Tutorial

Cara Bikin Soal di Google Form Termudah

Sebagai pengajar di masa penerapan pembelajaran online seperti saat ini, tentu Anda perlu mengetahui bagaimana cara bikin soal di Google Form. Sebab proses pendidikan harus tetap berjalan sesuai dengan kurikulum dan rencana pembelajaran, termasuk melakukan ujian dan pengambilan nilai sebagai indikator pemahaman siswa didik.

Baca Juga : Fitur Instagram Mirip TikTok bernama Reels

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan fitur gratis dari email Google yang bernama Google Form. Selain untuk melakukan survei, cara bikin soal di Google Form ini bisa juga digunakan untuk membuat soal-soal yang kemudian bisa dijawab dan diisi oleh siswa. Anda bisa membuat berbagai mode soal. Mulai dari pilihan ganda, jawaban singkat, jawaban dengan penjelasan yang lebih panjang, hingga menambah gambar pada soal.

Nah, di bawah ini adalah langkah dan cara bikin soal di Google Form  yang bisa dengan mudah Anda praktikkan:

1. Login ke Akun Google

cara bikin soal di Google Form

Untuk bisa membuat soal dengan Google Form, yang pasti Anda harus login terlebih dahulu ke akun Google Anda. Lalu masuk ke halaman https://drive.google.com. Setelah itu, Anda akan melihat tanda + New di bagian kiri layar yang digunakan untuk menambahkan data baru di Google Drive. Klik tanda tersebut.

2. Klik menu “More”

Cara bikin soal di Google Form selanjutnya adalah, Anda akan menemukan menu “More”, dan akan muncul pilihan Google Form. Jika Anda sudah ada di halaman Google Form baru, silahkan isikan judul dan deskripsi form yang ingin Anda buat, misal “Ujian 1”, “Soal-Soal Latihan”, atau yang lain. Setelah itu, klik tombol setting yang ada di samping tombol send di bagian kanan atas.

3. Masuk Menu “Setting”

Setelah Anda masuk setting, di bagian general terdapat opsi “collect email”, yang berfungsi untung mendata semua email siswa yang telah mengerjakan soal. Di bagian bawahnya, ada limit to 1 response, yang tidak perlu dicentang jika peserta yang mengerjakan soal banyak. Pada bagian presentation, disarankan untuk tidak mencentang opsi-opsi di sini, kecuali jika menginginkan opsi acak soal saja.

Masih pada menu setting, klik bagian quizzes di sebelah paling kanan. Aktifkan opsi quiz dengan mencentang “Make this quiz” sebagai cara bikin soal di Google Form. Anda juga bisa memilih opsi apakah akan menampilkan nilai, langsung setelah soal itu dikerjakan atau nanti secara manual. Jika semua pengaturan selesai, klik “Save”.

4. Buat Soal

Setelah itu, Anda bisa membuat soal yang dilengkapi dengan tools untuk add question (menambah pertanyaan), menambahkan judul dan deskripsi soal, menambah file gambar atau video, dan mengatur sesi soal. Di sini Anda bisa memilih apakah soal yang akan diberikan berupa multiple choice atau jawaban panjang. Jika Anda ingin membuat soal pilihan ganda, maka klik multiple choice.

Setelah soal selesai dibuat, klik “Answer Key” di bagian bawah. Pilih opsi jawaban yang benar sebagai kunci jawaban. Anda juga bisa mengatur juga skor tiap-tiap soalnya. Jika sudah selesai, klik tombol “Done” di pojok kanan bawah. Jangan lupa untuk mengaktifkan “Accepting responses” yang ada pada bagian “Responses”.

5. Bagikan Link

Setelah semua soal selesai dibuat, maka soal pun siap diedarkan. Caranya, klik menu “Send” yang ada di pojok kanan atas. Di jendela “Send Form”, Anda bisa menemukan link dari set soal yang telah dibuat. Anda bisa menggunakan link tersebut untuk dibagikan kepada siswa dengan cara meng-copy. Sekian, demikian tadi adalah cara bikin soal di Google Form.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close