umum

Definisi Apresiasi: Fungsi, Manfaat, Tujuan, Bentuk Apresiasi

Apa yang anda pahami tentang apresiasi? Pengertian apresiasi adalah proses atau bentuk apresiasi dan evaluasi hal-hal yang berkaitan dengan karya seni dan sastra.

Secara etimologis, kata “Apresiasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Apreciatio”, yang berarti rasa hormat. Sedangkan dari segi terminologi, makna kata apreasiasi adalah proses evaluasi atau apresiasi positif yang dilakukan seseorang terhadap sesuatu.

Memahami penilaian menurut para ahli

Definisi Apresiasi: Fungsi, Manfaat, Tujuan, Bentuk Apresiasi
Definisi Apresiasi: Fungsi, Manfaat, Tujuan, Bentuk Apresiasi

Untuk lebih memahami arti dari penilaian, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli tentang definisi penilaian. Di bawah ini adalah pemahaman tentang penilaian menurut para ahli:

Prayogi

Menurut Prayogi, gagasan penghargaan/apresiasi/apresiasi adalah bahwa semua kegiatan memberi hadiah/penghargaan/apresiasi yang dilakukan sebagai hasil dari penggunaan, infiltrasi, dan penilaian karya sastra atau artistik tertentu. Apresiasi juga merupakan bentuk kekaguman yang datang dari diri penikmat karya seni atau karya sastra tertentu.

Baca juga : Contoh Surat Penawaran

S. E Effendi

Menurut S. E Effendi, gagasan penghargaan/apresiasi adalah kegiatan mengasosiasikan kreativitas sastra secara serius sehingga meningkatkan pemahaman, apresiasi, kepekaan berpikir kritis dan kepekaan yang baik terhadap sastra.

Verbeek

Menurut Verbeek, pengertian penghargaan/apresiasi adalah kesadaran untuk menilai melalui apresiasi terhadap karya seni dengan memberdayakan seluruh orang yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan, dan asumsi mereka sendiri.

Hornby

Menurut Hornby, makna penghargaan/apresiasi adalah pengakuan dan pemahaman yang memadai, pertimbangan, penilaian dan pernyataan yang memberikan penilaian.

Baca juga : Contoh Surat pernyataan

Elliyati

Menurut Elliyati, definisi penghargaan/apresiasi adalah setiap kegiatan yang akrab dengan karya sastra yang serius terkait dengan ketulusan para pecinta sastra untuk mengenali, menghargai, dan menghargai, sehingga mereka dapat menemukan inspirasi yang benar-benar mendalam.

Albert R. Candler

Menurut Albert R. Candler, gagasan penghargaan/apresiasi adalah proses menafsirkan dan sepenuhnya menyadari seluk beluk seni, dan peka terhadap gejala estetika dan artistik, sehingga mereka dapat menikmati dan menilai pekerjaan dengan benar.

Baca juga : Surat Permohonan

Fungsi Penghargaan/apresiasi Umum

Fungsi Penghargaan/apresiasi Umum
Fungsi Penghargaan/apresiasi Umum

Mengacu pada pengertian penghargaan/apresiasi sebelumnya, fungsi penghargaan/apresiasi secara umum adalah seperti bentuk ungkapan penghargaan/apresiasi atas suatu karya. Berikut ini adalah beberapa fungsi seni:

  • Sebagai cara untuk menilai, mendidik, empati, karya seni atau sastra.
  • Sebagai sarana untuk meningkatkan cinta orang terhadap pekerjaan anak-anak bangsa, dan cara merawat orang lain.
  • Sebagai cara untuk meningkatkan dan mengembangkan keterampilan manusia dalam beberapa cara.

Manfaat penghargaan/apresiasi

Manfaat penghargaan/apresiasi
Manfaat penghargaan/apresiasi

Berterima kasih kepada orang lain atas pekerjaan mereka akan berdampak pada individu dan masyarakat. Berikut ini adalah beberapa manfaat penghargaan/apresiasi jika diterapkan dengan baik:

Baca juga : Pengertian Abstrak

  • Bagi kita untuk memahami karya seni dari berbagai sisi.
  • Meningkatkan rasa cinta untuk karya seni dan manusia lainnya.
  • Menjadi sarana untuk melakukan pendidikan, hiburan, empati, dll.
  • Tingkatkan dan kembangkan karya seni untuk tingkatkan di masa depan.

Tujuan penghargaan/apresiasi

Tujuan penghargaan/apresiasi
Tujuan penghargaan/apresiasi

Apa tujuan menghargai orang lain? Secara umum, tujuan apresiasi adalah untuk mengedukasi masyarakat agar mereka tahu apa, bagaimana, dan alasan terciptanya karya seni. Dengan cara itu, masyarakat dapat menghargai dan mengevaluasi suatu karya dan mengembangkan nilai estetika dari karya seni tersebut.

Selain itu, tujuan penilaian adalah sebagai berikut:

  • Mengevaluasi dan mengembangkan nilai estetika seni.
  • Tingkatkan dan kembangkan kemampuan untuk menciptakan dan membayangkan.
  • Untuk menyempurnakan keindahan seni.

Jenis penghargaan/apresiasi

Jenis penghargaan/apresiasi
Jenis penghargaan/apresiasi

Secara umum, jenis penghargaan/apresiasi dapat dibagi menjadi empat kelompok. Berikut ini adalah beberapa jenis penghargaan/apresiasi:

Penghargaan/apresiasi empatik

Jenis penghargaan/apresiasi ini adalah kegiatan menilai atau menghargai suatu karya seni yang hanya dapat diterima secara sensual.

Baca juga : Pengertian Analisis

Penghargaan/apresiasi estetika

Jenis penghargaan/apresiasi ini adalah kegiatan menilai atau menghargai suatu karya seni yang melibatkan pengamatan dan penghargaan/apresiasi yang mendalam.

Apresiasi kritis.

Jenis apresisi ini adalah kegiatan untuk mengevaluasi atau menghargai suatu karya seni dengan melibatkan interpretasi, analisis, deskripsi, klasifikasi, evaluasi dan penghargaan/apresiasi.

Tahapan penghargaan/apresiasi

Dalam praktiknya, ada beberapa tahapan khusus dalam kegiatan apresiasi. Berikut ini adalah tahapan penghargaan/apresiasi secara umum:

  1. Pengamatan; Proses mengamati sebuah karya seni tidak hanya melalui indera, tetapi juga memberdayakan seluruh orang.
  2. Kegiatan fisiologis; Kegiatan ini merupakan tindakan nyata saat melakukan pengamatan.
  3. Kegiatan psikologis; Kegiatan ini adalah persepsi dengan evaluasi yang memunculkan interpretasi imajinatif sebagai mesin kreativitas.
  4. kegiatan penghayatan; Kegiatan ini merupakan pengamatan terhadap karya seni secara mendalam.
  5. Kegiatan penghargaani; Kegiatan ini termasuk mengevaluasi objek seni dan mengirimkan kontribusi.

Di atas adalah penjelasan tentang pengertian penghargaan/apresiasi, fungsi, tujuan, manfaat, jenis dan tahapan penghargaan/apresiasi secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close