aplikasi

CRM System Sebagai Teknologi Pengelolaan Bisnis Anda

Sebagai pelaku bisnis, Anda harus mengenal software Customer Relationship Management (CRM) atau CRM System. Sesuai dengan namanya, Anda tentu sudah bisa menilai bahwa CRM System ini berkaitan dengan pengelolaan pelanggan pada suatu perushaan. Berikut ini akan memberikan informasi mengenai CRM System atau software Customer Realtionship Management (CRM) sebagai teknologi pengelolaan bisnis dalam aktivitas dukungan pelanggan.

Baca juga : Aplikasi Project Management

Pengertian CRM System

Pengertian CRM System

Customer Relationship Management (CRM) atau CRM System pada dasarnya adalah alat, strategi, atau proses untuk membantu bisnis dalam mengelola dan mengakses data pelanggan dengan lebih baik. Pada awalnya Customer Relationship Management (CRM) mengandalkan tulisan tangan dan Rolodex, tetapi dengan kemunculan teknologi digital, Customer Relationship Management (CRM) telah berkembang menjadi database yang dapat disimpan di dalam sebuah perangkat komputer.

Sekarang, Customer Relationship Management (CRM) hampir berkaitan dengan strategi bisnis secara keseluruhan. CRM System bertindak sebagai seperangkan software yang dapat mengintegrasikan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan. Selain itu CRM System juga membuat proses, strategi, dan pengelolaan tenaga penjualan dalam satu sistem menjadi lebih sederhana.

Baca juga : Aplikasi Bayar Pajak

Kegunaan CRM System Bagi Perusahaan

Kegunaan CRM System Bagi Perusahaan

CRM System saat ini telah bermetamorfosis sebagai salah satu perangkat lunak untuk bisnsi yang terlaris di pasaran. Dengan demikian, jelas bahwa Customer Relationship Management (CRM) atau CRM System ini memiliki banyak kegunaan untuk perusahaan. Berikut ini kegunaan-kegunaan Customer Relationship Management (CRM) bagi perusahaan.

1. Untuk Meningkatkan Hubungan dengan Prospek dan Pelanggan

Seluruh informasi lengkap mengenai prospek dan pelanggan akan disimpan di dalam satu tempat penyimpanan, sehingga Anda dapat dengan mudah melacaknya ketika Anda memerlukannya. Informasi detail yang tersimpan tersebut dapat membantu Anda memahami kebutuhan para pelanggan dengan lebih baik. Dengan demikian, Anda dan perusahaan dapat memberikan layanan yang terbaik untuk para konsumen Anda.

2. Untuk Menghemat Penggunaan Spreadsheet

CRM System membantu perusahaan Anda untuk efisiensi berbagai tugas manual yang menyita banyak waktu. Contohnya, pencatatan data prospek atau pelanggan dengan menggunakan spreadsheet secara manual tentu saja membutuhkan waktu lama dan lebih banyak tenaga. Maka dari itu CRM System berguna untuk mengatasi semua permasalahn tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membuat prospek baru dari formulir pendaftaran dan mengirimkan email perusahaan secara otomatis kepada para konsumen.

3. Untuk Meninjau Kinerja Tenaga Penjualan

Melalui CRM System, Anda dapat dengan mudah mengontrol kinerja tim penjualan Anda dan mengetahui status setiap prospek yang ditangani oleh masing-masing salesperson. Selain itu, Anda akan melihat dengan jelas tinjauan dari riwayat interaksi kinerja tenaga penjual dengan prospek dalam hal melakukan konversi prospek menjadi pelanggan, dan lain-lain.

4. Untuk Menyederhanakan Saluran Penjualan

CRM System memungkinkan Anda dan perusahaan untuk mendapatkan gambaran yagn lebih jelas atas saluran penjualan perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda dapa denganmudah mengidentifikasi prospek yang memiliki potensi tinggi dan berprioritas untuk melakukan transaksi dengan perusahaan Anda.

5. Untuk Personalisasi Email Marketing

Dengan CRM System metode personalisasi akan menjadi lebih efektif karena dapat dengan otomatis mengirim email kepada konsumen. Email tersebut berisi promosi, newsletter, dan penawaran spesial yang disesuaikan dengan preferensi setiap konsumen.

6. Dapat Memperkuat Bisnis Melalui Kerjasama Sebuah Tim

Ketika tim pada perusahaan Anda bekerja sendiri-sendiri, tentu akan menjadi sebuah hambatan bagi perusahaan Anda. Maka dari itu, CRM System dibutuhkan oleh setiap tim untuk saling bekerjasama mengelola data dalam satu sistem.

7. Untuk Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

Pandang yang Anda peroleh mengenai prospek dan konsumen Anda sangat menyelurh, sehingga Anda dan perusahaan dapat melakukan selling upa dan selling cross pada waktu yang tepat. Dengan menggunakan CRM System, tingkat keberhasilan yang akan diperoleh perusahaan Anda akan jauh lebih tinggi. Selain itu, Anda juga dapat meningkatkan revenue melalui peningkatan layanan dan kualitas produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Baca juga : Aplikasi Dompet Virtual

Pilihan CRM System untuk Pengelolaan Bisnis

Pilihan CRM System untuk Pengelolaan Bisnis

CRM system atau aplikasi CRM pada dasarnya ada dua macam, yaitu aplikasi CRM dalam berbasis dekstop dan CRM berbasis web. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi internet, saat ini pada umumnya apliasi CRM sudah terintegrasi dengan aplikasi ERP berbasis Web. Beberapa contoh CRM system yang bisa digunakan antara lain ESPOCRM, RedERP, BarantaCRM (Android Aplikasi), CRM HashMicro, EQMS lite, SprinxCRM, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai software CRM atau CRM system, teknologi yang banyak dicari dan digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan provit penjualan produk perusahaannya.

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close