Kesehatan

Faktor-Faktor Penyebab Penyakit Diabetes yang Harus Dihindari

Novriadi.com – Penyakit diabetes menjadi salah satu pembunuh terbanyak bahkan nomor 1 di Asia. Bahkan penyakit diabetes merupakan penyebab utama disabilitas bagi penderitanya. Ada banyak sekali faktor yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Untuk itu lebih baik mencegah penyakit diabetes sejak dini dengan menghindari faktor-faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit diabetes seperti berikut.

Faktor – Faktor Penyebab Penyakit Diabetes

Terlalu banyak mengonsumsi gula

Makanan manis, mulai dari cookies, es krim, cokelat dan masih banyak lainnya memang makanan yang sangat sulit kamu tolak. Cita rasa serta bentuknya yang menggoda menyebabkan banyak orang ketagihan saat makan makanan satu ini. Tapu, kamu harus hati-hati, kalau kamu mengonsumsi secara berlebihan untuk waktu yang lama, tentu saja risiko terkena diabetes melitus akan semakin tinggi.

Fakto - Faktor Penyebab Penyakit Diabetes
mengonsumsi gula

Bahkan, tidak hanya diabetes, terlalu banyak makan makanan tinggi gula bisa menyebabkan masalah kesehatan lain. Mulai dari kenaikan berat badan pada akhirnya akan menjafi obesitas. Hal ini sangat berkaitan erat, saat berat badan naik otomatis risiko terkena penyakit diabetes juga akan semakin tinggi.

Baca juga : Makanan penurun Asam Urat

Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak

Fakto - Faktor Penyebab Penyakit Diabetes
mengonsumsi makanan berlemak

Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh bisa menyumbat arteri serta meningkatkan risiko terkena penyakit diabete bahkan serangan jantung mendadak. Perubahan pola hidup serta obat juga perlu dilakukan buat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak dalam tubuh yang bisa memperbesar risiko penyakit diabetes terhadap wanita.

Pola makan yang sehat

Asupan nutris yang sehat sebaiknya dengan membatasi makanan yang mengandung asam lemak jenuh, tinggi natrium, serta gula, lebih baik lagi jika menerapkan pola diet diabetes. Lebih banyak mengonsumsi buah-buah segar, sayuran, serta biji-bijian yang akan menjaga kesehatan jantung. Diet diabetes berdasarkan golongan darah bisa menjadi contoh pola makan untuk menurunkan tekanan darah serta kolesterol dalam tubuh, yang akan membantu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Baca juga : Obat Tradisional Asam Urat

Malas bergerak

Fakto - Faktor Penyebab Penyakit Diabetes
Malas bergerak

Tidak dipungkiri lagi jika segala aktivitas semakin dipermudah dengan munculnya berbagai aplikasi online dengan penawaran layanan pembelian makanan, barang ataupun jasa lainnya. Hanya bermodalkan smartphone dan beberapa kali klik saja, kamu akan langsung mendapatkan barang di depan pintu rumah.

Tapi perlahan dan pasti, jika kamu malas gerak akan menyebabkan resistensi insulin dan merupakan salah satu faktor penyebab terkena diabetes melitus. Ditambah lagi kalau gaya hidup yang kamu ikuti memiliki pola makan yang buruk serta kebiasaan tidak sehat, mulai dari merokok ataupun minum alkohol.

Baca juga : Ramuan Tradisonal Jantung Koroner

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau sering dikenal WHO, pola hidup seperti menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia.

Kelebihan berat badan atau obesitas

Fakto - Faktor Penyebab Penyakit Diabetes
Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan ataupun obesitas bisa meningkatkan faktor risiko penyakit diabetes. Hal ini umumnya disebabkan karena kaitannya dengan faktor risiko penyakit diabetes yang lain, termasuk tingginya kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah, penyakit hipertensi, dan obesitas. Selalu menjaga berat badan dalam keadaan terkendali akan menurunkan faktor risiko mengidap penyakit diabetes.

Mengontrol tekanan darah

Salah satu faktor utama timbulnya penyakit diabetes adalah tekanan darah tinggi. Sehingga sangat penting bagi kamu selalu menjaga tekanan darah dengan rutin, minimal sekali setahun buat orang dewasa. Serta lebih baik rutin dilakukan jika sudah menderita tekanan darah tinggi. Selain itu lakukan perubahan, mulai perubahan pola hidup demi mengontrol tekanan darah tinggimu.

Baca juga : Manfaat Stroberry Kesehatan Jantung

Mengurangi konsumsi alkohol

Fakto - Faktor Penyebab Penyakit Diabetes
konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol secara berlebiham bisa menjadi salah saru faktor meningkatnya tekanan darah. Alkohol akan memberikan kalori tambahan dan bisa menyebabkan bertambahnya berat badan. Selain itu, alkohol juga berbahaya bagi jantung karena bisa meningkatkan tekanan darah serta melemahnya otot jantung. Hal-hal inilah yang akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes. Untuk pria sebaiknya jangan terlalu sering dan minum lebih dari 2 gelas per harinya. Sedangkan wanita sebaiknya tidak mengonsumsi alkohol lebih dari 1 gelas per harinya.

Dehidrasi

Fakto - Faktor Penyebab Penyakit Diabetes
Dehidrasi

Kekurangan cairan tahap yang parah bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, ginjal bahkan diabetes. Tapi masih banyak orang yang tidak tahu jika dehidrasi dan penyakit diabetes saling berhubungan erat satu sama lain.

Baca juga : Tips Menangani Vertigo

Beberapa penelitian menemukan jika asupan cairan yang sangat rendah bisa menyebabkan peningkatan gula dalam darah. Dalam penelitian tersebut, peneliti menyatakan orang dewasa yang sehat selama lebih sembilan tahun tapi mengalami perubahan pola hidup, seperti kurang minum dari 1/2 liter air per harinya akan lebih berisiko terjadinya peningkatan kadar gula dalam darah daripada mereka yang minum lebih banyak dari 1 liter per hari.

Pola tidur yang baik

Apabila kamu sering kurang  tidur, risiko terserang penyakit jantung sangatlah besar, diabetes, serta obesitas. Tiga hal inilah yang membuat risiko penyakit jantung meningkat. Seharusnya sebagai orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7 – 9 jam setiap harinya. Pastikan kamu memiliki pola tidur yang baik, jika kamu sering mengalami gangguan tidur sangat disarankan untuk segera mengunjungi dokter.

Olahraga dengan rutin

Fakto - Faktor Penyebab Penyakit Diabetes
Olahraga

Melakukan olahraga baik ringan maupun berat sangat bagus untuk menghindari terkena diabetes serta membawa keuntugan bagi tubuhmu. Mulai dari memperkuat jantung sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Dengan berolahraga secara rutin, akan turut menjaga berat badan tetap normal bagi tubuh, dan bisa membantu menurunkan tekanan darah serta kolesterol. Hal- hal inilah yang akan membantu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Baca juga : Pola Hidup Sehat

Terlalu sering makan – makanan asin

Selain kebiasaan mengonsumsi makan makanan manis, mengonsumsi garam secara berlebihan juga salah satu faktor penyebab diabetes.  Kebanyakan makan garam dapat meningkatkan risiko terkena obesitas serta hipertensi. Kalau kamu sudah terkena hipertensi, tentu saja risiko kamu mengalami diabetes akan semakin tinggi juga. Tidak hanya itu, garam juga dapat menyebabkan resistensi insulin, yang menyebabkan kadar gula didalam darah akan meningkat dan menyebabkan diabetes.

Walaupun faktor-faktor diatas bisa membuat berisiko terkena penyakit jantung, tapi ada beberapa faktor yang tidak bisa kamu hindari seperti berikut

Etnis atau ras

Beberapa etnis atau ras mempunyai risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung daripada yang lainnya. Seperti orang Afrika-Amerika berisiko tinggi terkena penyakit jantung daripada orang ras putih, lain haalnya dengan Hispanik-Amerika yang mempunyai risiko lebih rendah mendapatkan penyakit jantung.

Baca juga : Manfaat Buah Naga

Usia

Risiko penyakit jantung meningkat seiring bertambahnya usia. Pria berusia 45 tahun ataupun lebih serta wanita berusia 55 tahun ataupun lebih akan memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung.

Riwayat keluarga

Jika kamu memiliki riwayat keluarga terkena penyakit diabetes, maka kamu akan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena penyakit diabetes.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk mencegah penyakit jantung sedini mungkin dan bisa mulai diterapkan dalam aktivitas sehari-hari. Pola hidup sehat menjadi faktor pendorong agar kesehatan jantung selalu terjaga. Sehingga kondisi jantung akan semakin meningkat serta tidak mengalami gangguan jantung berbahaya. Cukup melakukan hal-hal diatas agar jantung selalu kuat dan sehat.

Tags

Novriadi

Hallo, perkenalkan Colab Squad dan situs ini merupakan milik Gabungan, Kami juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang didapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs kamiini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close