Cara Menggunakan Ms Teams Untuk Belajar Daring

Masih banyak orang yang tidak tau cara menggunakan ms teams sebagai media pembelajaran secara online di masa pandemi seperti ini. Padahal masa – masa belajar secara daring ini sudah lama dilakukan namun tentunya sosialisasi tentang aplikasi yang dipilih oleh beberapa sekolah kampus ini belum begitu merata ke seleuruh pelajar. Nah, jika anda tidak mengetahui cara yang benar dalam menggunakan ms teams versi smartphone, yuk kita kupas tuntas dengan cara – cara singkat di bawah ini.

Baca Juga : Aplikasi Untuk Pekerja Ini Akan Memudahkan Pekerjaanmu

Gunakan Akun Dari Pihak Sekolah/Kampus

cara menggunakan ms teams

Cara menggunakan ms teams yang utama ialah anda harus sudah mengetahui akun ms teams resmi dari pihak sekolah. Perlu diketahui bahwa akun yang disediakan oleh pihak sekolah atau kampus sangat berbeda dengan akun pribadi yang mana akun pribadi tidak bisa digunakan untuk belajar dan kepentingan daring lainnya. Berbeda dengan akun bawaan sekolah atau kampus, anda bisa bergabung kelas dan mengikuti kelas seperti biasanya.

Masukkan Kode Kelas Yang Sudah Disediakan

Ketika ingin mengikuti kelas dalam ms temas, anda perlu memasukkan kode kelas yang disediakan oleh sekolah atau kampus. Dengan kode itu nantinya anda akan tergabung dalam sebuah grup kelas dimana di dalamnya bisa mengadakan pertemuan online, menyerahkan tugas, hingga ujian.

Mengecek Dan Menyerahkan Tugas

Biasanya para pelajar bingung dengan cara menggunakan ms teams pada saat ingin menyerahkan tugas seperti dimana harus mengupload atau melihat tugas yang diberikan. Pada halaman utama di bawah terdapat menu seperti aktivitas, obrolan, tim, tugas, kalender, dan yang lainnya. Nah, anda hanya perlu klik pada bagian tugas dan nanti di sana akan keluar tugas apa yang sudah diberikan sehingga tidak perlu mengecek setiap kelas.

Jika anda ingin menyerahkan tugas yang sudah dikerjakan, mudah sekali caranya yaitu dengan klik tugas pada bagian menu “tugas”. Setelah itu klik tambahkan pekerjaan dan pilih “unggah dari perangkat ini” bila file tugas sudah berada di smartphone anda. Jangan lupa untuk klik “mengumpulkan” di pojok kanan atas dan jika sudah terkirim, akan ada notifikasi dengan tampilan animasi yang lucu.

Cara Membagikan Powerpoint Saat Pertemuan Berlangsung

Cara menggunakan ms teams saat ingin membagiakn powerpoint di sebuah pertemuan pasti jarang diketahui oleh orang banyak. Langkah yang pertama ialah mengklik titik tiga di panel tengah lalu kemudian akan muncul pilihan – pilihan. Dalam pilihan tersebut pilihlah menu “berbagi layar”. Ketika sudah memilih pilihan tersebut, anda perlu membuka powerpoint yang ingin ditampilkan lalu kemudian power point bisa dengan otomatis dilihat oleh anggota lain dalam pertemuan tersebut.

Cara Menggunakan Ms Teams Untuk Membuat Tim Baru

Apakah anda ingin membuat tim baru bersama teman – teman anda terlepas dari tim kelas resmi? Ikuti cara kami dengan langkah pertama berupa masuk ke bagian tim, klik tombol titik tiga bagian pojokkanan atas, klik “buat tim baru”, tentukan nama tim yang diinginkan, tuliskan pula deskripsi tim, dan jangan lupa atur untuk jenis privasi yang diinginkan.

Baca Juga : 3 Musik Klasik Ini Bisa Meningkatkan Daya Kreativitas Loh

Pilihan dari pengaturan privasi ada dua yaitu privasi atau publik, pilihlah dengan beberapa pertimbangan seperti apakah itu hanya teman – teman dekat atau bisa dengan orang lain. Langkah terakhir ialah klik tanda centang dan undang teman anda ke dalam tim dengan menuliskan email ms teams mereka. Kini anda bisa melakukan kegiatan seperti video call bersama atau melakukan chatting dengan teman – teman secara bebas dehh.