Olahraga

Begini Cara Olahraga saat Puasa yang Baik dan Benar

Melakukan olahraga saat puasa mungkin sudah biasa dilakukan oleh sebagian orang. Meskipun ibadah puasa mewajibkan umat Islam untuk tidak makan dan minum selama 13 jam dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, faktanya banyak yang masih melakukan rutinitas olahraga tanpa gangguan.

olahraga saat puasa

Bahkan, berolahraga saat puasa ini memang sangat dianjurkan oleh ahli, yaitu untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bagi Anda yang ingin memulai kegiatan olahraga saat berpuasa, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukannya.

Seperti yang diketahui, dalam kondisi berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman sehingga rawan mengalami dehidrasi dan kelelahan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan jenis olahraga yang dilakukan, tips-tips yang baik, dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berolahraga selama puasa.

Jenis-Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Puasa

1. Jalan kaki, jalan cepat, atau treadmill ringan

Anda bisa jalan santai keliling kompleks sambil ngabuburit dan menikmati suasana, atau meningkatkan levelnya menjadi jalan cepat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan treadmill dengan intensitas yang ringan.

2. Jogging

Merupakan olahraga saat puasa yang paling sering dilakukan. Lakukan dengan intensitas ringan atau sedang saja agar tidak dehidrasi.

Baca Juga : Aplikasi Spotify, Tips yang Perlu Anda Ketahui

3. Yoga

Yoga merupakan saah satu olahraga saat puasa yang sangat dianjurkan. Sebab selain membuat pikiran tenang, yoga dapat mempercepat proses detoksifikasi dalam tubuh. Pilihlah gerakan-gerakan yoga yang ringan dan tidak menguras tenaga.

4. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi alternatif lain yang baik karena jika dilakukan kurang dari 45 menit, bisa membakar sekitar 300 kalori untuk perempuan dan 350 kalori untuk pria.

Tips-Tips olahraga saat Puasa

1. Perhatikan waktu olahraga

Waktu olahraga yang dianjurkan diantaranya adalah setelah sahur, sesaat sebelum berbuka, dan setelah berbuka. Sebelum berbuka, sebaiknya olahraga dilakukan kurang dari 60 menit agar tidak dehidrasi. Dan beri jeda setidaknya 2 jam setelah makan.

2. Lakukan olahraga yang disarankan saat berpuasa

Anda bisa melakukan alternatif olahraga saat puasa seperti yang disebutkan di atas.

3. Makan makanan dengan gizi seimbang

Baca Juga : Pengertian Mudik, Samakah dengan Pulang Kampung?

4. Perbanyak minum saat berbuka dan sahur, 1,5-2 liter per hari

5. Jaga kualitas dan durasi tidur, yakni 7-9 jam per hari

Kesalahan yang Tidak Boleh Dilakukan jika Ingin Olahraga saat Puasa

1. Makan dengan jumlah banyak saat berbuka puasa

Semakin banyak makanan yang dikonsumsi, akan semakin lama pula waktu yang diperlukan tubuh untuk mencerna. Anda tidak bisa melakukan olahraga 30-60 menit setelah mengonsumsi porsi besar karena bisa sakit atau terjadi kram.

2. Tidak sahur

Melewatkan sahur juga tidak disarankan, sebab itu sama saja tubuh berpuasa selama lebih dari 13 jam. Jika tidak sahur dan tetap memaksa berolahraga, Anda bisa merasa pusing dan lemas.

3. Intensitas olahraga yang kurang tepat

Olahraga dengan intensitas tinggi ketika berpuasa justru bisa menurunkan daya tahan tubuh. Anda pun tidak disarankan melakukan olahraga dengan intensitas yang sama dengan hari normal biasanya. Berolahraga di saat puasa yang disarankan adalah olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang, dengan durasi pendek atau sekitar 30 sampai 45 menit.

Nah, itu tadi adalah penjelasan lebih jauh tentang olahraga saat puasa. Berolahraga merupakan aktivitas yang bisa menjaga kebugaran tubuh. Namun Anda tetap harus memperhatikan hal-hal di atas agar tenaga tidak terforsir dan malah membuat jatuh sakit. Semoga informasi di atas membantu!

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close