umum

Contoh Kata Pengantar Yang Baik dan Benar

Hai! Apakah Anda merasa sulit untuk menulis kata pengantar untuk kertas? Jika demikian, kebetulan sekali, kali ini akan membahas kiat tentang cara menulis pengantar yang baik dan benar beserta contoh kata pengantar untuk anda dapat membuat kata pengantar benar. Apakah Anda ingin tahu seperti apa diskusi itu? Ayo, dengarkan saja penjelasan berikut!

Pengertian kata pengantar

Kata pengantar sendiri merupakan halaman atau bagian dari karya ilmiah atau populer yang berisi ucapan syukur dan terima kasih. Biasanya, kata pengantar selalu ditempatkan di awal artikel.

Tujuan penempatan adalah untuk membuat pembaca tahu bahwa dengan melengkapi dokumen, penulis atau tim penulis telah melalui banyak hal dan ada juga beberapa bagian yang membantu dalam persiapan dokumen.

Baca juga : Cara menulis Daftar Pustaka

Struktur kata pengantar dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembuka, isi, dan bagian penutup. Setiap bagian memiliki fungsi dan karakteristiknya sendiri. Agar Anda segera mengerti, mari kita bicara satu per satu!

Bagian pembukaan kata pengantar

Pada bagian pembuka ini biasanya ada di paragraf pertama dari kata pengantar kedua. Bagian ini berisi terima kasih penulis atau tim penulis untuk menyelesaikan pekerjaan tertulis.

Di Indonesia, adalah normal untuk mengucapkan terima kasih kepada bagian pembukaan ini yang ditujukan kepada Allah SWT. Sementara itu, bagi sebagian orang atau kelompok, alhamdulillah mereka beradaptasi dengan agama masing-masing. Bagi mereka yang beragama Islam, kata-kata tersebut ditujukan kepada Allah SWT, dan begitu juga para pengikut agama lain.

Baca juga : Contoh Surat pengunduran diri

Setelah mengucapkan terima kasih dan berterima kasih kepada Tuhan, ia biasanya terus berterima kasih kepada orang-orang yang membantu atau telah berkontribusi dalam penulisan dokumen.

Urutan penyebutan pihak-pihak yang terlibat umumnya cocok dengan pengaruh orang yang dimaksud pada akhir pekerjaan. Secara umum, untuk dokumen pekerjaan rumah, nama depan yang disebutkan dalam catatan terima kasih ini adalah guru kelas yang memberikan pekerjaan rumah. Setelah itu, hanya bagian-bagian yang sangat membantu dengan kertas.

Bagian Isi

Untuk membuat sebuah kata pengantar baik anda harus menempatkan bagian konten ini berisi deskripsi kecil tentang konten dokumen. Biasanya, presentasi dimulai dengan menyebutkan judul artikel. Setelah itu, ada diskusi kecil dan bagaimana penulis atau komposer menulis konten dalam dokumen.

contoh kata pengantar yang benar
contoh kata pengantar yang benar

Ini bagus, ketika Anda menulis bagian ini jangan terlalu detail. Karena itu hanya akan membuat presentasi Anda terlalu lama. Anda hanya perlu menjelaskan sedikit tentang isi pekerjaan Anda untuk memberikan pembaca sebuah pandangan kecil.

Bagian penutup

Bagian terakhir/penutup ini berisi permintaan maaf dan harapan penulis atau penulis artikel yang telah dibuat. Permintaan maaf biasanya lebih disengaja jika nanti Anda menemukan beberapa kesalahan dalam dokumen. Sebab, ketika seseorang melakukan suatu pekerjaan, tentu saja itu tidak langsung jauh dari kesalahan. Pasti ada satu atau lebih bagian yang masih memiliki cacat.

Contoh I

Kata pengantar

Pertama, penulis berterima kasih dan berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan pemberiannya sehingga penulis dapat menyelesaikan artikel ini. Dokumen ini tidak akan selesai tanpa bantuan dari beberapa pihak yang terus mendorong penulis untuk menyelesaikannya.

Terima kasih, penulis, berikan Karina Poerba, yang terus membimbing para penulis di kelas dan menyiapkan dokumen ini. Tanpa bimbingannya, penulis tidak dapat menyelesaikan dokumen ini.

Tanpa lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Rahmat Ali, Rosalia dan Iman Putra, yang selalu memberikan buku referensi dan membantu melengkapi dokumen ini. Beberapa bantuannya cukup untuk membantu melengkapi dokumen ini.

Persiapan dokumen berjudul “Dinamika sosial di pasar Senin” tidak mudah. Karena, penulis harus melihat fenomena sosial secara langsung di lapangan dan menyimpulkannya dalam analisis mendalam. Keterbatasan utama yang dirasakan penulis selama persiapan dokumen ini adalah untuk melakukan survei di Pasar Senen.

Jika ada beberapa kesalahan yang terkandung dalam dokumen ini, izinkan penulis untuk menyampaikan permintaan maaf. Karena dokumen ini tidak sempurna dan masih memiliki banyak kelemahan.

Semoga penulis nantinya akan menjadi titik rujukan atau titik rujukan untuk melakukan karya ilmiah tentang dinamika sosial di bidang pasar tradisional. Sementara itu, penulis juga berharap agar dokumen ini dapat bermanfaat bagi pembaca atau untuk penelitian selanjutnya.

Jakarta, 15 Desember 2019

Novriadi A.S

Penulis

Bagaimana? Pengertian dan contoh-contoh kata pengantar cukup membantu Anda, bukan? Jika Anda membutuhkan materi lain tentang cara membuat pengantar atau materi pada dokumen.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close