umum

Bersiap Dengan Keperluan Sekolah di Era New Normal

2020 menjadi awal yang mengejutkan bagi dunia, khususnya Insonesia. Setelah melewati masa tahun baru dengan diguyur hujan dan banjir, Indonesia beserta dunia turut prihatin dengan penyebaran virus corona. Dan setelah melewati masa-masa tersulit ini, kita akan memasuki era new normal, khususnya sekolah di era new normal.

Baca Juga : 5 Game Edukasi untuk Anak Permainan Terbaik

Memasuki masa pemulihan setelah era pandemi, Indonesia kembali membuka segala bentuk kegiatan secara perlahan. Mulai dari tempat-tempat pendidikan, wisata, dan mashid-masjid pun kembali menggelar sholat jumat. Namun, tahukah anda bahwa memasuki era new normal ada banyak hal yang perlu diperhatikan?

Siapkan Diri untuk Sekolah di Era New Normal

Berikan Pengetahuan Tentang Corona

Sekolah di era new normal adalah program pendidikan yang mulai dibuka setelah masa pandemi virus selama beberapa bulan lamanya. Namun, meskipun kegiatan mulai dibuka seolah sudah berjalan seperti sebelum ada virus corona, anda harus ketahui tentang virus corona.

Di mana, bahwa virus corona belum sepenuhnya mereda meski era new normal telah dibuka. Maka, memasuka masa-masa sekolah pun sebenarnya tidak semua sekolah dibuka. Seperti halnya sekolah-sekolah di zona merah tetap melaksanakan pembelajaran secara daring, sementara di zona hijau sekolah dibuka secara bertahap.

Siapkan Segala Sesuatunya

Staff members check students’ body temperatures upon their arrival at Jakarta Nanyang School in Serpong on the outskirts of Jakarta, Indonesia, Tuesday, March 3, 2020. Indonesia confirmed its first cases of the coronavirus Monday in two people who contracted the illness from a foreign traveler. (AP Photo/Tatan Syuflana)

Memasuki era new normal, setelah kita tahu bahwa segalanya belum begitu normal karena dikhawatirkan akan ada penyebaran virus kembali, maka anda memang harus siap hadapi era new normal ini. Khususnya siswa yang akan bersekolah di masa era new normal.

Adalah tugas guru dan orang tua harus berperan aktif mengingatkan putra-putri mereka untuk mengenakan masker dan kalau perlu face ahield saat keluar rumah, mencuci tangan sesering mungkin setelah berkegiatan di luar rumah, serta tetap menjaga daya tahan tubuh.

Tidak Perlu Panik

Tahukah anda, meski virus corona begitu mudah menyerang kesehatan manusia, anda tidak akan terserang virus ini selama daya kekebalan tubuhnya baik? Namun, anda juga perlu ketahui bahwa daya kekebalan tubuh dijaga dari ketidak panikan. Panik akan membuat anda khawatir, serta semakin memudahkan menurunkan daya tahan tubuh.

Dengan tidak panik, sistem kekebalan tubuh anda akan terjaga. Namun, anda juga harus tahu bahwa untuk tidak terkena virus corona pun ada beberapa upaya yang harus dilakukan. Seperti halnya mengenakan hand sanitizer, mengenakan masker, mengenakan sarung tangan, mengenakan face shield, dan lain sebagainya.

Jaga Jarak

Sekolah di era new normal bisa dibilang tidak semudah sekolah sebwlum terjadinya virus corona. Maka dari itu, ada sejumlah peraturan yang perlu diperhatikan. Seperti halnya, anda harus menhaga jarak untuk berinteraksi dengan orang lain untuk mengantisipasi penularan virus corona berlebih.

Meski sudah memasuki era new normal, anda perlu garis bawahi di sini bahwa virus tidak sepenuhnya hilang. Maka dari itu, segala upaya untuk pencegahannya pun dapat anda lakukan melalui sejumlah protokol kesehatan. Mengenakan masker dan selalu mencuci tangan sesering mungkin itu penting.

Olahraga

Kabarnya, virus corona akan mati ketika kena panas dalam waktu 2 jam. Adalah usaha bagus ketika anda menjaga tubuh untuk berolahraga. Bukan hanya itu saja, olahraga yang membuat tubuh menjadi sehat ini dalam masa corona lebih cebderung ke terkena sinar matahari supaya anda tidak terus-terusan berdiam diri.

Baca Juga : Game untuk Anak Terbaik Bisa Hilangkan Bosan Saat Dirumah

Di antara olahraga yang sedang populer di masa corona adalah olahraga sepeda. Anda bisa bersepeda mengitari perkampungan atau taman. Namun, meski anda berolahraga menggunakan sepeda, protokol kesehatan seperti halnya penggunaan masler dan hand sanitizer juga masih jadi perhatian.

Itulah beberapa kiat hadapi sekolah di era new normal. Sudah siapkah anda untuk menyambut dunia pendidikan?

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close