bisnis

BPJS Ketenagakerjaan : Solusi Jaminan Kesehatan Terbaik

Sebagai lembaga negara yang didedikasikan untuk jaminan dan juga menerapkan undang-undang jaminan sosial untuk keselamatan kerja, BPJS Ketenagakerjaan, yang sebelumnya dikenal sebagai Jamsostek (Jaminan Sosial untuk Pekerja) dapat menjadi pilihan UTA, A untuk melindungi diri anda pada sebuah pekerjaan.

BPJS ketenagakerjaan sendiri merupakan sebuah program publik yang bisa memberi anda sebuah perlindungan serta proteksi kepada pekerja untuk dapat mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan implementasinya yang kemudian dipergunakan sebagai mekanisme jaminan sosial.

Pendekatan BPJS Ketenagakerjaan sendiri lebih spesifik untuk tenaga kerja dan semua karyawan, baik sipil maupun swasta. Dengan BPJS Ketenagakerjaan yang sudah berlaku sedari 1 Juli 2015, Anda akan mendapatkan banyak manfaat untuk melindungi diri sendiri dari risiko sosial ekonomi dengan sebuah pembiayaan yang amat terjangkau dari pengusaha dan pekerja sebagai bagian dari alternatif jaminan kesehatan.

Baca Juga : Teknologi Ramah Lingkungan

Risiko sosial-ekonomi yang ditangani oleh Program Jamsostek adalah perlindungan terhadap kecelakaan, penyakit, kehamilan, persalinan, kecacatan, usia tua dan kematian. Bahkan berdasarkan UU No. 3 tahun 1992, Jamsostek memberikan hak dan membebankan kewajiban wajib bagi pengusaha dan pekerja pada Jenis-jenis program seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan juga Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

BPJS Ketenagakerjaan : Solusi Jaminan Kesehatan Terbaik

BPJS Ketenagakerjaan : Solusi Jaminan Kesehatan Terbaik
BPJS Ketenagakerjaan : Solusi Jaminan Kesehatan Terbaik

Jadi, bagaimana cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, yang adalah salah satu dari program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)? Bagi Anda yang tidak repot datang ke kantor BPJS ketenagakerjaan, sekarang ada cara mudah untuk mendaftar, yaitu melalui sistem online.

Baca juga : Aplikasi Tiket Online Bioskop

Registrasi online sendiri dilakukan dengan sengaja untuk membuat proses registrasi lebih mudah dan lebih cepat. Lantas bagaimana cara mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia? Berikut adalah ulasan yang mengenai hal tersebut.

Bingung mencari jaminan kesehatan terbaik dan termurah? Perhatikan solusinya!

Jenis program BPJS ketenagakerjaan

Sebelum membahas prosedur dan teknik untuk mendaftarkan Pekerjaan BPJS secara online, yang terbaik adalah Anda ketahui dan pahami terlebih dahulu jenis program apa yang dapat Anda pilih dari BPJS type ini.

Baca juga : Bisnis Menguntungkan

Sebagaimana dijelaskan di atas, Ketenagakerjaan BPJS memiliki empat program jaminan, yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian (JKM) dan jaminan perawatan medis (JPK). Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing program:

Jenis program BPJS ketenagakerjaan
Jenis program BPJS ketenagakerjaan

Program jaminan kecelakaan kerja (JKK)

Program ketenagakerjaan pertama BPJS adalah jaminan kecelakaan kerja (JKK). Bagi pekerja, jaminan ini sangat penting, karena dengan mengikuti program ini, pekerja akan dapat meminimalkan hilangnya pendapatan karena risiko sosial seperti cacat atau kematian.

Program Jaminan Hari Tua (JHT)

Jika JKK akan melindungi pekerja dari kehilangan pendapatan karena risiko sosial, JHT ini akan membuat pekerja dijamin karena keamanan dan kepastian terhadap risiko sosial-ekonomi. Selain itu, JHT dapat digunakan sebagai penjamin aliran pendapatan untuk pekerja dan keluarga mereka sebagai akibat dari terjadinya risiko sosial dengan pembiayaan yang terjangkau dari pengusaha dan pekerja.

Baca juga : Contoh Surat Pengunduran Diri

Program Jaminan Kematian (JKM)

Program Jaminan Kematian (JKM)
Program Jaminan Kematian (JKM)

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga menawarkan jaminan dalam hal membebaskan keluarga baik dalam bentuk biaya pemakaman dan kompensasi dalam bentuk uang. Program ini disebut Program Jaminan Kematian (JKM). Program Jaminan Kematian ditujukan untuk penerima manfaat dari karyawan BPJS yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja.

Program jaminan pensiun (JP)

Paling terakhir adalah program BPJS  Ketenagakerjaan adalah Jaminan Pensiun (JP). Program ini adalah program jaminan sosial yang memiliki tujuan untuk dapat pertahankan tingkat kehidupan yang layak bagi para peserta atau ahli warisnya dengan menggunakan pemberian penghasilan setelah para peserta pensiun, terdapat cacat atau tidak dapat kembali bekerja, atau bahkan meninggal.

Baca juga : Peluang bisnis digital

Keanggotaan BPJS ketenagakerjaan

Keanggotaan BPJS ketenagakerjaan
Keanggotaan BPJS ketenagakerjaan

Setelah mengetahui serangkaian program ketenagakerjaan BPJS, hal selanjutnya adalah anda harus mengetahui dan anda harus memahami sebelum mendaftar untuk BPJS Ketenagakerjaan online adalah keanggotaan. Dalam BPJS Ketenagakerjaan sendiri terdapat beberapa jenis keanggotaan, yaitu:

  1. Penerima gaji (PU):
  2. Bukan penerima gaji (BPU):
  3. Jasa konstruksi:
  4. Pekerja migran:

Itulah penjelasan tentang cara mendaftarkan BPJS Ketenagakerjaan yang saat ini telah berlaku. Bahkan, masih banyak orang yang skeptis tentang apakah BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan layanan perlindungan yang sangat baik dibandingkan dengan produk jaminan/asuransi lain yang ditawarkan oleh banyak perusahaan-perusahaan swasta.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close