umum

Berikut Contoh Surat Kuasa Yang Benar

Berikut ini merupakan contoh surat kuasa yang benar dan cara untuk dapat membuat surat kuasa dengan benar dan baik yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Dengan kuasa pengacara, Anda dapat melakukan sesuatu dengan perantara orang lain, membuat pekerjaan Anda lebih mudah. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengerti bagaimana membuat surat kuasa memiliki beberapa kebutuhan yang baik dan benar, dan karenanya, lihat artikel berikut di bawah ini.

Berikut Contoh Surat Kuasa Yang Benar

Definisi surat

Pada umumnya memang, pengertian surat adalah sarana untuk mengirimkan pesan atau informasi kepada orang lain dalam bentuk kertas atau kertas digital. Selain menulis, surat biasanya dapat juga melampirkan sesuatu yang lain, seperti gambar, dokumen dan file digital lainnya. Huruf-huruf yang dilihat dari teknologi dapat dibagi menjadi 2, yaitu: surat biasa dan surat elektronik (email).

Baca juga ini : contoh surat pernyataan

Apabila memang terlihat dari sifatnya, surat kuasa tersebut masuk ke dalam jenis surat resmi. Ini karena surat kuasa memiliki kekuatan hukum yang mengikat, sehingga apa pun isi surat kuasa tersebut.

Definisi surat kuasa

contoh surat kuasa
contoh surat kuasa ilustrasi gambar www.clmiss.ca

Surat kuasa adalah surat yang berisikan informasi yang mewakili kewenangan untuk melakukan sesuatu atas nama otoritas. Surat ini akan menjadi bukti bahwa seseorang yang telah diberi wewenang untuk melakukan tugas-tugas yang ditulis dalam surat tersebut mewakili nama penulis.

Jenis surat kuasa

Jika dilihat dari sifatnya, surat kuasa memiliki 3 jenis, yaitu:

  • Surat kuasa individu/perorangan
  • Surat kuasa resmi/kedinasan
  • Surat kuasa khusus/istimewa

Cara untuk dapat membuat surat kuasa

Baca juga : contoh surat penawaran

Karena surat kuasa itu sendiri mempunyai 3 jenis, yaitu surat kuasa perorangan, dinasan dan istimewa, dengan membuat surat kuasa juga sedikit berbeda di masing-masing jenis. Selanjutnya, kami akan memberikan penjelasan tentang cara membuat surat kuasa di setiap jenis.

Cara membuat surat kuasa individu/perorangan

contoh surat kuasa yang benar
contoh surat kuasa yang benar ilustrasi gambar sandtonchronicle.co.za

Membuat surat kuasa perorangan benar-benar sangat mudah, karena hanya memberi wewenang untuk melakukan kegiatan pribadi dari pemberi kuasa. Saat membuat surat kuasa pribadi, Anda hanya perlu menulis beberapa hal, yaitu:

  1. Judul surat harus ditulis “Surat Kuasa” atau “Surat Kuasa perorangan”.
  2. Bagian berikut adalah deskripsi data pribadi dari otorisasi, seperti: nama, alamat, pekerjaan, nomor ponsel, dll. (Semakin lengkap, semakin baik)
  3. Kemudian, bagian selanjutnya adalah data pribadi penerima. Jangan lupa sebelum menulis data pribadi Anda, Anda juga harus menulis kalimat yang menjelaskan bahwa data pribadi di bawah adalah orang yang menerima surat kuasa. Contoh surat kuasa yang benar pada bagian ini yang lainnya adalah anda bisa menyebutkan “Dengan ini memberikan anda sebuah otorisasi: … (data yang bersifat pribadi)”
  4. Di bagian 4, jangan lupa bahwa Anda membuat paragraf tentang kekuatan yang dimilikinya. Paragraf ini penting untuk membatasi rentang pergerakan atau otoritas penerima wewenang dalam melakukan kegiatan atas nama pemberi.
  5. Tanggal dan tanda tangan kedua belah pihak.
  6. Jika surat kuasa tersebut telah diberikan, itu mengandung unsur hukum yang mengikat, Anda dapat menambahkan perangko di atasnya.

Cara membuat surat kuasa kedinasan

contoh surat kedinasan
contoh surat kedinasan ilustrasi gambar www.lovinbot.com

Secara umum, agensi / perusahaan memberikan kekuasaan resmi untuk menyerahkan wewenang kepada orang-orang atau posisi tertentu dalam melaksanakan tugas mereka atas nama organisasi atau kepemimpinan. Karena itu atas nama organisasi atau kepemimpinan, membuat kekuatan resmi tidak semudah kekuatan individu. Ada beberapa hal yang harus dimasukkan dalam surat untuk memastikan keaslian dan menghindari penyalahgunaan wewenang.

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Youla Maria Watugigir

Tempat lahir: jateng, 29 April 1985.

Alamat: Desa sukatani 3, Kecamatan Dissmembe, Kabupaten Miiinut, jawa tengah, 95903

KTP No: 7106056904850001

Memberikan kuasa untuk

Nama: Elishabeth Kamagi.

Alamat: Desa Matungkas 3, Kecamatan Dimembe, Kabupaten Minut, Sulawesi Utara, 95373

KTP No: 7106054512600001

Untuk memperoleh Sertifikat Rekam Medis (STR) dari Dewan Medis Indonesia atas nama pengacara.

Karena itu, saya membuat kekuatan ini untuk menggunakannya dengan benar.

Tanggal, 20 Juni 2011

Mereka yang mempunyai sebuah kekuatan dan memberi kekuatan

(Elishabeth Kamagi) (Youla Watugigir)

Demikian adalah contoh surat kuasa yang benar semoga informasi di atas dapat bermanfaat, sehingga dapat di jadikan sebagai bahan referensi anda dalam studi.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close