umum

Definisi Chauvinisme : Para Ahli, Dampak Negatif Dan Positif

Definisi chauvinisme: secara umum, definisi chauvinisme adalah gagasan yang menganggap suku itu sendiri atau suatu bentuk perasaan cinta, bangsa, royalti yang tinggi, fanatisme atau kesetiaan kepada negara terlepas dari pendapat orang lain. Makna chauvinisme adalah pengajaran dan pemahaman fanatisme seseorang terhadap negaranya secara berlebihan dan, sebaliknya, merusak kualitas negara lain atau menganggap negara lain sebagai negara yang buruk.

Bentuk chauvinisme adalah sikap memercayai karakteristik chauvinisme dengan satu visi tanpa memikirkan yang buruk dan yang lainnya. Sejarah chauvinisme dalam bentuk chauvinisme adalah istilah yang telah banyak digunakan sejak 1960.

Chauvinisme adalah pertumbuhan nasionalisme Barat yang akhirnya melahirkan semangat agresif dan pemahaman yang dimiliki pria terhadap wanita. Istilah ini masih digunakan sejauh ini, tetapi hanya sedikit yang tahu arti sebenarnya dari chauvinisime.

Definisi Chauvinisme : Para Ahli, Dampak Negatif Dan Positif

Definisi Chauvinisme : Para Ahli, Dampak Negatif Dan Positif
Definisi Chauvinisme : Para Ahli, Dampak Negatif Dan Positif

Sejarah chauvinisme di mana kata chauvinisme berasal adalah pengecualian bagi tokoh fiksi bernama Nicolas Chauvin, yang adalah seorang prajurit setia Napoleon Bonaparte. Meskipun Napoleon kalah dan dibuang, Chauvin akan tetap setia. Sampai makna dan istilah chauvinisme dikonseptualisasikan sebagai chauvin.

Baca juga : Pengertan Negara

Oleh karena itu, definisi atau definisi chauvinisme berdasarkan konsep chauvinisme sebelumnya dapat dikatakan bahwa pengertian chauvinisme adalah gagasan yang cenderung loyal atau melihat kesetiaan terhadap sesuatu.

Ini memunculkan beberapa jenis chauvinisme, seperti pandangan atau pemahaman tentang chauvinisme nasionalis. Nasionalisme Chauvinis adalah pemahaman yang percaya pada negara Anda dan bahkan rela berkorban untuk pandangan semacam itu.

Seseorang yang memilih partai chauvin sangat yakin bahwa partai politiknya sangat fanatik. Chauvinisme dalam konteks politik atau negara tentunya bisa berpengaruh terhadap seseorang untuk menyerang sesiapa saja yang telah mendukung partai yang terlihat berbeda atau memiliki pendapat yang berbeda.

Baca juga : Wawasan Nusantara

Chauvinisme sering ditafsirkan sebagai gagasan nasionalisme, yang berarti pemahaman yang merendahkan bangsa lain dan membela negara itu sendiri secara berlebihan. Hal ini membuat beberapa pihak percaya bahwa chauvinisme harus dihilangkan, ditolak, dan dihindari di masyarakat Indonesia karena chauvinisme dapat mendorong pelanggaran HAM ketika diterapkan.

Ada beberapa alasan chauvinisme tidak berlaku di Indonesia

Tidak hanya hal itu, chauvinisme sangat bertentangan dengan Pancasila dan konten artikel yang dikandungnya. Contoh-contoh seperti itu, penerapan chavunisme dalam pelajaran PKN, sosiologi dan berbagai informasi di jejaring sosial, termasuk Wikipedia, dan juga pada Artikelsiana.com, hanya membahas makna chauvinisme dalam cara atau konsep penyediaan informasi atau pemahaman terkait. dengan ideologi chauvinisme.

chauvinisme
chauvinisme

Bukan sebagai cara untuk mempengaruhi di mana Anda dapat mengatakan bahwa chauvinisme dalam ideologi Indonesia bertentangan karena itu melanggar Pancasila dan mendorong pelanggaran hak asasi manusia.

Baca juga : Pengerian HAM

Gagasan chauvinisme sendiri telah bertentangan dengan pengamalan Sila Ketiga Pancasila, yaitu, “Persatuan Indonesia,” sehingga gagasan ini sendiri dikenakan pada pertumbuhan di Negara Indonesia, yang dapat menyebabkan perpecahan dan pemberontakan.

Di mana diketahui mengapa chauvinisme bertentangan dengan Pancasila di Sila Ketiga karena Pancasila dalam Kutukan Ketiga adalah realisasi dari persatuan yang sama di seluruh Indonesia, semua daerah memiliki kesempatan yang sama untuk menyatukan dan membangun pembangunan. Patriotisme dianggap lebih elegan dan cocok untuk diterapkan karena didasarkan pada Pancasila dan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945.

Patriotisme adalah perasaan cinta, kebanggaan, dan kemauan untuk berkorban demi kebaikan bangsa dan negara tanpa harus menghina bangsa lain atau merusak bangsa lain yang hanya akan melepaskan perang yang panjang dan abadi.

Baca juga : Pengertian Politik

Contoh chauvinisme terjadi ketika Hitler menyampaikannya dengan frasa dari Deutschland Uber Alles di der Welt yang berarti bahwa “Jerman di atas segalanya di dunia”. Contoh ini sering digunakan oleh Jerman untuk memberikan antusiasme seperti pada Kejuaraan Eropa 2000.

Memahami chauvinisme menurut para ahli

chauvinisme menurut para ahli
chauvinisme menurut para ahli

Banyaknya urgensi chauvinisme membuat para ahli berpartisipasi dengan memberikan ide atau pendapat mereka tentang definisi chauvinisme. Menurut beberapa ahli, beberapa memahami chauvinisme, beberapa menganggapnya sebagai gagasan yang berarti baik dan ada juga yang menganggapnya sebagai sesuatu yang berarti buruk.

Namun, ketika mentransmisikan ide-ide para ahli, terlihat bahwa chauvinisme adalah konotasi yang tidak boleh digunakan sebagai pemahaman atau ideologi, terutama di negara Indonesia yang memiliki Pancasila sebagai dasar negara dan visi kehidupan.

Memahami chauvinisme menurut para ahli

Berikut ini adalah pemahaman chauvinisme menurut para ahli.

  • Definisi chauvinisme menurut Inoviana (2014)

Berdasarkan inoviana definisi dari chauvinisme merupakan sebuah istilah yang dipergunakan untuk anda dapat merujuk pada kesetiaan ekstrem kepada satu pihak tanpa ingin mempertimbangkan pandangan alternatif dari pihak lain.

  • Definisi chauvinisme menurut Mirandalaurensi (2014)

Arti chauvinisme adalah bentuk tindakan yang memuliakan negara Anda tetapi menganggap negara lain sebagai hal sepele. Ciri chauvinisme adalah bahwa ia suka menghina negara lain.

  • Definisi chauvinisme berdasarkan St-Times (2013)

Mengatakan bahwa definisi chauvinisme adalah cinta yang berlebihan bagi negara yang memuliakan bangsa itu sendiri, dan meremehkan atau merendahkan bangsa lain.

  • Definisi chauvinisme menurut Wikipedia

Definisi chauvinisme menurut Wikipedia adalah cara mengajar tentang cinta yang melebihi negara.

Negara-negara yang telah menerapkan pemahaman chauvinisme

Beberapa negara di dunia, telah menggunakan atau menerapkan pemahaman yang sangat tidak menyenangkan, telah digunakan hari ini oleh negara-negara maju.

Baca juga : Pengertian Norma

Contoh negara yang telah menerapkan gagasan chauvinisme adalah sebagai berikut.

  • Jerman

Jerman pernah jadi negara yang menganut ideologi atau memahami chauvinisme ini yang, bagaimanapun, memiliki pemimpin yang kejam dan kaku, memusuhi orang Yahudi, anak-anak kembar cacat. Situasi ini memicu Perang Dunia Pertama yang dipimpin oleh Adolf Hitler.

  • Jepang

Jepang adalah negara yang mempercepat kebangkitannya setelah dihancurkan oleh bom atom dan juga tsunami, dan populer dengan kecerdasan teknologi, pernah dipimpin oleh seseorang yang chauvinis, yaitu Tenno Haika, yang menganggap bahwa negara lain tidak lebih baik dari negara Anda.

  • Italia

Italia merupakan negara yang memiliki sejarah unik, pelopor beberapa nama parfum dan menjadi mode dunia, pernah disutradarai oleh B. Mussolini, yang menganggap bahwa negara-negara lain adalah peniru dan tidak kreatif, sehingga ia dikenal sebagai sombong dan kaku.

Dampak negatif chauvinisme

Dampak chauvinisme
Dampak chauvinisme

Berikut di bawah ini, beberapa efek negatif chauvinisme.

Baca juga : Pengertan Nasionalisme

  • Menciptakan perang dan konflik antara negara dan negara.
  • Memburuk atau menyebabkan kerusakan perdamaian dunia.
  • Menyebabkan gangguan pembangunan karena perasaan tertutup terhadap negara lain (tidak menerima saran).
  • Jadikan jiwa lebih tertutup dan sulit bersosialisasi dengan orang lain
  • Cenderung melupakan Tuhan Yang Mahakuasa sebagai pencipta alam semesta.
  • Buat seorang pemimpin tidak takut untuk menyerang negara lain demi kekuasaan
  • Membuat seseorang tidak dapat berpikir positif tentang kebaikan bangsa lain.

Dampak Positif Chauvinisme

Walaupun cenderung negatif, ternyata pemahaman chauvinisme dapat mengarah pada sikap positif, misalnya, dampak positif chauvinisme adalah menyatukan warganya dalam satu kesatuan yang tunduk pada pemerintah.

Ini seperti pendiri Chauvinisme, yang pertama kali disebabkan oleh kisah Nicolas Chauvin, seorang prajurit Napoleon Bonaparte, yang adalah penggemar kepemimpinan negaranya, meskipun ia tahu bahwa Chauvin yang malang diperlakukan buruk dan cacat.

Baca juga : Pengertian Hukum

Di atas adalah informasi tentang chauvinisme. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua untuk memahami dan merespons dengan bijak setiap pemahaman, doktrin atau sudut pandang yang ada di dunia atau di lingkungan kita, agar tidak mudah terpengaruh dan tentunya tidak bertentangan dengan ideologi negara. Terima kasih banyak

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close