Teknologi

e-Wallet Layak Menjadi Solusi Pembayaran Digital Terbaik

Sistem pembayaran dengan e-Wallet merupakan teknologi pembayaran yang mutakhir. Sistem ini sudah menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang saat ini. Dengan layanan e-Wallet, berbagai transaksi tanpa uang tunai (non-tunai) dapat dilakukan. Secara khusus, e-Wallet berguna sebagai alat pembayaran untuk transaksi online.

e-Wallet Layak Menjadi Solusi Pembayaran Digital Terbaik

e-Wallet telah menggeser bentuk pembayaran digital berupa e-money untuk beberapa target. Misalnya, pembayaran untuk tagihan listrik, belanja online, pulsa, BPJS, dan lain sebagainya. Dengan demikian, sudah lazim bahwa penggunaan e-Wallet diklaim sebagai cara yang lebih bisa diandalkan untuk berbagai kegiatan transaksi secara online. Apa itu e-Wallet? Siapa saja para pemain e-Wallet? Apa manfaat e-Wallet? Berikut ini akan diulas secara singkat segala hal yang berhubungan dengan e-Wallet.

Baca juga : IoT (Internet of Things)

Pengertian dari e-Wallet

Pengertian dari e-Wallet

e-Wallet atau dompet elektronik merupakan suatu cara transaksi secara online melalui smartphone, yang kegunaannya hampir sama dengan kartu kredit atau debit. Aplikasi e-Wallet ini pada umumnya memakai tiga platform pembayaran, yakni Quick Response Code (QR Code / QR Payment), Near-Field Communication (NFC), dan One-Time Password (OTP). Layanan ini pertama kali dikenalkan oleh Telkomsel dengan produknya T-Cash pada tahun 2007. Tak lama kemudian diikuti oleh Indosat dengan Dompetku dan XL dengan XL Tunai.

Pada mulanya layanan e-Wallet masih terbilang sedikit, yaitu meliputi top up pulsa, paket data, dan transfer uang. Namun, seiring perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, dompet elektronik mulai bertransformasi dengan memperluas layanan pembayaran.

Baca juga : Aplikasi Pesan Tiket Bioskop Online

Penyedia Layanan e-Wallet

Penyedia Layanan e-Wallet

Selain T-Cash, XL Tunai, dan Dompetku ada beberapa aplikasi yang ikut ambil bagian dalam e-Wallet seperti Mandiri e-Cash, Sakuku, Uangku, Paytren, Doku, Dana, dan lain sebagainya. Namun kepopuleran dari e-Wallet adalah ketika dua pejuang besar, yaitu Go-Pay dan OVO banyak menawarkan berbagai promo yang menggiurkan kepada konsumen agar beralih menggunakan transaksi e-Wallet.

Baca juga : Aplikasi Pesat Tiket Pesawat

Keuntungan Menggunakan e-Wallet

Keuntungan Menggunakan e-Wallet

Teknologi finansial yang berwujud pada pembayaran elektronik ini pada akhirnya banyak menarik minat konsumen. Ini sebagai tanda bahwa, konsumen sangat nyaman dan memperoleh banyak keuntungan dari layakan dan promo yang diberikan para penyedia aplikasi e-Wallet tersebut. Keuntungan yang diperoleh antara lain:

  1. Pembayaran menjadi lebih mudah, praktis dan efisien
  2. Banyak mendapatkan promo dan diskon
  3. Lebih aman
  4. Risiko peretasan lebih rendah
  5. Histori transaksi lengkap
  6. Dapat melakukan Top Up saldo di mana saja
  7. Dapat melakukan trankasi setiap saat
  8. Simpel karena tidak memerlukan uang kembalian
  9. Sesuai dengan tujuan

Baca juga : Aplikasi Bayar Pajak

Perkembangan e-Wallet di Indonesia

Perkembangan e-Wallet di Indonesia

Perusahan yang bergerak di bidang online atau berbasis online mendapatkan udara segar dengan hadirnya berbagai platform atau aplikasi e-Wallet. Hal ini karena kurangnya akses rekening bank serta untuk masyarakat di Indonesia. Dengan demikian, para pebisnis onlnie memanfaatkan layanan e-Wallet dalam lingkup Fintech agar dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi baik online maupun offline hanya dalam satu platform yaitu aplikasi e-Wallet.

Aplikasi e-Wallet meningkat 50% sejak 2017 hingga 2019. Setidaknya ada 4 perusahaan berbasis internet dari total 10 aplikasi e-wallet yaitu Go-Jek, DANA, Paytren dan DOKU. Penggolongan ini berdasarkan laporan ASEAN Mobile Payment 2019 oleh Nomura. Peningkatan produk e-wallet merupakan dorongan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kepentingan perkembangan ekonomi di Indonesia.

Prediksi dari ASEAN Mobile Payment sendiri menggambarkan bahwa potensi perkembangan aplikasi e-Wallet diprediksikan akan semakin melonjak mengingat bonus demografi Indonesia pada tahun 2030 nanti karena penduduk penduduk Indonesia memiliki usia produktif yang lebih besar. Berdasarkan hasil riset dari Jakpat yang berkolaborasi dengan Daily Social, 74.6% pengguna aplikasi e-Wallet adalah pada usia produktif, yaitu  20 hingga 35 tahun.

Baca juga : Aplikasi Dompet Virtual

Dengan landasan berupa keuntungan dari e-Wallet yang telah dijelaskan di atas dan perkembangannya yang pesat di Indonesia, maka dapat dipastikan bahwa e-Wallet layak disandang sebagai satu solusi untuk pembayaran digital.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!
Close
Close