wisata

√ 12 Destinasi Kuliner di Aceh Sangat Enak, Wajib Dicoba

Berwisata di Kota Aceh tentu kamu tidak boleh melewatkan wisata kuliner yang menjadi salah satu hobi yang sangat menyenangkan. Salah satu kota yang tidak kalah enak kulinernya dengan kota lainnya yang ada di Indonesia. Karena Kota Aceh merupakan salah satu kota yang didalamnya terdapat banyak varian kuliner yang unik.

Orang Aceh sangat menghargai makna makanan, sehingga makanan juga bisa digarap dengan sangat serius. Tidak jarang pula ditemui orang yang makan sampai serius dan menikmatinya dengan keringetan. Belum afdol rasanya apabila ke Banda Aceh sebelum mencicipi makanan khas yang ada disana. Berikut ini 12 Destinasi Kuliner Di Aceh Sangat Enak Untuk Dicoba:

1. Mie Aceh

√ 12 Destinasi Kuliner di Aceh Sangat Enak, Wajib Dicoba
Mie Aceh

Nama kuliner Banda Aceh satu ini memang sudah tidak asing lagi ditelinga pecintanya karena di berbagai daerah banyak yang menjualnya. Jika kamu adalah seorang pecinta kuliner, maka tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner khas Aceh satu ini. Kuliner khas kota Serambi Makkah yang sudah terkenal dapat memanjakan lidah para pemburu wisata kuliner.

Mie Aceh yang disajikan dengan irisan daging dan seafood yang digoreng bersama dengan mie  yang ukurannya cukup besar dan tebal dengan bumbu yang beragam. Wisatawan dapat merasakan kuliner ini di RM Mie Razali di Peunayong.

Meskipun kamu sudah pernah mencicipi Mie Aceh di daerah lain namun janganlah lupa mencicipi kuliner Mie Aceh langsung dari daerah asalnya di Banda Aceh.

Baca juga : Wisata Kuliner Kota Semarang

2. Kuwah Pliek U

Kuwah Pliek U
Kuwah Pliek U

Kuwah Pliek U merupakan jenis kuliner yang memiliki tampilan mirip dengan gulai. Bedanya, gulai khas Aceh ini dilengkapi dengan daun dan buah melinjo, kacang panjang, kacang tanah, daun singkong, daun pepaya, dan daun kecombrang. Dan bahkan diberi chu atau sejenis siput sungai.

Kuliner yang dulunya adalah kuliner dari kerajaan di Aceh tapi kini sudah menyebar menjadi kuliner yang bisa dinikmati oleh siapapun. Seringnya kuliner ini disajikan saat ada acara besar seperti hajatan dan hari raya.

Baca juga : Wisata Kuliner Kota Medan

3. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap
Ayam Tangkap

Layaknya menu ayam,  Ayam Tangkap ini menjadi kuliner yang berbahan dasar ayam. Ayam yang lalu dibumbui dengan bermacam rempah seperti daun temurui, bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Daun temuruinya biasanya disajikan dalam jumlah banyak sehingga terlihat seperti ayam yang tertangkap. Ini alasan mengapa ayam ini diberi nama sebagai Ayam Tangkap.

Ayam Tangkap bisanya disajikan dengan bumbu kecap dan nasi yang masih hangat dengan ukuran satu ayam utuh. Harga per paketnya dibanderol seharga Rp 60 ribu per ekor. Dan bisa dinikmati oleh 4-5 orang.

Kamu bisa menikmati Ayam Tangkap ini di RM Aceh Rayeuk, RM Cut Dek dan RM Hasan.

Baca juga : Wisata Kuliner Jogja

4. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong
Kuah Beulangong

Kuah Beulangong bisa diartikan sebagai Kari khas Aceh. Kuliner satu ini merupakan kuliner khas Aceh Besar. Beulangong sendiri merupakan sebutan dari warga Aceh untuk menyebut sebuah belangga besar yang digunakan untuk memasak kari ini.

Aroma kuliner yang sangat sedap karena menggunakan bumbu dan rempah-rempah yang beragam. Yang membedakan kari khas Aceh ini dengan yang lain yaitu dari kuahnya yang tidak menggunakan santan melainkan menggunakan kelapa yang diparut dan dioseng bersama bumbunya.

Menu Beulangong disajikan dengan potongan daging ayam, sapi, atau kambing dan es timun yang segar yang juga dijual di rumah makan yang dapat membantu wisatawan menetralisir kadar kolesterol tinggi.

5. Sate Matang

Sate Matang
Sate Matang

Sate Matang adalah kuliner Banda Aceh yang banyak diburu oleh para wisatawan. Sate Matang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih. Minuman yang cocok menjadi teman makan sate matang ini yaitu Kopi Susu khas Aceh.

Sate yang dijual di kedai Sate Matang Dek Wan di Jalan Teungku Imum Lungbata. Wisatawan dapat merasakan kuliner unik dan lezat ini hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp 25an ribu.

6. Gule Kambing

Gule Kambing
Gule Kambing

Daging kambing yang rasanya empuk dimasak dengan potongan nangka muda. Memiliki rasa yang unik dan menggugah selera makan kamu. Biasa disajikan dengan minuman timun serut  atau disebut I Boh Timon.

Air timun yang juga berfungsi sebagai penetralisir agar tidak terjadi darah tinggi. Harga mulai Rp 12.000 per porsi. Bisa kamu jumpai di RM Aceh Rayeuk, RM Hasan, RM Aceh Spesifik, RM Nasi Kambing, dll.

7. Daging Masak Putih (Sie Reboh Puteh)

Daging Masak Putih (Sie Reboh Puteh)
Daging Masak Putih (Sie Reboh Puteh)

Daging sapi yang direbus dengan santan dan bumbu lainnya yang memiliki rasa unik. Selain dagingnya yang empuk, juga rasa manis membuat makanan ini digemari anak-anak dan orang dewasa yang tidak menyukai masakan yang pedas dan asin.

Sekali mencobanya maka kamu bisa terasa ketagihan. Bisa kamu jumpai di RM Aceh Rayeuk dan rumah makan yang menjual masakan Aceh lainnya. Harga dimulai Rp 8.000/porsi.

8. Roti Canai

Roti Canai
Roti Canai

Tepung terigu yang sudah dibentuk bulat dan dimasak dengan menggunakan mentega. Lalu disajikan dengan berbagai macam rasa seperti durian, kari ayam, kari kambing, cokelat dan hanya gula pasir. Harga yang dijual mulai Rp 8.000 per porsi. Bisa kamu jumpai di Canai Mamak KL, Setui.

9. Martabak Telur Aceh

Martabak Telur Aceh
Martabak Telur Aceh

Martabak yang terbuat dari tepung terigu yang ditutupi dengan telur yang sudah dicampur dengan berbagai jenis sayur yang telah dipotong kecil-kecil. Biasanya disajikan dengan acar bawang merah dan cabe rawit. Kuliner yang menjadi cemilan di saat kumpul bersama keluarga.

Uniknya, alat masak yang digunakan berbentuk petak dan datar. Harga mulai Rp 7.000an per porsi. Bisa dijumpai di REX, Peunayong, Ulee Kareng, Helsinki, Dapu Kupi, dll.

10. Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Rumbi
Bubur Kanji Rumbi

Bubur yang terbuat dari beras pulen, lalu ditumbuk kasar yang direbus dengan campuran rempah-rempah seperti, ketumbar, lada, bawang merah, jahe, biji pala dan adas manis. Bubur ini disajikan dengan ayam, udang atau telur setengah matang di atasnya.

Bisa Dijumpai di Bubur Jagung, Ulee Kareng mulai Rp 8.000an / porsinya.

11. Ayam Pramugari

Ayam Pramugari
Ayam Pramugari

Satu lagi olahan ayam yang unik dari Aceh yaitu ayam pramugari. Olahan ayam tersebut menjadi menu andalan dari sebuah restoran milik Pak Sofyan yang beralamat di Blang Bintang berdekatan dengan Lanud Sultan Iskandar Muda.

Bahan baku ayam pramugari ini harus ayam kampung untuk menjamin rasa yang nikmat. Cara memasaknya tidak jauh berbeda dengan ayam tangkap namun disini ayam dipotong dengan ukuran sedang.

Mengapa dinamakan ayam pramugari, karena cukup unik karena dulunya dan sampai saat ini banyak pramugari yang sering menyantap hidangan tersebut dan juga sajiannya yang cantik seperti seorang pramugari.

12. Rujak Aceh

Rujak Aceh
Rujak Aceh

Satu lagi sajian kuliner khas Aceh yang menyegarkan yaitu rujak Aceh. Rujak tersebut terbuat dari campuran buah seperti mangga, kedondong, pepaya, bengkoang, nanas, jambu air, dan nanas.

Bumbu yang dipakai yaitu cabe rawit, gula jawa, asam jawa, garam, kacang tanah, pisang batu, dan rumbia. Rujak Aceh yang dibuat dalam tempat ulekan yang besar dari kayu jati yang dapat menampung sekitar 50 porsi. Kamu bisa menikmati ditempat atau membungkusnya dengan daun pisang untuk dinikmati di rumah. Dan sangat nikmati disantap di saat cuaca panas.

Sekian beberapa penjelasan dari 12 Destinasi Kuliner Di Aceh Sangat Enak Untuk Dicoba. Semoga bermanfaat.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close