bisnis

Bisnis yang Terkena Dampak Pandemi Mengalami Kemunduran Financial

Bisnis memiliki peranan penting dalam keberlangsungan ekonomi. Banyak para pelaku bisnis yang terpaksa mengeluarkan karyawannya karena selain tidak ada pemasukan perusahaan, bisnis yang terkena dampak pandemi juga mengalami kemunduran dalam berkembang. Banyak orang kehilangan pekerjaan karena di PHK, dan banyak pula pengangguran.

Baca Juga : Game Favorit di Play Store Wajib Dimainin

Maka efek dari bisnis yang terkena dampak pandemi banyak orang beralih bisnis. Dari mulai menjadi reseller, dropshiper, jualan kerudung, jualan makanan bahkan hingga ojek online pun banyak sekali yang terkena dampak. Penasaran bisnis apa saja yang terdampak covid-19? Baca artikel berikut sampai selesai!

Macam-Macam Bisnis yang Terkena Dampak Pandemi

Bisnis Maskapai Penerbangan

Mengingat virus corona yang begitu cepat menyebar luasnya, pihak maskapai penerbangan terpaksa mengurangi bahkan menutup jadwal penerbangan internasional guna mengurangi risiko tersebar luasnya virus corona. Bisnis yang terkena dampak pandemi virus corona telah menutup jadwal penerbangan sejak adanya penyebaran virus.

Penyebaran virus corona yang diduga sangat mudah sekali dapat sebabkan orang tertular dengan atau tanpa gejala. Bahkan untuk mengurangi risiko penyebaran virus, pihak penerbangan yang umumnya tidak memiliki sejumlah pemasukan yang besar karena tidak adanya orang melakukan penerbangan maka sejumlah pihak penerbangan melakukan Putus Hubungan Kerja terhadap karyawannya.

Industri UMKM

Bisnis yang terkena dampak pandemi

Siapa bilang UMKM adalah salah satu bisnis yang tidak terdampak? Ternyat UMKM masuk ke dalam salah satu bisnis yang terkena dampak pandemi. Adanya dampak pada bisnis yang satu ini, pemasukan ekonomi tidak ada peningkatan sama sekali. Bahkan dilansir dari Kompas, perekonomian telah mengalami penurunan sejak Februari 2020 lalu.

Bisnis yang seperti ini mengingat sudah mengalami pemasukan ekonomi sejak bulan Februari lalu, maka tidaklah lain dengan bisnis industri lainnya, UMKM telah memecat banyak karyawannya untuk meminimalisir risiko kerugian. Tentunya akibat virus corona selain banyak bisnis yang terkena dampak pandemi jadi semakin banyak jumlah pengangguran akibat PHK ya!

Industri Manufaktur

Selain dua poin di atas mengenai bisnis yang terkena dampak pandemi, ternyata industri manufaktur juga salah satu bisnis yang terdampak akibat adanya virus corona. Hanya saja, beruntungnya para karyawan yang bekerja di induatri manufaktur, atasan mereka tidak akan dengan mudah memutus hubungan kerja. Hal ini besar kemungkinan karena sulitnya mencari tenaga ahli yang mahir di bidangnya.

Tempat Wisata

Selain bisnis-bisnis di atas, ternyata industri pariwisata juga termasuk ke dalam salah satu bisnis yang terkena dampak pandemi. Tempat wisata mengalami penurunan sejumlah pemasukan sekaligus menurunnya jumlah pengunjung yang datang. Sebab pasalnya banyak warga serta anjuran pemerintah baik di rumah maupun pusat yang memerintahkan warganya untuk tetap di rumah saja.

Bukan hanya itu saja, otomatis sejumlah loka wisata yang semula beragam sekali lokasi-lokasi yang instagramable kini menjadi sepi. Watganya banyak yang mengisolasi diri serta banyak pula warga tempat mereka tinggal dari atasan baik RT atau RW atau Desa yang mengadakan lockdown. Tak heran banyak sekali bisnis yang terkena dampak pandemi menjadi rugi.

Hotel

Selain bisnis yang telah ada pada poin-poin di atas, hotel juga salah satu bisnis yang terkena dampak pandemi. Minimnya jumlah orang bepergian menbuat minus orang untuk melakukan penginapan. Bukan hanya itu saja, hal demikian membuat manajer bisnis memutus hubungan kerja terhadap sejumlah karyawan demi mengatasi semakin besarnya sejumlah kerugian.

Baca Juga : Kenali Spesifikasi Nokia 5.3 Keluaran Baru

Itulah beberapa bisnis yang terkena dampak pandemi di era 2020 ini. Masih banyak sejumlah bisnis yang terkena dampak, seperti halnya para pedagang kaki lima, ojek online, dan lain sebagainya. ,

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close