umum

Definisi paragraf: fungsi, karakteristik, dan jenis paragraf

Apa itu paragraf? Secara umum, makna paragraf adalah bagian yang berbeda dari tulisan atau esai, umumnya terkait dengan topik tertentu dan ditandai oleh baris baru, lekukan atau penomoran.

Pendapat lain mengatakan bahwa makna paragraf adalah seperangkat kalimat dalam esai di mana ada ide utama di mana cara penulisan menggunakan baris baru atau lebih tepatnya menonjol ke dalam. Paragraf juga disebut paragraf di mana ada beberapa kalimat terkait. Dalam sebuah paragraf setidaknya ada 2 kalimat yang umumnya terkait untuk menghasilkan informasi.

Memahami paragraf menurut para ahli

Untuk lebih memahami makna paragraf, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli berikut:

  • Akhaidah et al.

Menurut Akhaidah et al. (1999: 144), memahami paragraf adalah inti dari mengeluarkan pemikiran yang didukung oleh semua kalimat dalam paragraf, mulai dari kalimat pengantar, kalimat utama atau kalimat tematik, kalimat penjelas hingga kalimat penutup. Kumpulan kalimat ini saling terkait dalam satu seri untuk membentuk sebuah ide.

  • Arifin dan S. Amran Tasai

Menurut Arifin dan S. Amran Tasai (2006: 125), memahami paragraf adalah seperangkat kalimat yang membahas ide atau topik. Kalimat dalam paragraf menunjukkan kesatuan pikiran atau memiliki koneksi untuk membentuk ide atau tema.

Baca juga : Teks Eksposisi

Fungsi paragraf secara umum

definisi paragraf
definisi paragraf

Paragraf memiliki beberapa fungsi dalam penulisan atau esai. Fungsi paragaf adalah sebagai berikut:

  1. Mengekspresikan gagasan/ide; yaitu paragraf dapat memberikan ide atau perasaan melalui serangkaian kalimat yang diurutkan untuk membentuk unit ide dasar.
  2. Tandai transisi gagasan/ide-ide baru; artinya, setiap tulisan atau esai terdiri dari beberapa paragraf dan di setiap paragraf ada ide yang berbeda tetapi masih terkait dengan ide utama.
  3. Memfasilitasi penulisan dan membaca: yaitu, dengan adanya paragraf, seorang penulis dapat lebih mudah mengekspresikan ide-idenya. Selain itu, paragraf juga lebih mudah untuk memahami ide-ide utama dalam sebuah tulisan jika penulisan dilakukan dalam paragraf yang baik.
  4. Membantu pengembangan topik artinya, pengembangan topik penulisan dengan cara yang lebih kecil akan lebih mudah untuk disampaikan melalui pembagian paragraf.
  5. Variabel kontrol; Paragraf juga memudahkan penulis untuk mengontrol variabel dalam esai mereka sehingga mereka lebih mudah untuk dipahami.

Karakteristik paragraf.

Karakteristik paragraf
Karakteristik paragraf

Paragraf dapat dikenali dengan memperhatikan karakteristiknya. Karakteristik paragraf adalah sebagai berikut:

  1. Dalam paragraf ada ide-ide utama yang disampaikan melalui setiap kalimat yang ditulis oleh penulis.
  2. Dalam paragraf ada kalimat tematik dan kalimat pengembang untuk menyampaikan ide-ide utama penulis dalam esainya.
  3. Dalam paragraf ada juga kalimat penjelas yang berisi perincian kalimat tematik. Dengan kata lain, esai hanya memiliki satu kalimat tematik tetapi terdiri dari beberapa kalimat penjelasan.
  4. Dalam jenis tulisan biasa, penulisan setiap awal paragraf diindentasi dalam beberapa ruang terpisah.
  5. Setiap paragraf artikel terdiri dari setidaknya 2 baris kalimat.

Jenis paragraf

Secara umum, paragraf dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Mengacu pada definisi paragraf sebelumnya, jenis paragraf adalah sebagai berikut:

Baca juga : Pemahaman Bahasa

Jenis paragraf berdasarkan fungsi

jenis paragraf
jenis paragraf
  1. paragraf awal; maksudnya, paragraf awal dari sebuah esai yang berfungsi untuk menarik rasa ingin tahu pembaca terhadap semua isi tulisan.
  2. Paragraf konten; Itulah paragraf dalam esai yang berisi bagian utama penulisan.
  3. tautan paragraf; Itu adalah paragraf yang berfungsi untuk menghubungkan setiap paragraf dalam esai sehingga menjadi satu kesatuan.
  4. paragraf terakhir; yaitu paragraf yang berisi kesimpulan, ringkasan, harapan, saran atau penegasan kembali poin-poin penting dalam sebuah esai.

Tipe paragraf berdasarkan posisi ide-ide utama

  1. paragraf deduktif; Itu adalah paragraf yang ide utamanya ada di awal paragraf.
  2. paragraf induktif; Itu adalah paragraf yang ide utamanya ada di akhir paragraf.
  3. paragraf lembam; Itu adalah paragraf yang ide utamanya ada di tengah paragraf.
  4. paragraf campuran; Itu adalah paragraf yang ide utamanya ada di awal dan akhir paragraf.

Jenis paragraf berdasarkan isi/konten

  1. Paragraf eksposisi; yaitu paragraf yang isinya bertujuan untuk menjelaskan informasi secara singkat dan padat kepada pembaca.
  2. Paragraf deskripsi; yaitu sebuah paragraf yang memberikan penjelasan tentang suatu peristiwa atau situasi di mana tulisan membuat pembaca seolah-olah dia bisa melihat, merasakan dan mendengar peristiwa atau keadaan yang disajikan.
  3. paragraf narasi; yaitu paragraf yang menceritakan suatu peristiwa dengan cara tertentu sehingga pembaca merasa terharu atau terhibur.
  4. paragraf persuasi; yaitu paragraf yang mengandung kalimat persuasi atau rayuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga ia tertarik pada ide-ide yang ditransmisikan oleh penulis.
  5. Argumen  yaitu, paragraf yang berisi argumen yang meyakinkan untuk masalah bagi pembaca untuk menerima ide-ide yang disampaikan oleh penulis.

Demikianlah penjelasan singkat tentang makna paragraf, fungsi, karakteristik dan jenis paragraf yang digunakan dalam penulisan. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close