Teknologi

Perkembangan Dalam Implementasi Computer Vision Tahun 2020

Di bandara Dubai, computer vision telah digunakan sebagai fitur pengenalan wajah dan sebagai fitur FaceID di produk Apple. Dengan perkembangan teknologi ini, diperkirakan pada tahun 2020 manti, perkembangan computer vision akan semakin pesat dalam berbagai bidang teknologi. Saat ini, Teknologi Computer Vision sudah banyak digunakan pada perangkat seperti smartphone. Kemampuan teknologi computer visual pada smartphone salah satunya melalui fitur pengenalan wajah di kamera dan pengenalan gambar melalui Google Image Search.

Baca juga : IoT (Internet of Things)

Pengertian Computer Vision

Pengertian Computer Vision

Untuk beberapa orang, itilah computer vision mungkin sangat asing karena pada umumnya hanya mengetahui tentang komputer saja. Computer vision merupakan teknologi yang dikembangkan dengan lebih canggih seiring perkembangan komputer seperti sekarang ini.

Computer Vision adalah cabang ilmu dalam teknik informatika yang memungkinkan sebuah perangkat komputer dapat melihat dan menganalisis obyek atau benda yang ada di sekitarnya. Benda atau gambar yang ada di hadapan suatu perangkat informasi tersebut dapat diterima dan bisa menghasilkan perintah tertentu bagi perangkat komputer. Salah satu contoh computer vision yang paling sering dijumpai adalah penggunaan scan QR yang memberikan perintah atau kode khusus kepada komputer.

Baca juga : Teknologi Canggih yang Terinspirasi dari Binatang

Fungsi Computer Vision

Fungsi Computer Vision

Computer Vision memiliki banyak fungsi sehingga mampu membantu meringankan pekerjaan manusia seperti:

  • Mendapatkan informasi yang jelas dan lengkap untuk mengurangi risiko terjadinya kesalahan.
  • meningkatkan Kualitas Gambar
  • Mampu melakukan analisa terhadap suatu perintah pada komputer
  • Dapat memahami gambar atau obyek
  • Alat untuk kebutuhan teknologi industri modern

Baca juga : Teknologi Ramah Lingkungan

Implementasi Computer Vision

Implementasi Computer Vision

Saat ini sudah banyak bidang-bidang yang memanfaatkan teknologi computer vision. Pada beberapa bidang kecerdasan, computer vision telah digunakan sebagai scan foto, sidik jari, hingga deteksi bola mata. Berikut ini beberapa implementasi Computer Vision yang akan banyak digunakan sebagai teknologi di tahun 2020 nanti.

1. Bidang Teknologi Otomotif

Penerapan computer vision pada otomotif yang paling terbaru adalah penerapan pada mobul Teslo dengan teknologi self driving. Dengan menggunakan computer vision, mobil tersebut dapat berjalan otomatis dan mendeteksi objek yang ada di depannya. Konsep self driving digunakan untuk keamanan saat berkendara, dengan memanfaatkan berbagai sensor yang tertanam di dalamnya. Terobosan teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk bidang otomotif pada tahun 2020 nanti adalah menggunakan computer vision sebagai teknologi yang dapat mendeteksi rambu-rambu lalu lintas sehingga mengurangi risiko terjadinya pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan.

2. Bidang Industri

Dalam dunia industri, Computer Vision memiliki berperan untuk melakukan uji kelayakan barang (quality control). Seluruh pengambilan keputusan di atur oleh sistem yang mampu beroperasi hingga 24 jam. Terobosan computer vision di bidang industri untuk tahun 2020 adalah startup atau aplikasi Android yang berfungsi mendeteksi keaslian (orisinalitas) dari barang yang diproduksi sehingga konsumen tidak tertipu dengan barang yang palsu.

3. Bidang Robotika

Teknologi robotika yang menerapkan computer vision contohnya adalah robot humanoid. Dengan memberikan kamera yang difungsikan sebagai mata guna mengolah data visual, robot humanoid mampu melakukan tindakan layaknya manusua sesuai data yang diterima.

4. Bidang Medis

Di dunia medis, Computer Vision banyak diterakpan untuk Analisa data visual dari pasien berupa data gambar dari microscop, x-ray (sinar x), angiopraphy, ultrasonik dan tomograpi. Selain berperan dalam proses pengambilan data gambar, Computer Vision dalam bidang medis juga berguna untuk memberikan keputusan berupa diagnosa penyakit atas hasil data visual yang diterima. Terobosan terbaru yang mungkin diciptakan untuk tahun 2020 nanti adalah computer visual yang berfungsi mendeteksi banyaknya darah yang keluar dan dibutuhkan oleh pasien yang mengalami kecelakaan dengan cara lebih cepat dan akurat.

5. Bidang Olahraga

Computer vision telah banyak dikembangkan untuk bidang olahraga. Salah satu contohnya adalah penerapan sensor goal pada gawang dan VAR pada sepak bola. Dengan dukungan alat ini, memudahkan wasit dalam mengambil keputusan yang lebih adil dalam momen yang krusial. Pada tahun 2020 nanti, teknologi computer vision akan diterapkan untuk sensor hands ball, yaitu sensor khusus yang mendeteksi ketika bola bersentuhan dengan tangan pemain.

6. Bidang Desain Pakaian

Terobosan implementasi teknologi computer vision selanjutnya adalah sebuah alat atau perangkat yang akan membantu desain pakaian secara khusus. Dengan menampilkan foto diri seseorang, maka desainer pakaian tersebut dapat mengetahui ukuran pakaian yang diperlukan sebelum membuat pakaian yang dipesan.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close