bisnis

Cek Tarif Biaya Ongkir Jasa Kurir Pengiriman

Siapa dari anda yang suka dengan beli barang atau belanja online?  Biaya pengiriman atau ongkir beberapa perusahaan kurir telah meningkat. Dampaknya, tentu saja, bagi pedagang dan konsumen online karena biaya pengiriman bisa lebih mahal daripada harga barang yang dibeli.

Hal ini disebabkan oleh kenaikan tarif angkutan udara (SMU) atau yang biasa disebut biaya angkutan udara oleh maskapai. Tanpa mitigasi, kenaikannya sudah lebih dari 300% dari Juni 2018 hingga Januari 2019. Imbasnya adanya menaikkan tarif pengiriman, terutama yang dipergunakan oleh pesawat terbang.

Jadi perusahaan jasa kurir mana yang meningkatkan biaya pengiriman?

JNE

PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), sebuah perusahaan ekspedisi yang didirikan selama 28 tahun, telah meningkatkan ongkos kirim untuk layanan reguler, OKE dan YES pada 15 Januari. Tarif JNE meningkat rata-rata 20% untuk pengiriman paket dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, jumlah tergantung pada tujuan pengiriman paket dan jenis layanan. Sementara pengiriman barang masih dalam jangkauan Jabodetabek, tarif normal masih berlaku. Anda dapat memeriksa ongkos kirim JNE di https://www.jne.co.id/id/tracking/tarif.

TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)
TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)

Baca juga : Investasi Reksadana

Contoh ongkos kirim JNE dari Jakarta ke Denpasar dengan memiliki berat 1 kg:

Perkiraan Tarif Layanan

  • Oke dengan tarif Rp 24.000 pada estimasi 2-3 hari
  • REGULER tarif Rp.28.000, estimasi 1-2 hari
  • YES  dengan tarif 50.000 untuk 1 hari

Pos Indonesia

Pos Indonesia
Pos Indonesia

Pos Indonesia meningkatkan biaya pengiriman barang dengan rata-rata 30% dari sudah diresmikan pada tarif awal. Tingkat kenaikan bervariasi menurut tujuan. Kenaikan tarif mulai 1 Januari untuk kategori layanan surat kilat, surat ekspor, paket cepat internasional dan internasional terdaftar (R). Lihat tarif layanan antara Pos Indonesia di http://www.posindonesia.co.id.

Contoh ongkos kirim Pos Indonesia dari Jakarta ke Denpasar dengan penggunaan berat 1 kg:

Baca juga : Investasi Bitcoin

Perkiraan Tarif Layanan

  • Paket kilat khusus dengan harga Rp. 31.000 pada estimasi 2-4 hari
  • Express next day barang dengan harga IDR 34,000 selama 1 hari

J&T Express

J&T Express
J&T Express

Dibandingkan dengan para pesaingnya, JNE dan Pos Indonesia, perusahaan pengiriman J&T Express telah mengintensifkan konsumsi bahan bakar terlebih dahulu untuk meningkatkan tarif pengiriman sejak 1 Desember 2018. Penyesuaian tarif ini disebabkan oleh kenaikan tarif untuk Muatan beberapa maskapai. Dari pencarian di http://www.jet.co.id/tariff, biaya pengiriman paket dari Jakarta ke Denpasar mendapat Rp. 25.000 per kilo. Harganya naik 13,6% dari tarif yang sebelumnya adalah Rp22.000.

Sicepat

Sicepat
Sicepat

Dikutip dari salah satu website, tarif pengiriman paket yang mempergunakan layanan PT Sicepat Express telah meningkat 10-12% sejak awal tahun ini. Konsultasikan biaya pengiriman Sicepat ke semua tujuan http://sicepat.com/deliveryFee.

Baca juga : paspor Online

Contoh ongkos kirim Sicepat dari Jakarta ke Denpasar dengan menggunakan berat 1 kg:

  • REG dengan IDR 28.000 estimasi sampai dengan 1-2 hari
  • BEST dengan harga IDR 50,000 untuk 1 hari
  • Dikenakan biaya Rp 20.000 untuk 1-2 hari
Cek Tarif Biaya Ongkir Jasa Kurir Pengiriman
Cek Tarif Biaya Ongkir Jasa Kurir Pengiriman

Tips untuk menyimpan atau pengiriman paket gratis

Tenang saja, ada banyak jalan. Masih terdapat berbagai cara untuk menghindari tingginya biaya layanan pengiriman. Biasanya, paket pengiriman dari perusahaan pelayaran menggunakan dua perhitungan, yaitu:

Tingkat kilogram

Jika ukuran paket Anda kecil tapi berat, biasanya dikenakan biaya kilogram. Di mana paket ditimbang, kemudian dikalikan dengan tarif sesuai dengan pilihan layanan pengiriman dan tujuan.

Baca juga : Pajak Djp Online

Tingkat volume

Sementara itu, jika paket terasa ringan, tetapi besar, umumnya dikenakan biaya volume. Paket diukur per meter, kemudian dikonversi menjadi kilogram berat. Rumus: (Panjang x Lebar x Tinggi): 6.000. Kemudian, hasilnya dikalikan dengan tarif per kilogram sesuai dengan opsi layanan dan tujuan pengiriman.

Beberapa cara untuk anda dapat melakukan penghematan biaya pengiriman saat membeli paket online atau mengirim, yang meliputi:

Cari perbandingan tarif pos

Namanya adalah untuk menyelamatkan, Anda perlu usaha ekstra. Salah satunya adalah mencari informasi tentang tarif layanan pengiriman untuk beberapa perusahaan pengiriman. Biasanya, di toko online terdapat berbagai layanan pengiriman, menggunakan JNE, TIKI, Posindo atau layanan kurir lainnya. Temukan yang termurah, pasang harga terendah, tetapi berkualitas.

Baca juga : Pesan Tiket Bioskop online

Cari penjual yang menawarkan pengiriman gratis

Jika ada penjual online yang menawarkan pengiriman gratis dengan barang yang sama, mengapa saya harus memilih untuk membayar? Anda harus rajin saat memverifikasi toko online yang menawarkan layanan ini. Ada layanan pos gratis yang disediakan tanpa syarat atau sebaliknya. Biasanya, jika dalam kondisi, ada pembelian minimum untuk mendapatkan pengiriman gratis.

Cek Tarif Biaya Ongkir Jasa Kurir Pengiriman

Demikian adalah ulasan mengenai daftar ongkir paket dan barang di seluru ekspedisi yang dapat menjadi referensi anda tentunya.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close