiap baju bodo dengan warna-warna tertwntu yang anda gunakan ada artinya tersendiri.

Baca Juga : Tidak Dapat Mengakses Situs? Kenali Cara Membuka Situs Diblokir

Seperti halnya jika anda memilih warna baju bodo merah tentu saja hal ini melambangkan keberanian. Namun apabila anda menghadiri acara pemberkatan, gunakanlah baju bodo dengan warna putih. Warna putih ini selain memiliki arti damai, juga memiliki arti lain yang berupa kesucian. Bahkan anda pun dapat memilih warna kuning keemasan sebagai lambang ceria.

Bagaimana? Pada acara pernikahan anda, kiranya akan menggunakan pakaian adat pernikahan Indonesia dari daerah mana?

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close