umum

Contoh Proposal Bisnis Yang Benar Dan Terbaru

Ketika mengajukan ide bisnis kepada calon investor, anggota keluarga atau klien potensial, kita memerlukan rencana bisnis tertulis.

Rencana bisnis ini umumnya dikenal sebagai proposal bisnis, rencana bisnis atau proposal bisnis. Apa pun namanya, menulis proposal bisnis harus disertai dengan persiapan yang matang. Karena gambaran keseluruhan bisnis Anda akan tercermin dalam proposal bisnis.

Baca juga : Contoh laporan PKL

Dalam artikel ini, penulis akan memberikan beberapa pedoman dasar dan contoh tentang cara membuat rencana bisnis berdasarkan metode terbaru di 2019.

Panduan dasar untuk anda dalam membuat proposal bisnis

Buat sesingkat mungkin. Misalkan orang yang akan membaca rencana bisnis Anda adalah orang yang sangat sibuk. Tentu saja, Anda tidak akan membuang waktu hanya membaca proposal rencana bisnis 100 halaman dengan benar. Karena itu, buat proposal bisnis yang ringkas tapi ringkas dan masih informatif.

Baca juga : Contoh Laporan Kegiatan

Fokus pada apa yang membuat bisnis Anda berbeda. Menuangkan ide bisnis secara tertulis tidaklah mudah. Tidak sedikit proposal bisnis yang gagal bukan karena tidak bagus, tetapi karena tidak menarik. Oleh karena itu, alih-alih membingungkan audiens Anda dengan bahasa dan aspek teknis dari ide bisnis Anda, lebih baik, hanya fokus pada keuntungan dan perbedaan yang dibawanya ke bisnis.

Contoh Proposal Bisnis Yang Benar
Contoh Proposal Bisnis Yang Benar

Pahami gambaran besarnya, kuasai detailnya. Apa yang harus dipahami dari rencana bisnis adalah bahwa itu hanya rencana. Dalam jangka panjang, proposal bisnis Anda akan membutuhkan perbaikan terus-menerus. Berikan saja aspek teknis yang penting dan selalu utamakan pembaca untuk memahami gambaran keseluruhan ide bisnis Anda.

Contoh Proposal Bisnis Yang Benar

Seperti halnya ilmu bisnis dan sosial, cara membuat rencana bisnis atau proposal bisnis tidak rumit dan kaku. Anda perlu banyak membaca dan memperkaya pengalaman Anda untuk membuat rencana bisnis yang baik. Ini adalah beberapa contoh nyata dari proposal bisnis dari berbagai bidang bisnis.

Proposal rencana bisnis ekspor

Usulan bisnis ekspor sagnat cocok untuk perusahaan yang bergerak dalam perdagangan ekspor dan impor. Perbedaannya ada di bagian Audit Pasar (Bab III) yang menjelaskan secara rinci negara mana yang merupakan tujuan utama dan alasan pemilihannya.

Usulan produk bisnis kreatif

Contoh lain dari proposal bisnis yang berlimpah hari ini adalah sektor bisnis kreatif. Dalam jenis proposal ini, riset pasar yang baik diperlukan berdasarkan ukuran pasar, tren terbaru, pesaing, dan rencana pemasaran. Ini karena perusahaan di sektor kreatif sering menghadirkan produk baru yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Proposal desain bisnis real estat

Contoh proposal untuk pengembang real estat. Pada awalnya, umumnya perlu menambahkan informasi tambahan tentang profil singkat perusahaan, legalitas perusahaan, serta pengalaman bekerja pada proyek-proyek yang telah dilakukan.

Baca juga : contoh surat lamaran kerja

Di sini penulis memberikan 3 contoh rencana bisnis yang siap dijalankan. Isi proposal bisnis ini mencakup bisnis real estat atau yang biasa disebut Agroaldeano Commercial Plan, rencana bisnis ekspor atau Indochemical Agrotech, serta proposal bisnis kreatif atau Pembicara Bambu. Anda dapat mengunduh ketiga file PDF secara langsung setelah memasukkan email yang valid.

Contoh Proposal Bisnis  (Konten)

Secara umum, berikut ini adalah contoh daftar isi yang terkandung dalam rencana bisnis. Meskipun ketika membuat proposal bisnis, sebenarnya mungkin berbeda sesuai dengan informasi yang harus disajikan dalam proposal. Untuk mendapatkan format lengkap dari rencana bisnis, Anda dapat melihat di halaman berikut: templat rencana bisnis.

RINGKASAN EKSEKUTIF

BAB I INFORMASI PERUSAHAAN

  1. Legalitas Perusahaan
  2. Struktur organisasi
  3. Kinerja keuangan
  4. Pengalaman perusahaan

BAB II PENDAHULUAN

  1. Tinjauan Bisnis
  2. Dana industri
  3. Tujuan, Potensi, dan Visi dan Misi Perusahaan
  4. Keunikan produk

BAB III PEMASARAN

  1. Penelitian dan analisis
  2. Ukuran dan tren pasar
  3. Persaingan
  4. Rencana pemasaran

BAB IV IMPLEMENTASI BISNIS

  1. Lokasi
  2. Akses transportasi
  3. Populasi/kependudukan
  4. Fasilitas umum

BAB V LEGALITAS

BAB VI MANAJEMEN

BAB VII KEUANGAN

  1. Biaya modal yang diharapkan
  2. Perkiraan biaya operasi
  3. Analisis profitabilitas
  4. Analisis titik keseimbangan

BAB VIII ASPEK TEKNIS

  1. Tahap perencanaan dan pengembangan

BAB IX STRATEGI PANEN

  1. Transfer aset
  2. Keberlanjutan bisnis

Demikian adalah contoh proposal bisnis yang dapat anda jadikan sebagai bahan referensi semoga dapat bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close