Teknologi

Cara Memilih Smartphone Sesuai kebutuhan

Bagi Anda yang ingin membeli ponsel pintar dengan dana yang terbatas, butuh ketrampilan khusus tentang cara memilih smartphone sesuai kebutuhan. Kenapa demikian? Karena ponsel yang memiliki keunggulan yang komplit, seperti: lancar saat dipakai berkomunikasi, merdu dipakai mendengarkan musik, nyaman untuk bermain game, dan enak ketika digunakan browsing, pada umumnya hanya terdapat pada ponsel-ponsel kelas premium dengan harga yang mahal. Sementara untuk ponsel middle-end dan low-end biasanya hanya memiliki satu-dua keunggulan saja, sementara di sisi lain terdapat kekurangan, disebabkan keterbatasan komponen yang disertakan agar harga penjualan dapat ditekan.

Karena mustahil untuk membeli ponsel yang memiliki keunggulan kompleks dengan dana yang terbatas, maka salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan memilih smartphone sesuai kebutuhan. Berikut cara memilih smartphone sesuai kebutuhan:

  • Cara memilih smartphone bagi mereka yang gemar berselancar di dunia maya atau pengguna aktif jejaring sosial, adalah dengan memilih ponsel yang mampu melaju dengan kencang saat dipakai untuk mengakses internet. Tidak butuh dana yang terlalu besar untuk mendapatkan ponsel seperti ini, bahkan banyak ponsel entry level yang memiliki kemampuan lebih saat dipakai untuk browsing. Spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah kapasitas RAM yang tidak boleh kurang dari 1GB. Selain itu, cari smartphone dengan prosessor yang memiliki speed clock minimal 1GHz.
  • Untuk mereka yang sering melakukan aktifitas di luar, cara memilih smartphone yang  tepat adalah dengan mencari ponsel yang tahan banting, terutama yang memiliki layar berlapis screen protector seperti Corning Gorilla Glass untuk melindungi layar dari gesekan dan benturan ringan.

Cara memilih smartphone bagi yang sering melakukan aktifitas di luar adalah juga dengan memperhatikan kapasitas baterei, agar komunikasi tidak terputus saat berada di lapangan. Untuk itu, pilihlah smartphone dengan kapasitas baterei tidak kurang dari 2500 mAh untuk smartphone yang memiliki bentang layar kurang dari 4,5 inch dan diatas 3.000 mAh untuk smartphone yang memiliki bentang layar diatas 5 inch.

Tips Memilih Smartphone Bekas

  • Cara memilih smartphone untuk mereka yang suka bermain game dan nonton video melalui layar ponsel adalah dengan memperhatikan sektor grafis, karena semakin tinggi dan semakin rapat pixels yang diusung, kualitas gambar yang tersaji akan terlihat lebih detail. Jadi bukan ukuran layar yang menjadi patokan melainkan besarnya resolusi atau kepadatan pixel yang biasa disebut pixel density atau pixel per inch (ppi).

Bagi mereka yang menggunakan ponsel dengan tujuan utama untuk nonton video, tingkat kerapatan pixel pada smartphone jangan kurang dari 300ppi. Sementara untuk penggemar game, sebaiknya memilih ponsel yang layarnya memiliki pixel density diatas 441 ppi, sebab jika resolusi layar terlalu rendah games bisa lag di tengah permainan.

Selain memperhatikan kepadatan pixel, cara memilih smartphone bagi penggemar games adalah juga dengan memperhatikan RAM, processor serta batteray dengan kapasitas besar sebab resolusi layar yang tinggi juga menghabiskan daya cukup besar.

  • Buat yang gemar menikmati musik, cara memilih smartphone yang tepat sudah barang tentu dengan memperhatikan kualitas speaker. Tidak cukup hanya itu, kualitas dari handsfree bawaan perangkat juga harus dipertimbangkan.
  • Untuk penggemar fotografi yang suka mengabadikan setiap momen, cara memilih smartphone yang tepat adalah dengan memilih ponsel yang dilengkapi kamera dengan resolusi yang tinggi, setidaknya 8 MP, beserta fitur-fitur pendukung untuk memperoleh hasil gambar yang sempurna. Hasil gambar akan semakin istimewah jika resolusi kamera smartphone sebesar 13 MP atau bahkan 20 MP disertai sejumlah fitur sebagaimana yang terdapat pada kamera DSLR.

Untuk mencari ponsel dengan kualitas kamera yang baik, kini bukan hal yang sulit, karena lini fotografi saat ini menjadi perhatian para vendor agar dapat bersaing di pasaran. Sehingga dengan harga yang terjangkau, kita sudah dapat membawa pulang ponsel dengan kualitas kamera yang mumpuni bahkan sudah dilengkapi dengan 2 lensa atau 3 lensa kamera lengkap dengan fitur-fitur sebagaimana yang terdapat pada kamera DSLR.

  • Bagi seorang busineesman, cara memilih smartphone yang tepat adalah yang dilengkapi dengan stylus pen untuk dapat menunjang pekerjaan. Smartphone seperti ini pada umumnya dijual dengan harga mahal, dan tidak dijumpai dikelas entry level, namun ada beberapa jenis yang dijual bagi kalangan menengah.

Jika budget Anda terbatas, cara mernyiasatinya adalah dengan memilih ponsel yang layarnya memiliki touchscreen yang sangat peka, kemudian membeli stylus pen secara terpisah. Harga Stylus Pen sendiri cukup murah karena dijual mulai dari harga Rp.15.000. Namun untuk kualitas yang baik, pilih stylus Pen dengan harga diatas Rp.100.000.

Demikian sedikit tips tentang cara memilih smartphone sesuai kebutuhan. Belajar photoshop pemula(*)

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close