StartUP

cara memilih niche blog yang Efektif

Saat ingin membuat satu blog hal pertama yang harus ditentukan adalah niche atau tema yang akan digunakan untuk blog tersebut. Untuk bisa memilih niche yang pas perlu cara memilih niche blog yang tepat supaya mendapatkan tema yang mampu memberikan penghasilan menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa cara memilih niche blog harus Anda coba

Tema yang disukai

cara memilih niche blog

Memulai membuat sebuah blog diperlukan keseriusan dan konsistensi yang tinggi. Tetapi, kebanyakan akan menyerah atau bosan untuk menulis karena kehilangan rasa ketertarikan pada blog yang dibuat sendiri.

Oleh karena itulah, untuk bisa terus memiliki rasa ketertarikan pada blog sebaiknya pilih tema yang sesuai dengan bidang yang disukai. Atau paling tidak pilih tema yang memiliki pembahasan yang mengasyikkan dan tidak akan membuat penulis menjadi bosan.

cara memilih niche blog sesuai dengan apa yang disukai bisa saja membahas tentang hobi dari penulis, pekerjaan dari penulis, tentang pasangan bahkan hewan peliharaan juga bisa diangkat menjadi tema pada blog. Pilih niche mana yang sekiranya akan terus menarik untuk dibahas dan tidak akan pernah menemui rasa bosan ketika menulisnya. Dengan cara ini, konsistensi penulisan dan posting akan bisa terus berjalan.

Tuangkan dalam Daftar Niche Disukai

Mungkin Anda akan menemukan banyak sekali hal-hal apa saja yang Anda sukai. Buatlah daftar 10 besar terlebih dahulu tentang tema mana yang memungkinkan untuk dibuat dan dibahas dalam satu blog.

cara memilih niche blog nantinya akan membuat Anda bisa menentukan mana yang paling pas dan cocok untuk dipilih. Dengan menulis apa yang paling anda sukai, pastinya Anda tidak akan pernah kehabisan ide untuk menulis dan menuangkan banyak hal pada tulisan Anda.

Lakukan Riset

Dari 10 daftar yang dibuat menjadi calon niche yang akan dituangkan di blog, Anda juga bisa menentukan mana yang mungkin menjadi tema pilihan Anda dengan melakukan riset pasar. cara memilih niche blog ini nantinya akan menentukan tentang segmen pembaca blog Anda dan banyak tidaknya pembaca yang membutuhkan blog Anda.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki hobi bersepeda maka Anda harus melihat terlebih dahulu apakah warganet banyak yang tertarik dengan bacaan tersebut atau tidak. Selain melihat dari siapa yang akan melihat dan banyaknya kemungkinan orang yang melihat blog Anda, jangan lupa untuk melakukan riset juga kepada blog-blog pesaing dengan tema yang sama tersebut.

Baca Juga : Cara Menjadi Vlogger Travelling Biar Terkenal

Jika Anda sudah melakukan riset-riset dari kedua hal tersebut, selanjutnya Anda mulai lebih untuk meyakinkan diri Anda dengan menggunakan fitur-fitur dari Google. Biasanya yang sering digunakan sebagai salah satu cara memilih niche blog adalah Google Trends. Dari fitur ini Anda juga bisa melihat bagaimana peluang satu niche yang akan Anda pilih, apakah akan mengalami penurunan atau justru akan menjadi trend.

Tentukan Niche Campuran atau Fokus

cara memilih niche blog juga bisa dibagi dengan ingin membahas tentang niche campuran atau memilih niche yang membahas satu hal saja dalam blog tersebut. Tentu saja dua jenis blog yang berbeda ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika Anda memilih niche campuran, tentu ide yang akan dituangkan pada blog akan sangat banyak. Dengan memasukkan beberapa tema pada blog tersebut Anda bisa membahas banyak topik sehingga ide yang dimunculkan akan beragam.

Niche campuran memang banyak disarankan digunakan untuk blogger yang tidak menguasai satu materi khusus. Akan tetapi, kelemahannya adalah Anda harus siap untuk bersaing dengan situs blog lainnya yang sudah pasti sudah lebih dahulu mencuri perhatian dari warganet.

Namun, jika Anda memang ingin membahas tentang satu tema saja sudah pasti Anda harus bersiap dengan pembahasan yang itu-itu saja. Harus terus mengembangkan ide untuk bisa menuangkan ide yang terbatas tetapi bisa dibahas dengan sudut pandang yang berbeda.

Pilih Tema yang Spesifik

Persaingan blog dari hari kehari semakin banyak. Contohnya saja ketika mencari sesuatu di mesin pencari saat ini sudah muncul berderet website dengan beragam niche yang ditawarkan. Jika ingin mendapatkan pengunjung yang signifikan justru sebaiknya pilih tema yang lebih spesifik diantara yang lain.

Jika tadi sudah menemukan tema secara luas seperti contohnya bersepeda, lalu selanjutnya adalah dengan memilih tema yang lebih spesifik lagi untuk mempersempit persaingan. cara memilih niche blog juga harus melalui riset lagi seperti yang dilakukan ketika mencari niche utama.

Fitur dari Google yang bisa membantu Anda untuk menemukan tema yang lebih spesifik adalah dengan menggunakan Adwords Keyword Planner. Dengan mengetikan niche utama, kemudian Anda bisa mendapatkan turunan beragam keyword yang kemudian bisa Anda pilih sesuai dengan riset yang Anda lakukan.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close