Kesehatan

Cara Mencegah Penyakit Demam Berdarah yang Mudah

Demam berdarah atau DB merupakan salah satu jenis penyakit yang sering timbul dimusim pancaroba. Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti ini jika dibiarkan bahkan bisa menyebabkan kematian. Perlu cara mencegah penyakit demam berdarah yang mudah namun efisien untuk menghindari demam berdarah yang membahayakan.

Berikut Cara Mencegah Demam Berdarah

cara mencegah penyakit demam berdarah

Menggunakan Kapur Barus atau Kamper

cara mencegah penyakit demam berdarah yang mudah dan merupakan cara alternatif adalah dengan memanfaatkan kapur barus. Menggunakan kapur barus ini bisa mencegah dan melindungi diri dari gigitan nyamuk yang bisa menyebarkan penyakit demam berdarah yang berbahaya.

Cara menggunakan kapur barus atau kamper ini adalah dengan bakar kamper atau kapur secukupnya. Bakar di dalam ruangan kemudian tutup pintu ruangan tersebut selama 30 menit. Cara ini bisa membantu untuk mengusir nyamuk dan mencegah nyamuk masuk kedalam ruangan lagi.

Bersihkan Bak Mandi

Cara mengusir nyamuk yang paling handal adalah dengan memperhatikan air yang menggenang disekitar rumah. Terutama untuk bak mandi harus selalu dikuras supaya terhindar dari larva nyamuk yang mungkin mengendap dan hinggap di bak mandi selama berlama-lamaan.

Baca Juga : Contoh surat perjanjian sewa rumah Terbaru

Tempat berair merupakan tempat dimana nyamuk betina bertelur. Untuk menghindari nyamuk berkembang menjadi semakin banyak inilah maka harus dikuras setiap seminggu sekali. Cara ini membantu telur yang ada akan musnah.

Hindari Baju yang Menggantung

Gantungan baju yang terletak di belakang pintu ataupun dikamar juga harus diperhatikan. Sebaiknya baju yang kotor untuk segera diletakan ditumpukan baju kotor sedangkan hindari banyak baju yang menumpuk pada gantungan. Baju yang menggantung ini akan menjadi tempat favorit bagi nyamuk untuk hinggap dan berkembang biak.

Baju yang Melindungi Kulit

cara mencegah penyakit demam berdarah juga bisa dimulai dari melindungi diri Anda sendiri. Saat beraktifitas diluar rumah terutama jika ditempat yang berkemungkinan terdapat banyak nyamuk. Gunakan pakaian berlengan panjang, celana panjang bahkan jika diperlukan juga gunakan kaus kaki untuk melindungi kaki dari sengatan nyamuk.

Gunakan Pelindung Anti Nyamuk

cara mencegah penyakit demam berdarah juga bisa didapatkan dengan melindungi diri menggunakan kelambu ataupun menggunakan lotion anti nyamuk. Saat tidur ataupun beraktivitas seharian penuh maka cara ini sangat bagus untuk digunakan supaya nyamuk tidak menyerang pada bagian tubuh yang tidak tertutup oleh pakaian.

Bersihkan Lingkungan

Memang akan lebih baik mencegah dibandingkan harus mengobati. Cara paling ampuh utuk mencegah perkembangan penyakit demam berdarah adalah dengan selalu membersihkan lingkungan sekitar dan pekarangan rumah. Ajak tetangga untuk membersihkan got atau saluran air yang bisa menjadi tempat paling ideal berkembang biak nyamuk.

Hindari Genangan Air

cara mencegah penyakit demam berdarah

Benda-benda yang berada dilingkungan rumah juga sangat memungkinkan untuk menjadi tempat tumbuh kembangnya nyamuk. Jika ada baskom, vas, ember ataupun wadah yang terbuka dan berkemungkinan menampung air sebaiknya segera dirapihkan. Selalu sisir tempat-tempat yang bisa menjadi berkembangnya nyamuk kemudian bersihkan hingga tidak ada genangan air.

cara mencegah penyakit demam berdarah Lakukan Fogging

Jika lingkungan merupakan lingkungan yang penuh akan pepohonan ataupun tempat-tempat yang berkemungkinan menjadi tempat berkembang biak dari nyamuk, sebaiknya segera dilakukan fogging. Fogging bisa dilakukan dengan cara meminta kepada RT atau dengan cara berkoordinasi dengan warga sekitar.

Baca Juga : Tips Jitu Pembuatan Website Untuk Pemula

Memasang Kawat Anti Nyamuk

Kawat anti nyamuk juga menjadi cara untuk mengindari nyamuk masuk ke rumah. cara mencegah penyakit demam berdarah adalah dengan memasang setiap kawat anti nyamuk pada bagian-bagian ventilasi yang ada pada rumah. Cara ini akan membuat pergerakan dari nyamuk menjadi terbatas.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close