bisnis

Cara Memulai Bisnis Properti Dengan Modal Seadanya

Untuk memulai bisnis properti merupakan sebuah tantangan paling berat khususnya bagi pemula. Dikarenakan, banyak hal yang disiapkan agar bisa bersaing dengan pebisnis senior yang juga banyak menggeluti bisnis ini.

Walau begitu, memilih bisnis properti sebagai sumber penghasilan tentu adalah pilihan tepat. Seperti ungkapan Robert T Kiyosaki, bisnis properti tetap menguntungkan walau mendapatkan laba yang kecil.

Namun bagi yang tidak memiliki banyak modal, apakah juga dapat merealisasikan bisnis properti ini?. Kekurangan modal tidak menjadi halangan bagi kita untuk memulai merintis bisnis apapun. Anda bisa memulai bisnis properti dengan bertindak sebagai pihak perantara terlebih dahulu untuk mencoba sebagai langkah awal.

Untuk mencapai kesuksesan di bidang usaha properti memerlukan kegigihan dan kesabaran. Jika harus mengawalinya dari nol, tidak perlu takut. Anda bisa menerapkan cara memulai bisnis properti. Berikut ini beberapa tips dan Cara Memulai Bisnis Properti yang bisa diketahui:

Berikut Ini Cara Memulai Bisnis Properti :

1. Bisnis Properti Memanfaatkan Teknologi Internet

Bisnis Properti Memanfaatkan Teknologi Internet

Perkembangan internet sudah menjadi salah satu fasilitas terbaik yang bisa digunakan untuk merintis bisnis Anda. Dengan rajin mencari informasi mengenai properti atau lahan yang ingin segera dijual Anda akan mendapatkan informasi yang diinginkan.

Dengan mengambil gambar atau memotret objek properti tersebut dan mulai memasarkannya melalui internet. Gunakan nomor kontak yang mudah dihubungi agar calon pembeli properti bisa segera menghubungi Anda.

Beberapa media internet yang bisa dimanfaatkan, seperti:

  • Marketplace
  • Media Sosial
  • Blog
  • Forum

2. Perhatikan Orang di Sekitar

Perhatikan Orang di Sekitar

Mengawali bisnis properti tanpa modal secara mandiri, kemungkinan besar tidak akan rugi sama sekali. Namun, tentu saja Anda harus bisa fokus dan rajin dalam mencari properti agar bisnis bisa berjalan.

Bisnis properti bisa dimulai dengan memperhatikan kebutuhan properti dari orang-orang di sekitar. Bisa jadi ada orang-orang di sekitar Anda yang sedang menjual atau mencari properti, Anda bisa ikut bergabung jika ada percakapan mengenai hal tersebut.

Anda bisa belajar menjalankan bisnis properti dari siapa saja dan kapan saja. Saat belajar, Anda bisa lebih bebas bereksplorasi tanpa harus terbebani dengan perjanjian untuk mencarikan properti sampai dapat.

Baca juga : Tips Sistem Managemen Bisnis Franchise

3. Bersikap Jujur Dalam Segala Situasi

Bersikap Jujur Dalam Segala Situasi

Kejujuran menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan menjalankan bisnis properti, apalagi jika Anda adalah orang yang berada pada posisi sebagai perantara. Jangan pernah berbisnis dengan menggunakan cara berbohong, baik kepada penjual dan pembeli atau penyewa properti.

Satu kekecewaan dari pihak penjual atau pembeli atas kebohongan Anda maka akan merusak seluruh kerja keras yang sudah dibangun selama ini. Sebaliknya, sikap jujur dan terbuka yang Anda tunjukkan dalam berbisnis maka akan berdampak pada rasa percaya dari klien sehingga mereka kemungkinan akan menggunakan jasa Anda kembali dan bahkan merekomendasikan jasa Anda pada kerabat lain.

Baca juga : Tips Menggali Ide Bisnis Kreatif

4. Jalinlah Relasi yang Baik dengan Pihak Penjual

Jalinlah Relasi yang Baik dengan Pihak Penjual

Bila Anda memiliki hubungan yang cukup baik dan terbuka dengan pihak penjual, maka tentu tidak akan kesulitan untuk menegosiasikan komisi penjualan dari properti. Berterus terang jika bermaksud menerima komisi dari keberhasilan penjualan tersebut.

Jangan lupa untuk menegosiasikan nilai komisi yang diinginkan, agar tidak timbul kecurigaan juga ketidakjujuran selama proses transaksi jual beli properti.

Baca juga : Strategi Marketing Bisnis Online

5. Meyakinkan Investor

Meyakinkan Investor

Ada orang yang membeli objek properti bukan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal, melainkan sebagai bentuk investasi. Disinilah celah kesempatan bisnis yang harus bisa Anda manfaatkan. Hendaknya Anda dapat membangun relasi yang baik dengan pihak penjual dan pihak investor untuk bisa bekerja sama.

Setelah pihak investor berhasil membeli objek properti tersebut, lalu carikanlah pihak pembeli lain yang ingin membeli objek properti tersebut dengan harga yang lebih tinggi. Dengan demikian, pihak investor akan mempercayai Anda sebagai salah satu pemberi referensi yang tepat untuk masalah investasi properti.

Baca juga : Peluang Bisnis Digital Untuk Milenial

6. Mencari Informasi Properti dari Surat Kabar

Mencari Informasi Properti dari Surat Kabar

Selain dari internet, mencari informasi mengenai properti bisa juga dilakukan melalui surat kabar. Dengan modal dua sampai tiga ribu rupiah per hari, Anda bisa mengakses informasi terkini tentang objek properti apa saja yang sedang marak diperjualbelikan.

Ketika telah berhasil menghubungi pihak penjual objek properti, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mulai memasarkan objek properti tersebut kepada pihak pembeli.

7. Bekerjasama dengan Pihak Developer

Bekerjasama dengan Pihak Developer

Bekerjasama dengan pihak developer properti tentu akan memberikan banyak kemudahan untuk mendapatkan informasi terkini mengenai dunia properti. Bahkan Anda dapat memperoleh informasi yang sangat lengkap dan aktual mengenai lokasi properti yang strategis, harga promosi, diskon, dan berbagai penawaran menarik lain.

8. Lakukan Mark Up Harga dengan Tepat

Lakukan Mark Up Harga dengan Tepat

Walau berada di lokasi yang sama, harga objek properti bisa tentu berbeda-beda karena pengaruh luas tanah, kondisi bangunan, keberadaan fasilitas dan akses kendaraan dan fasilitas umum. Oleh karena itu, Anda harus lebih cermat ketika memulai memasarkan suatu objek properti.

Mulailah meninjau kembali apakah harga yang ditetapkan sudah sesuai dengan kualitas objek properti yang akan dijual. Bila Anda menetapkan harga yang masuk akal, maka para pelanggan akan kembali menghubungi Anda ketika akan melakukan proses jual beli properti.

9. Menjadi Perantara yang Baik

Menjadi Perantara yang Baik

Dunia tidak akan hancur jika calon pembeli yang sedang menawar ternyata tidak jadi membeli objek properti yang Anda pasarkan. Oleh karena itu, berusahalah untuk menjadi perantara yang baik dan tidak putus asa.

Jelaskan keunggulan objek properti yang dipasarkan dengan kemampuan product knowledge yang baik. Dan, jangan memaksa bila sang calon pembeli ternyata tidak jadi membeli objek properti yang Anda tawarkan.

10. Membuat Website Bisnis Properti Sendiri

Membuat Website Bisnis Properti Sendiri

Manfaatkan teknologi dalam hal meningkatkan performa bisnis properti yang sedang Anda bangun. Selain mencari informasi properti di internet, juga harus belajar memulai mempromosikan jasa dengan cara profesional.

Salah satu cara terbaik untuk promosi bisnis properti yang dijalankan adalah dengan membuat website. Dengan adanya website bisnis, maka orang akan menganggap bisnis Anda adalah profesional. Untuk membuat website, Anda bisa memanfaatkan platform gratis yang mudah dimodifikasi, seperti WordPress dan Blogger. Dari sana Anda akan bisa banyak menerima informasi dan juga respon dari calon pembeli.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Memulai Bisnis Properti, semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close