bisnis

Mengenal Ragam Cryptocurrency yang Paling Populer di Dunia

Beberapa mengatakan crypocurrency adalah inovasi masa depan. Beberapa juga menganggap bahwa cryptocurrency adalah kejahatan. Ada pula yang menganggap bahwa cryptocurrency adalah keajaiban tekhnologi. Jadi sebenarnya apa cryptocurrency sesungguhnya? secara sederhana cryptocurrency berarti mata uang digital.

Berinvestasi Menggunakan Cryptocurrency

Berinvestasi Menggunakan Cryptocurrency

Cryptocurrency sangat akrab dikalangan para pemain investasi. Dari tahun ke tahun cryptocurrency terus mengalami peningkatan fluktuatif. Tentu kamu sudah sering mendengar nama Bitcoin, Libra (akan segera release), Litecoin, Ethereum itu adalah sederet nama-nama mata uang digital. Mata uang digital atau cryptocurrency dilindungi oleh kode-kode rumit yang berfungsi sebagai keamanan. Kepemilikan mata uang digital berbeda dengan mata uang konvensional. Mata uang digital tidak memiliki bentuk fisik.

Baca juga : Investasi Saham Bagi Pemula

Cryptocurrency bersifat desentralisasai sehingga tidak memerlukan perantara dalam bertransaksi. Walaupun transaksi dilakukan secara langsung peer to peer, tetapi pencatatan tetap dilakukan secara otomatis pada database cryptocurrency.Transakasi mata uang digital dapat dilakukan kapan dan dimanapun, asal ada jaringan internet.Transaksi yang umum dilakukan adalah pengiriman dan penerimaan uang. Sebelumnya untuk mentransfer uang ke luar negeri kita membutuhkan waktu sekitar 3 hari, tetapi dengan mata uang digital hanya memerlukan beberapa menit saja. Nilai dari setiap mata uang digital tergantung dari permintaan pasar.

Berinvestasi Menggunakan Cryptocurrency

Mata uang digital atau cryptocurrency akan terus meningkat harganya mengikuti fluktuasi pasar. Dengan adanya cryptocurrency transaksi financial jauh lebih mudah. Sebab seluruh transaksi cukup dilakukan melalui ponsel atau PC yang terkoneksi dengan internet. Disamping itu transaksi cryptocurrency jauh lebih aman. Setiap transaksi cryptocurrency akan tercatat pada komputer milik para miner yang tersebar. Komputer yang dipakai untuk menjadi seorang miner atau penambang cryptocurrency adalah komputer khusus. Blockchain menjadi platform yang digunakan mencatat setiap transaksi yang dilakukan. Untuk membobol sistem pada blockchain dibutuhkan setidaknya melepas ikatan rantai pada sistem sebesar 51%. Hampir mustahil untuk hacker melakukannya.

Baca juga : Investasi Emas Digital

Cryptocurrency Paling Populer

Bitcoin

Bitcoin

merupakan mata uang digital yang pertama kali terdesentralisasikan di dunia. Siapapun dapat menggunakan bitcoin tanpa ada batasan atau syarat tertentu. Bitcoin aman, cepat dan anonym. Saat ini ada jutaan pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Sekitar 1 triliun dolar berpindah di seluruh dunia setiap tahunnya. Pada dunia bisnis bitcoin dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah.

Remitens adalah pasar besar yang sangat terpengaruh dengan pergerakan bitcoin. Sebelumnya kita harus menggunakan perusahaan keuangan jika ingin melakukan transaksi keuangan. Rata-rata transaksi keuangan yang melibatkan pihak ketiga mengharuskan membayar sejumlah fee. Sebenarnya bitcoin pun ada fee yang harus dibayarkan tetapi fee dari bitcoin adalah sebesar 0.25%. Jika dibandingkan dengan perusahaan keuangan,  dengan fee yang besar sekitar 5% sampai 20%.

Bitcoin dijalankan oleh ribuan orang yang mengamankan jaringan dengan komputer khusus dan meverifikasi transaksi. Mereka inilah yang disebut penambang bitcoin. Pada 2016 dalam setiap 10 menit blok bitcoin yg baru terbentuk dan diberikan kepada penambang sekitar 50 bitcoin.

Setelah 210 ribu blok terbentuk setelah 4 tahun,maka jumlah blok bitcoin menurun setengahnya. Penurunan pembutatan bitcoin akan terus berlanjut selama 4 tahun sekali hingga pada akhirnya bitcoin tidak diproduksi kembali.Akibatnya adalah Bitcoin akan menjadi berharga. Sebab status bitcoin pada saat itu akan langka. Permintaan akan terus meningkat namun ketersedian langaka maka harga bitcoin akan melambung naik.

Baca juga : Investasi Bitcoin

Libra

Libra

Cryptocurrency besutan facebook. Libra nantinya bisa disimpan ke dalam dompet digital yang disebut calibra. Fungsi dari Libra bisa digunakan untuk menabung, transfer juga untuk berbelanja. Sekilas mungkin terlihat tidak ada yang berbeda. Tetapi transaksi menggunakan Libra akan dirasakan semudah kita berkirim pesan.

Transaksi Libra dapat dilakukan juga melalui Whatsapp. Mengenai urusan top-up saldo libra, pengguna bisa membeli koin libra di bursa cryptocurrency. Libra tidak dikelola sendirian oleh facebook. Karena ada yang disebut Libra Asosisasi. Libra asosiasi menggandeng deret nama-nama besar di dalamnya. Ada Uber, Vodavone, Lift dan 1500 entitas lainnya yang mau mendukung lahirnya Libra. Libra asosiasi adalah konsorsium yang mengelola proses tranaksi dalam libra. Jika sesuatu terjadi pada libra ada dana yang menjamin karena terdapat nama-nama besar dalam Libra. Tapi sayangnya ditengah perjalanannya para investor besar dalam libra hengkang. Nama-nama yang keluar adalah Paypal, master,visa,ebay,stripe,mercado pago. Meski demikian Libra akan release sesuai jadwal. Perkiraannya pada pertengahan 2020.

Baca juga : Investasi Emas

Litecoin

Litecoin

Adalah mata uang digital ke tujuh yang terdesentralisasi. Litecoin dibuat pada 7 Oktober 2011. Jika Bitcoin adalah gold electron dan Libra adalah dolar electron, makan litecoin adalah silver electron. Suplai koin Litecoin lebih besar, namun pembuatannya akan berhenti pada 84 juta koin. Litecoin merupakan versi sederhana dari bitcoin. Jarak antar blok yang dimiliki Litecoin jauh lebih pendek dari bitcoin yaitu 2.5 menit. Tujuan dibuatnya Litecoin adalah untuk menjawab kekurangan yang dimiliki oleh Bitcoin. Litecoin memiliki kapitalisasai market lebih dari 10$ miliar. Litecoin juga dikembangkan menggunakan siste blockchain yang sama dengan bitcoin.

Ethereum

Ethereum

Memiliki mata uang digital yang menjadi primadona para investor. Ether adalah nama mata uang digital besutan Ethereum yang terdesentralisasi . Ethereum diciptakan pada tahun 2014.  Aplikasi Ethereum akan berjalan sesuai dengan program sehingga tidak ada yang kedepannya mengganggu proses aktifitas pada Ethereum. keamanan pada Ethereum di jamin oleh blockchain. Ethereum dalam penggunaanya tidak hanya terfokus pada transaksi peer to peer uang elektronik. Pengguna bisa menggunakan Ethereum sebagai pertukaran mata uang digital, sebagai sistem pembayaran digital, iklan online dan masih banyak lagi.

Tujuan dari Ethereum adalah mebangun, menyebarkan suatu aplikasi yang terdesentralisasi. Seluruh pengguna Ethereum berinteraksi dan terkoneksi dengan sistem komputer. Aplikasi ini memafaatkan perangkat yang sudah familiar oleh para pengguna. Di Ethereum tidak ada informasi.

Ethereum dirancang untuk menyimpan semua jenis data menggunakan program blockchain Ethereum. Tujuannya agar sistem industri keuangan dan penyimpanan pribadi tidak megalami kebocoran seperti yang diduga terjadi di Facebook. Sebab Ethereum yang mempelopori initial coin offering. Ethereum tidak memiliki batas dalam proses produksinya.

Bagi para investor di Indonesia dapat membeli Ethereum dengan menggunakan mata uang yang dimiliki oleh investor. Uang digital milik Ethereum dapat disimpan menggunakan dompet digital seperti Ledger.

Sampai hari ini pembahasan tentang cryptocurrency masih menjadi pembahasan hangat. Tidak hanya dibicarakan dilingkup investor dan dunia finace. Masyarakat umum juga mulai tertarik terhadap segala hal yang berhubungan dengan mata uang digital, Mulai dari keuntungan menggiurkan yang ditawarkan. Teknologi inovasi yang diterapkan pada transaksi cryptocurrency. Permintaan pasar yang terus meningkat membuat investasi mata uang digital mendapat tempat yang perlu diperhitungkan pada bursa pasar.

Berikut adalah penjelasan singkat tentang cryptocurrency dan berbagai jenis mata uang digital yang mendapat perhatian besar di masyarakat global. Lantas manakah mata uang digital yang akan merajai pasar cryptocurrency?

Tags

Novriadi

Novriadi.com situs personal yang memberikan informasi baru yang bisa anda ketahui dan anda bisa langsung melihat, membaca dan memahami isi dari artikel. Dan semoga bermanfaat dan memberikan hasil informasi yang baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close