Bisnis Fotocopy Masihkah Menjanjikan?

Novriadi.com – Sebelumnya, bisnis fotocopy tentu saja menjanjikan karena masih banyak orang yang membutuhkan fotocopy dokumen, printing file, atau mencetak undangan. Orang-orang mendalami bisnis fotocopy karena menghasilkan keuntungan yang sangat besar dalam waktu yang cukup singkat. Namun pada saat ini, apakah bisnis fotocopy masih menjanjikan?

Peluang Bisnis Fotocopy

Sebuah bisnis pasti memiliki peluang yang mengikutinya. Begitu pula dengan bisnis fotocopy yang saat ini bisa kita temukan dimana-mana. Jika anda tertarik memulai bisnis ini, berikut adalah peluang yang bisa anda manfaatkan sebelum membuka bisnis fotocopy.

Memiliki range keuntungan yang relatif stabil

Pada dasarnya, keuntungan yang dihasilkan saat berbisnis fotocopy adalah keuntungan yang stabil karena pelanggan akan datang setiap saat. Semua orang memerlukan jasa fotocopy sehingga pelanggan anda akan tetap ada meskipun di hari libur.

Memiliki pangsa pasar yang cukup luas

Semua orang membutuhkan jasa fotocopy untuk berbagai kepentingan, mulai dari pedesaan sampai pusat perkotaan. Dengan pasar yang tidak terbatas ini, anda bisa mendapatkan pelanggan dari berbagai kalangan sehingga bisnis fotocopy anda akan terus ramai.

Bisa dikelola di mana saja

Bisnis ini bisa dimulai di mana saja, termasuk dari rumah anda. Hal yang paling penting adalah lokasi yang strategi yang mudah dijangkau oleh banyak pelanggan.

Barang bertahan lama

Keuntungan lainnya adalah barang-barang yang anda jual dapat bertahan dalam waktu yang lama. Hal ini tentunya menjadi keuntungan bagi anda karena tidak adanya risiko basi atau rusak dalam kurun waktu tertentu.

Dapat dipadukan dengan usaha-usaha lain

Bidang usaha ini cukup praktis sehingga bisa dipadukan dengan usaha-usaha lainnya. Pada umumnya dipadukan dengan penjualan alat tulis kantor (ATK) untuk mendapatkan jumlah keuntungan yang lebih banyak.

Bisa menggunakan mesin bekas

Untuk memulai usaha ini, anda tidak perlu membeli mesin fotocopy yang baru. Anda bisa membeli mesin fotocopy yang bekas namun masih memiliki kualitas yang baik.

Risiko Bisnis Fotocopy

Bisnis Fotocopy

Selain peluang, bisnis fotocopy juga memiliki beberapa risiko yang patut anda pertimbangkan. Berikut adalah risiko dan kelemahan bidang usaha fotocopy.

Coba hal menarik berikut : Bisnis Sayuran Hidroponik

Usaha bergantung pada lokasi

Menurut Magnate.Id, pemilihan lokasi strategis merupakan suatu langkah penting dalam menentukan keuntungan yang akan anda dapatkan. Meskipun Pelanggan datang dari berbagai tempat, namun jika lokasi anda tidak strategis dan sulit dijangkau, maka pelanggan memilih tempat fotocopy yang paling mudah ditemukan.

Kualitas tergantung mesin

Beberapa tempat fotocopy kurang memperhatikan kualitas mesinnya sehingga menjual produk yang kurang layak. Jika hal ini terus terjadi tanpa adanya penanganan yang serius, maka pelanggan akan beralih ke tempat lain yang memiliki kualitas produk yang lebih baik.

Memilih perpaduan usaha yang tidak sesuai

Usaha fotocopy memang dapat dipadukan dengan usaha-usaha lain, namun perlu diingat adalah dengan usaha yang sesuai. Misalnya fotocopy dengan menjual ATK, cetak foto, dan lain-lain yang seirama. Pilihan salah misalnya memadukan usaha fotocopy dengan berdagang sembako, baju, sepatu, dan lain-lain yang tidak berhubungan.

Membeli mesin fotocopy dengan sistem kredit

Jika anda membeli mesin fotocopy dengan menggunakan sistem kredit, pastinya akan ada angsuran per periode sesuai dengan kesepakatan. Dengan begini, keuntungan yang anda dapatkan tidak akan terlihat, malah terasa merugi karena anda harus memenuhi kebutuhan pribadi serta membayar cicilan.

Menyewa mesin fotocopy

Sama halnya dengan menggunakan sistem kredit, dengan menggunakan sistem sewa juga akan menyebabkan keuntungan anda tidak terasa, karena sudah habis untuk menghidupi diri dan keluarga anda serta membayar sewa mesin fotocopy.

Strategi Usaha Fotocopy

Fotocopy

Setelah mempertimbangkan peluang dan risiko yang akan dihadapi dalam membuka usaha fotocopy dan anda memiliki ketertarikan dalam bidang usaha ini, anda bisa memulai membuka bisnis ini dengan mempertimbangkan banyak hal, termasuk membuat strategi dalam membuka usaha. Berikut adalah strategi yang bisa anda ikuti agar usaha anda berkembang dengan baik.

Coba Ini : Bisnis Fashion Era Pendemi

Memilih tempat usaha strategis

Lokasi yang anda butuhkan haruslah ramai dengan pengunjung yang memerlukan jasa fotocopy. Contoh lokasi-lokasi strategis adalah dekat dengan wilayah sekolah, kampus, perkantoran, dan lain-lain. Dengan mendirikan usaha dekat dengan wilayah seperti ini pastinya banyak orang yang akan menggunakan jasa anda untuk meng-copy dokumen-dokumen, foto, buku pelajaran, modul, STNK, dan lain sebagainya.

Menyiapkan modal yang sesuai

Sebelum mendirikan fotocopy, anda harus menghitung seluruh modal yang diperlukan. Setelah itu, anda harus menyiapkan seluruh modal dengan jumlah yang sesuai dengan perhitungan yang telah anda lakukan.

Memberikan layanan yang baik

Sebuah usaha akan laris apabila pelanggan mendapat layanan yang memuaskan. Sebaiknya anda melayani pelanggan dengan ramah serta memberikan hasil yang berkualitas agar anda mendapatkan konsumen yang setia.

Promosi

Promosi merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan banyak pelanggan. Anda bisa menggunakan sistem promosi offline maupun online untuk mengoptimalkan penjangkauan pasar.

Harga yang terjangkau

Berbagai jenis tempat fotocopy memberikan harga yang berbeda-beda. Sebagai penggiat usaha di bidang fotocopy, seharusnya anda sudah memikirkan harga yang terjangkau pada pelanggan namun tetap memperhitungkan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Menghindari mengkredit atau menyewa mesin

Kredit dan sewa mesin tentu saja sangat mempengaruhi jumlah keuntungan yang akan anda dapatkan. Selain biaya sewa atau cicilan, anda juga harus memikirkan biaya kerusakan yang mungkin akan anda tanggung selanjutnya.

Setelah mempelajari peluang dan risiko yang akan dihadapi dalam usaha fotocopy, anda bisa memutuskan untuk tetap bergerak dalam bidang usaha tersebut atau tidak. Sebelum memulai usaha, pastikan anda sudah menggali informasi sebanyak-banyaknya, serta mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan untuk mendirikan bisnis fotocopy.