wisata

√ 8 Destinasi Wisata di Kota Sabang Aceh yang Indah

Menetapkan Sabang sebagai destinasi wisata kali ini adalah menjadi ide yang sempurna, terutama bagi kamu yang sukai dengan berwisata bahari. Kamu bisa berkunjung dan sepenuhnya merasa bahagia di kota kepulauan di seberang paling utara pulau Sumatera ini.

Di sinilah tempat semua orang menikmati wisata yang indah, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, bergembira dimanja pesona alam Indonesia.

Kota Sabang sendiri termasuk dari salah satu kota di provinsi Aceh, Sumatera, Indonesia. Di antara beberapa pulau yang menjadi bagiannya, Pulau Weh merupakan pulau terbesar di Sabang. Sementara itu, Pulau Rondo disebut sebagai titik terluar paling utara Indonesia. Nah, untuk tahu apa saja Destinasi Wisata di Kota Sabang Aceh yang Indah, berikut contoh dan penjelasannya:

1. Tugu Nol Kilometer Indonesia

√ 8 Destinasi Wisata di Kota Sabang Aceh yang Indah
Tugu Nol Kilometer Indonesia

Tempat wisata di Sabang yang juga perlu dikunjungi adalah tugu penanda titik paling barat Indonesia, yaitu Tugu Nol Kilometer Indonesia. Walau tidak banyak aktivitas yang bisa dilakukan, akan ada kepuasan tersendiri ketika kamu bisa sampai di Titik 0 Km negeri ini.

Menariknya, bukti kedatangan kamu juga bisa diabadikan melalui sebuah sertifikat yang bisa didapatkan di tempat ini. Salah satu rekomendasi terbaik, yang patut untuk dikunjungi. Aturlah kedatangan ke tugu di Pulau Weh ini sore hari. Tepatnya ketika matahari akan terbenam. Dimana lanskap sunset dari Tugu 0 Km juga tidak kalah mempesona.

2. Danau Aneuk Laot

Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot

Selain Pantai Iboih di ujung utara, kamu wajib untuk menikmati kemolekan Danau Aneuk Laot yang berada di tengah Kota Sabang. Aneuk Laut adalah bahasa Aceh yang berarti Anak Laut. Selain menjadi tujuan wisata utama di Pulau Weh, danau ini merupakan sumber mata air bagi penduduk setempat.

Dalam hal keindahan, Danau Aneuk Laot menawarkan nuansa hijau, sejuk yang menenangkan. Bagi penggemar fotografi, danau ini sangat kaya spot menarik untuk diabadikan.

Kamu bisa menikmati berlama-lama sampai pada keindahan matahari terbenam di tempat ini. Dan saat malam hari, tepatnya dari atas bukit Kota Sabang, kerlap-kerlip cahaya lampu menawarkan suasana yang romantis.

3. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga
Pantai Sumur Tiga

Liburan di Pulau Weh, maka siap dimanja oleh pantai-pantai indah, Pantai Sumur Tiga salah satunya. Sebuah pantai yang yang membujur panjang nan permai di timur Pulau Weh.

Karakter unik pantai ini adalah pasirnya yang cenderung lebih putih dan lembut. Air yang sedikit berombak, sementara secara keseluruhan panorama pantainya membentangkan laut yang biru dipadu dengan semilir angin yang berusaha menggerakkan nyiur di pesisirnya.

Pantai Sumur Tiga termasuk salah satu tempat wisata favorit wisatawan yang selain sebagai wisata alam juga sebagai wisata bersejarah.

Di lokasi pantai terdapat situs sejarah peninggalan zaman Jepang berupa reruntuhan benteng sisa pendudukan masa itu. Selain Pantai Iboih, pantai ini juga salah satu surga snorkeling dan diving, bahkan di sini juga ideal untuk berselancar angin. Cukup menyenangkan bukan?.

Baca juga : Destinasi Wisata Aceh

4. Pantai Kasih

Pantai Kasih
Pantai Kasih

Di Pulau Weh, kamu bisa melebarkan penjelajahan ke Pantai Kasih. Meski bukan wisata pantai yang luas, Pantai Kasih menawarkan sajian lanskap alam yang eksotik. Adanya bebatuan karang yang basah nan elegan begitu mendominasi, sementara pasir putihnya yang lembut mencoba mengimbangi permukaannya.

Tentu saja, gradasi biru laut turut menyempurnakan pesona alamnya. Sementara itu, jajaran hijau pohon palem melengkapi dengan setia menjaga setiap jengkal keindahan yang tersaji. Yang menarik lagi, di sekitaran pantai ini juga telah siap beberapa fasilitas, tidak terkecuali penginapan dan guest house.

5. Air Terjun Pria Laot

Air Terjun Pria Laot
Air Terjun Pria Laot

Tempat wisata di Sabang kamu juga patut mencoba wisata satu ini. Kamu bisa mencoba berwisata dan menemukan Air terjun Pria Laot. Sebuah wana wisata tersembunyi yang turut melengkapi cantiknya Pulau Weh.

Kamu bisa menemukan objek wisata Sabang ini di Desa atau Gampong Pria Laot. Air terjun ini adalah salah satu sudut dari Gunung Sarung Keris yang ada di bagian selatan Pulau Weh.

Seperti umumnya air terjun, Pria Laot menyajikan pesona alam yang didominasi rimbunnya kehijauan. Alhasil, udara yang dihasilkan pun terasa sejuk dan segar. Harmoni alamnya semakin sempurna dengan nyanyian beraneka kicauan burung bersuara khas. Semakin membuat tempat tersebut menjadi menarik.

Baca juga : Wisata Pantai Aceh

6. Pantai Iboih

Pantai Iboih
Pantai Iboih

Salah satu tempat wisata Sabang yang paling wajib dikunjungi berikutnya yaitu Pantai Iboih. Dimana pantai yang terletak di ujung utara Pulau Weh ini terkenal sebagai tujuan utama wisata Sabang bagi turis lokal maupun mancanegara.

Ragam aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, termasuk snorkeling dan menyelam. Perihal keindahan panorama alam pantai, paling indah saat matahari terbit. Jadi pastikan untuk mengatur kedatangan di pagi buta.

Menariknya, area Pantai Iboih sudah termasuk fasilitas yang sangat memadai. Banyak tersedia penginapan, mulai kelas backpacker sampai kelas mewah. Banyak juga warung makanan yang menyajikan berbagai jenis masakan, tidak terkecuali masakan tradisional setempat.

Selain itu, ada juga rental mobil dan motor, penyewaan alat-alat snorkeling serta Rubiah Dive Center. Dan ketika sampai di Pulau Weh, pantai ini menjadi bagian penting saat wisata disana.

7. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah

Pulau yang seolah menjadi tujuan wajib setelah puas berlibur di Pantai Iboih. Salah satu alasannya adalah karena pulau mungil ini terletak di seberang pantai tersebut. Perjalanan berperahu selama kurang lebih 15 menit akan memulai kegembiraan.

Dengan penuh rasa takjub, kamu bisa menginjakkan kaki di pantainya yang indah itu, airnya jernih, langitnya yang membiru. Kamu bisa menyelam menikmati surga bawah lautnya. Sungguh, Pulau Rubiah sangat menawan di luar dan dalamnya.

Di pulau tidak berpenghuni ini terdapat sebuah makam seorang perempuan bernama Cut Nyak Rubiah. Karena itu, nama pulau ini dinamakan Pulau Rubiah. Menurut informasi warga, di sekitaran makam tersebut, banyak pula makam lainnya yang merupakan makam dari anak-anaknya.

Di bawah tempat wisata di Sabang yang merupakan kerajaan bawah laut bagi habitat ikan hias seperti nemo, angel fish, lion fish. Termasuk juga sebagai tempat rehabilitas terumbu karang. Sehingga pantai ini menjadi pantai yang masih sangat asli.

8. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam
Pantai Anoi Itam

Jika umumnya pantai di Sabang berpasir putih, maka Pantai Anoi Itam unik dengan hamparan pasir berwarna hitam legamnya. Hal yang senada dengan apa yang melatarbelakangi penamaannya, Anoi berarti pasir atau tanah, dan Itam berarti hitam.

Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa pasir di pantai ini memiliki berat yang berbeda, yaitu 3 kali lipat pasir hitam pada umumnya. Perbedaan berat tersebut disebabkan karena kandungan nikel yang tinggi dalam komposisi mineral pasirnya.

Dan oleh legamnya pasir pantai, maka keindahan yang tersaji di pantai ini cenderung maskulin. Terlebih komposisi batuan karang yang ada turut berpadu dengan rimbun hijaunya pepohonan. Suasana yang dihadirkan juga cukup kontras dengan apa yang ada di pantai-pantai lainnya.

Selain di Pantai Sumur Tiga, di pantai ini juga terdapat benteng peninggalan zaman Jepang yang diberi nama Jepang Anoi Itam.

Sekian dahulu pembahasan mengenai Destinasi Wisata di Kota Sabang Aceh yang Indah. Semoga menambah wawasan kalian.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close