bisnisTren Bisnis

10 contoh bisnis yang menguntungkan

Tidak sulit untuk mencari contoh bisnis yang menguntungkan, karena dimanapun dan dari jenis bisnis apapun dapat dengan mudah kita jumpai orang-orang yang sukses, dengan kata lain dapat menikmati keuntungan dari bisnis yang mereka jalankan. Namun demikian, tidak sedikit pula kita jumpai orang-orang yang menjalankan bisnis yang sama namun dengan nasib yang berbeda alias gulung tikar.

Sukses dan tidaknya menjalankan sebuah bisnis, memang ditentukan oleh banyak faktor, mulai dari faktor modal, perencanaan, managemen, skill, serta yang lain, termasuk di dalamnya pemilihan jenis bisnis yang tepat dan menjanjikan keuntungan.

Berikut 10 contoh bisnis yang menguntungkan yang dapat Anda praktekkan:

  • Handmade

Bisnis kerajinan tangan merupakan salah satu contoh bisnis yang menguntungkan karena dapat dibangun di semua tempat, sebab dimanapun akan selalu ada sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk bahan dasar kerajinan tangan yang bahkan tidak terdapat di daerah lain. Itu sebabnya membicarakan handmade tidak akan pernah ada habisnya, karena semakin lama seseorang bergelut dengan dunia kerajinan, maka akan semakin berkembang pula kreatifitas yang dimilikinya, baik dari sisi penggunaan bahan, dari desain yang dihasilkan, hingga sistem managemen serta pemasaran yang mesti dilakukan.

bisnis handmade menguntungkan
Handmade ilustrasi gambar www.kompasiana.com

Tips Sukses Belajar Internet Marketing

Bisnis handmade dijamin akan memberikan keuntungan karena bisnis ini tidak ada matinya. Sejak kehidupan masih bertumpu pada aktifitas yang bersifat manual hingga teknologi digital berkembang sedemikian pesat, kerajinan tangan selalu bisa menyesuaikan jaman. Hasil rajutan misalnya, dulu dibeli orang untuk dimanfaatkan sebagai taplak meja, topi bayi atau untuk selempang. Namun kini rajutan berkembang untuk dimanfaatkan sebagai pembungkus dan pelindung barang-barang dihital. Begitu juga dengan jenis-jenis kerajinan tangan yang lain, akan selalu dapat mengikuti jaman, jika pelaku dari usaha kerajinan tersebut memiliki kreatifitas yang tinggi.

  • Daur Ulang Sampah

Bisnis daur ulang sampah juga merupakan contoh bisnis yang menguntungkan, karena tidak butuh modal besar untuk memulai bisnis ini, dan yang paling diutamakan adalah kreatifitas yang tinggi.  Diawali dengan memilah sampah untuk mempermudah pengolahan atau daur ulangnya, sebelum diikuti dengan mengembangkan daya kreatifitas dan imajinasi, sehingga barang  yang sudah tidak terpakai tersebut berubah menjadi sesuatu yang bernilai tinggi.

Bisnis daur ulang
Bisnis daur ulang sampah ilustrasi gambar bprdbl.co.id

Banyak produk yang bisa dihasilkan dari sampah atau dari barang-barang bekas, seperti merubah bohlam menjadi pot bunga, menjadikan botol bekas sebagai vas, serta yang lain. Dengan sentuhan kreatifitas, barang-barang bekas tersebut akan menyuguhkan daya tarik tersendiri sehingga harganya pun menjadi lebih mahal dibandingkan harga  dari produk pabrik.

  • Mengolah Kain Perca

Contoh bisnis yang menguntungkan berikutnya adalah mengolah kain percah. Jika Anda berprofesi sebagai penjahit, atau memiliki tetangga tukang jahit, atau banyak masyarakat kampung Anda yang bekerja sebagai tukang jahit, manfaatkan guntingan kain sisa-sisa pembuatan pakaian untuk diolah menjadi sesuai yang bermanfaat dan memiliki nilai jual.

Mengolah Kain Perca
Mengolah Kain Perca ilustrasi gambar jatim.antaranews.com

Banyak produk yang bisa dihasilkan dari kain perca, mulai dari tas, celemek memasak, sarung bantal, sprei, serta yang lain. Dengan kreatifitas yang tinggi, kain perca tersebut akan menjelma menjadi hasil karya yang memiliki nilai jual tinggi, bahkan lebih mahal dari harga produk pabrik.

  • Pembuatan Souvenir

Bisnis pembuatan souvenir pantas untuk dilirik dan menjadi contoh bisnis yang menguntungkan, karena souvenir kini tidak hanya dibutuhkan untuk acara ulang tahun dan pesta pernikahan saja, tapi juga dibutuhkan untuk acara-acara yang digelar di sekolah, kampus, kantor, instansi-instansi, bahkan dibutuhkan oleh mereka yang melaksanakan ibadah haji dan umroh sebagai cenderamata buat para tamu.  Dengan kata lain, dimanapun usaha pembuatan souvenir ini dibuka, tidak akan pernah kehabisan pelanggan, selama produk cukup berkualias baik dari sisi bahan maupun bentuk desain, dan tentunya dengan harga yang kompetitif. 

  • Usaha Furniture

Jika Anda memiliki cukup pengetahuan di dunia pertukangan, atau setidaknya memahami industri mebel, usaha furniture merupakan peluang yang cukup menarik dan merupakan contoh bisnis yang menguntungkan, karena kebutuhan akan furniture dari waktu ke waktu terus meningkat, seiring dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya kebutuhan tersier.

Usaha Furniture
Usaha Furniture ilustrasi gambar insidelombok.id

Banyak produk-produk furniture yang bisa dihasilkan dan cukup memiliki prospek untuk dijual. Tidak hanya sekedar meja, kursi, almari, atau tempat tidur saja, tapi juga bufet untuk televisi, meja komputer, serta yang lain. Jika mau berinovasi, produk-produk yang umum pun bisa memiliki nilai jual yang tinggi jika diberi sentuhan yang berbeda dan bernilai seni dalam pembuatannya.

  • Bengkel dan Service
Usaha Bengkel
Usaha Bengkel Ilustrasi gambar www.liputan6.com

Jika Anda memiliki ketrampilan dalam memperbaiki alat-alat elektronik atau membetulkan mesin, kenapa tidak mencoba untuk membuka bengkel atau service. Bengkel dan service merupakan contoh bisnis yang menguntungkan karena di era teknologi seperti sekarang ini, jumlah produk elektronik dan produk yang menggunakan mesin semakin banyak jenisnya dan semakin banyak pula pemakainya. Jumlah yang banyak tersebut masih akan terus meningkat, karena inovasi teknologi akan berbuntut pada terciptanya jenis-jenis produk baru. Itu sebabnya tidak salah jika ada yang mengatakan kalau bisnis bengkel dan service tidak akan pernah ada matinya.

  • Membuat Gorengan Unik

Gorengan memang bukan makanan yang istimewah, karena di hampir semua tempat, dapat dengan mudah kita temui para penjual gorengan. Sehingga jika kita membuka bisnis yang sama, kompetitornyapun juga tidak sedikit. Hal tersebut akan berbeda jika gorengan yang kita buat dan kita jual memiliki sisi keunikan baik dari bentuk maupun rasa.

Bisnis menguntungkan ibu rumah tangga

Dengan sedikit sentuhan kreatifitas dalam pengolahan, gorengan unik akan memiliki daya tarik tersendiri dan tentunya memiliki  nilai jual yang lebih, sehingga  keuntungan pun akan bisa kita raih. Jadi, jika bermaksud ingin memulai usaha menjual gorengan, cobalah gali informasi dari berbagai sumber dan kembangkan kreatifitas, agar gorengan yang Anda buat berbeda dari yang lain. Beberapa contoh dari gorengan unik tersebut seperti: Oreo goreng, sandwich goreng, steak tempe, salad goreng, biscuit goring,serta yang lain. Dengan sentuhan kreatifitas, membuat gorenganpun bisa menjadi contoh bisnis yang menguntungkan.

  • Jasa Outsourching

Mendirikan perusahaan jasa oursourching juga merupakan contoh bisnis yang menguntungkan, karena semakin banyak kantor-kantor instansi serta sekolah-sekolah yang lebih memilih menggunakan jasa outsourching daripada mengangkat pegawai tetap.  Modal untuk mengawali usaha inipun tidak besar, dan syaratnya juga tidak sulit. Kita hanya membuat dokumen untuk legalisasi perusahaan, seperti SIUP, TDP, NPWP, serta CV dengan biaya yang relataif murah. Selebihnya tinggal mencukupi peralatan kerja, serta mengangkat karyawan yang kita gaji setelah kita menerima order pekerjaan.

  • Jasa Video Shooting, Editing, Cetak Foto, dan Transfer VCD/DVD

Dengan bermodal kamera, dan printer serta peralatan pendukung yang lain, kita sudah bisa  membuka usaha yang satu ini. Peluangnya cukup menjanjikan dan merupakan contoh bisnis yang menguntungkan, karena usaha ini tidak hanya bertumpu pada orang yang mempunyai hajat saja, tapi juga berbagai acara yang lain, termasuk mereka yang ingin mengedit dan mencetak foto atau mentransfer VCD/DVD.

  •   Jasa Penitipan Anak

Bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan yang mayoritas penduduknya disibukkan dengan berbagai macam pekerjaan, membuka jasa penitipan anak bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif bisnis bahkan merupakan contoh bisnis yang menguntungkan, karena banyak orang tua yang tidak memiliki kesempatan untuk menjaga dan merawat anak-anak mereka pada siang hari.

Peluang Bisnis Dalam Website

Tidak butuh modal besar dan keahlian khusus untuk dapat menjalankan bisnis ini, karena yang paling utama adalah menyediakan fasilitas bermain bagi anak-anak, serta pengetahuan tentang cara merawat dan mendidik anak dengan baik dan benar.

Itulah 10 contoh bisnis yang menguntungkan yang dapat Anda coba. Tentunya masih banyak contoh-contoh bisnis yang lain.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close