aplikasiTeknologiTutorial

Bagaimana Cara Menguji Kecepatan Internet ?

Novriadi.com – Cara Menguji Kecepatan Internet ? Internet lambat atau tersendat bisa disebabkan oleh berbagai kemungkinan. Bisa dari Internet Service Providernya memang lambat, jaringan di tempat anda bermasalah, pemakaian internet di tempat anda yang sudah penuh atau bahkan komputer yang anda pakai bermasalah. Nah semuanya bisa dicari penyebabnya dengan mengukur seberapa cepat koneksi internet anda, selanjutnya bisa dicari penyebabnya. Yang perlu difahami untuk mengukur kecepatan koneksi Internet, pastikan tidak ada pengguna lain yang menggunakan internet. Ini akan menunjukkan data riil yang anda dapatkan dari provider internet.

Tetapi jika ada pengguna lain, hasil ukur anda adalah setelah digunakan bersama dengan pengguna lain. Ukuran umum untuk menentukan bandwidth adalah bps(bit per second) bukan byte per second. Misalnya kita berlangganan 512 kbps (baca 512 kilo bit per second). Nilai 1 Byte = 8 bit, sehingga 512 kbps = 64 kBps. Sehingga dengan besar bandwidth yang disewa sebesar itu kecepatan koneksi internet yang kita peroleh dalam melakukan download adalah 64KBps.

Cara Menguji Kecepatan Internet

Internet seakan-akan sudah menjadi kebutuhan utama kita. Bahkan sangat sulit sekali lepas dari yang namanya internet. Dengan adanya internet, kita dapat dengan mudah mendapatkan informasi apapun yang kita inginkan, mendownload berbagai file seperti musik, video, gambar dan lain sebagainya. Jika anda memiliki kecepatan internet yang cepat maka anda lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan serta berbagai file tersebut. Bukan hanya kemudahan dalam mendapatkan akses, namun kecepatan transmisi internet juga sangat dibutuhkan di era industri 4.0 seperti saat ini.

Cara Menguji Kecepatan Internet

Kecepatan internet yang kencang sangat dibutuhkan saat ini guna meningkatkan kualitas kehidupan. Bukan hanya mendapatkan informasi, namun juga mendapatkan pekerjaan terkait pekerjaan yang selalu menggunakan internet. Pekerjaan yang selalu menggunakan internet ini bisa berupa internet marketing, content writing, web development, admin media sosial dan sebagainya. Bagi anda yang bekerja seperti itu, maka anda harus mendapatkan akses internet yang mudah dan cepat.

Baca juga : Cara Menghilangkan Internet Positif

Untuk mengakses internet, anda perlu berlangganan pada layanan internet seperti Indihome, terhubung ke wifi atau menggunakan paket internet berkuota. Cepat tidaknya koneksi internet anda bergantung pada layanan / paket yang anda gunakan.Tentu saja kecepatan internet antara provider A dan provider B bisa jadi berbeda, bahkan 2 pengguna yang menggunakan 1 provider yang sama juga bisa memiliki kecepatan internet yang berbeda. Hal itu karena beberapa faktor seperti lokasi, ponsel atau paket yang digunakan dan lain sebagainya. Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan secara tuntas mengenai bagaimana cara mengecek kecepatan internet secara akurat. Cara ini penting anda pahami agar anda paham seberapa besar kecepatan internet yang sedang anda nikmati. Dimana cara ini mudah anda pelajari karena tidak terlalu ribet dan rumit.

Penasaran ingin mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang dimiliki? Tidak perlu ribet harus menghubungi operator penyedia internet, pasalnya kini Anda bisa mengecek kecepatan internet sendiri lho. Cara mengetahui kecepatan internet yang akan kita bahas kali ini cukup mudah, simak caranya sebagai berikut:

Menggunakan Tooll Bandwidth Test seperti speedtest.net

Cara Menguji Kecepatan Internet

Ini cara cukup mudah dalam mengukur kecepatan akses internet anda. Cukup buka url speedtest.net. Tentukan server tempat anda akan mengukur kecepatan internet. Anda akan mendapatkan nominal upload dan download. Melalui tampilan yang menarik dan fitur yang cukup lengkap , Speedtest menjadi satu website terpopuler yang  menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan internet. Secara default speedtest akan mengambil lokasi provider internet yang user gunakan, untuk menentukan lokasi server pengujian.

Baca juga : Jaringan Internet 5G

Namun kita juga dapat memilih lokasi dari mana kecepatan internet di uji coba. Setelah pengujian selesai dilakukan kita dapat melihat secara detail berapa kecepatan ping, download, dan upload. lalu akan muncul juga pilihan untuk membagikannya ke beberapa social media seperti facebook, twitter dan google plus. Aplikasi ini sangat membantu anda untuk mendapatkan informasi terkait kecepatan internet anda. Bagi anda influencer atau selebgram, anda harus menggunakan tool ini agar anda tahu kecepatan internet anda. Pengetahuan kecepatan internet membantu pekerjaan anda di media sosial. link https://www.speedtest.net/

Baca juga : Kuota Internet 3

Dengan Download File besar

Cara Menguji Kecepatan Internet

File dengan ukuran besar misalnya movie disc cukup bagus untuk test kecepatan internet anda. Karena dengan file-file ukuran besar anda bisa memantau kecepatan download dalam jangka panjang. Misalnya anda download file ukuran 1 GB lebih.

Menggunakan CBN Speed Test

Cara Menguji Kecepatan Internet

Masih dengan cara mengetahui kecepatan internet secara mudah dengan menggunakan PC & laptop. Kali ini CBN Speedtest menjadi salah satu situs yang menyediakan jasa untuk mengecek kecepatan internet. Tidak jauh berbeda dengan Indihome Speedtest, Anda hanya perlu mengunjungi situs CBN Speedtest. Anda bisa mengklik di sini untuk mengunjungi situsnya. Namun sebelumnya, pastikan bahwa laptop & PC Anda sudah menggunakan Adobe Flash Player. Sebab, CBN Speedtest hanya bisa digunakan untuk PC & Laptop yang sudah dipasang Adobe Flash Player. Setelah Anda mengunjungi situs CBN Speedtest, maka akan tertera tulisan “Begin Test.” Anda bisa langsung klik pada bagian “Begin Test” dan secara otomatis CBN Speedtest akan melakukan pekerjaannya untuk mengecek seberapa kencangnya kekuatan internet Anda.

Baca juga : Kuota Internet Telkomsel

Jika CBN Speedtest telah selesai mengecek kekuatan internet Anda, maka secara otomatis CBN akan menampilkan hasil dari pengecekan internet. Di dalam hasilnya akan ditampilkan kecepatan download, upload, dan juga PING yang ada di internet Anda. Selain Tooll Bandwidth Test, CBN Speed Test juga menjadi idola para pengguna internet untuk mengetahui besar kecepatan internet yang sedang digunakan. Cara test ini tidak jauh berbeda dengan Tooll Bandwidth Test. Namun test ini memiliki multiplatform dan anda bisa mendapatkan beberapa data terkait kecepatan internet. link https://speedtest.cbn.id/

Cek dengan menggunakan BandWidthPlace.com

Cara Menguji Kecepatan Internet

Situs ini juga dapat menjadi pilihan untuk mengukur kecepatan internet. dengan fitur yang lengkap dan tampilan yang lebih simple, bandwidthplace.com juga menjadi situs khusus pengukur kecepatan internet yang populer. Selain itu kita juga menyediakan tampilan hasil uji coba dengan grafik. Cara test kecepatan internet ini portable, artinya anda bisa test kecepatan dimanapun dan kapanpun anda mau. Cara ini juga tidak sulit seperti halnya cara-cara lainnya yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, cek dengan menggunakan BandWidthPlace.com juga mendapatkan beberapa data untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang anda nikmati. Cara cek kecepatan ini membantu anda dalam menghemat biaya dan waktu, karena cek dengan BandWidhtPlace.com ini lebih cepat serta murah. Cara cek ini juga sudah legal sehingga anda tidak perlu khawatir, karena itu banyak orang menggunakan cara ini dalam mempermudah pekerjaannya. https://www.bandwidthplace.com/

Itulah tadi beberapa cara menguji kecepatan Internet, anda bisa menggunakan beberapa website untuk menguji atau mengecek kecepatan internet anda. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close