umum

Definisi Statistik : Tujuan, Fungsi dan Jenis

Apa yang dimaksud dengan statistik? Yang dimaksud dengan statistik adalah kumpulan data dalam bentuk angka dan disusun dalam bentuk diagram dan / atau tabel di mana isinya menjelaskan masalah tertentu.

Signifikansi statistik adalah seperangkat metode dan aturan mengenai pengumpulan, analisis, pemrosesan, dan interpretasi data dari angka-angka yang menjelaskan data atau pengamatan. Secara etimologis, kata “statistik” berasal dari bahasa Latin, yaitu “negara”, yang berarti negara atau terkait dengan konstitusionalitas.

Secara umum, statistik banyak digunakan dalam penelitian di berbagai bidang, seperti ekonomi, bisnis, manufaktur, pemasaran dan lainnya. Dengan statistik Anda akan mencapai kesimpulan dan memfasilitasi proses pengambilan keputusan.

Baca juga : Pengertian Metode Penelitian

Definisi statistik menurut para ahli

Definisi Statistik : Tujuan, Fungsi dan Jenis
Definisi Statistik : Tujuan, Fungsi dan Jenis

Untuk lebih memahami arti statistik, kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut;

  • Prof. Dr. Sudjana, M. A., M.Sc.

Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Prof. Dr. Sudjana, MA, M.Sc., gagasan dari statistik adalah sebuah pengetahuan yang tentunya saling berhubungan pada sebuah metode pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan kesimpulan yang di dasarkan pengumpulan data dan analisis yang dilakukan.

Baca juga : Definisi Apresiasi

  • Anderson dan Bancroft

Berdasarkan apa yang diungkapkan Anderson dan Bancroft, adapun memang pengertian dari statistik adalah ilmu dan seni pengembangan dan metode yang sangat-sangat efektif untuk mengumpulkan, mentabulasi dan menafsirkan data kuantitatif sehingga kesalahan dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan menggunakan penalaran induktif berdasarkan probabilitas matematika (peluang).

  • Prof. Dr. H. Agus Irianto

Menurut Prof. Dr. H. Agus Irianto, pemahaman mengenai statistik ialah sekumpulan bentuk dan aturan yang kemudian saling keterkaitan dengan pengumpulan, pemrosesan (analisis), ekstraksi kesimpulan, mengenai data dalam bentuk angka menggunakan asumsi tertentu .

  • Anto Dajan

Menurut Anto Dajan, definisi statistik adalah data kuantitatif, baik yang belum terorganisir maupun yang sudah diorganisasikan dalam bentuk tabel.

  • Croxton dan Cowden

Menurut Croxton dan Cowden, makna statistik adalah metode untuk mengumpulkan, mengelola, menyajikan, dan menafsirkan data dalam bentuk angka.

Tujuan statistik

Setidaknya terdapat 4 tujuan utama statistik. Tujuan statistik adalah sebagai berikut;

Tujuan statistik
Tujuan statistik

Baca juga : Contoh Karya Ilmiah

  • Untuk dapat anda membuat deskripsi atau jelaskan data mengenai populasi yang kemudian dapat diselidiki.
  • Untuk membantu membuat estimasi nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang dianalisis.
  • Perkirakan konsekuensi dari hipotesis yang diterima. Estimasi ini kemudian akan digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan.
  • Kurangi jumlah populasi besar dalam ukuran yang lebih kecil untuk membuatnya lebih mudah dipahami.

Fungsi statistik

Statistik sendiri mempunyai 2 fungsi utama yang begitu pentingnya untuk kegiatan penelitian. Fungsi dari pada statistik sendiri ialah sebagai berikut;

Fungsi statistik
Fungsi statistik

Fungsi deskriptif

Fungsi ini merupakan fungsi statistik untuk menggambarkan, menjelaskan data dan peristiwa, yang dikumpulkan melalui proses penelitian dan penelitian yang belum menggeneralisasi atau menarik kesimpulan tentang populasi yang diteliti.

Fungsi inferensial

Fungsi ini merupakan fungsi statistik untuk dapat memprediksi dan juga mengendalikan semua populasi yang berdasar pada sebuah data, gejala, dan peristiwa dalam proses penelitian. Fungsi ini dimulai dengan membuat sebuah estimasi dan hipotesis.

Jenis statistik

Statistik sendiri bisa dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan kriteria tertentu. Jenis statistik adalah sebagai berikut;

Jenis statistik
Jenis statistik

Baca juga : Contoh Surat Kuasa

  1. Berdasarkan orientasi pembahasan
  2. Statistik matematika, yaitu statistik yang lebih memahami pemahaman model, rumus statistik matematika-teoretis, penurunan konseptual. Misalnya, tes normalitas, analisis regresi, kesalahan dan lain-lain.
  3. Statistik terapan, yaitu, statistik yang lebih fokus pada pemahaman konsep, teknik statistik dan penerapannya dalam disiplin ilmu tertentu.
  4. Berdasarkan fase dan tujuan analisis
  5. Statistik deskriptif, yaitu statistik yang berkaitan dengan pengumpulan pemrosesan, analisis, dan penyajian data tanpa kesimpulan umum. Bentuk statistik ini biasanya ditemukan dalam tabel, grafik, diagram, mode, dll.
  6. Statistik inferensial, yaitu statistik yang prosesnya memungkinkan kesimpulan umum tentang data untuk diproses.
  7. Berdasarkan asumsi tentang distribusi data populasi
  8. Statistik parametrik, yang merupakan statistik berdasarkan model distribusi normal.
  9. Statistik non-parametrik, yaitu statistik yang dilakukan dengan metode distribusi gratis atau tidak berdasarkan pada model distribusi normal.
  10. Berdasarkan jumlah variabel yang dilampirkan
  11. Statistik univariat, yaitu statistik yang hanya memiliki variabel dependen.
  12. Statistik multivarian, yaitu statistik yang memiliki lebih dari satu variabel dependen.

Di atas adalah penjelasan singkat tentang definisi statistik, tujuan, fungsi dan berbagai jenis statistik berdasarkan kriteria tertentu. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close