aplikasi

Fitur Instagram Mirip TikTok bernama Reels

Fitur Instagram mirip TikTok telah resmi diluncurkan pada 5 Agustus 2020 lalu, dan menjadi bukti bahwa persaingan di dunia teknologi saat ini terus berjalan pesat, termasuk di antara dua perusahaan raksasa pengembang media sosial tersebut. Seperti yang kita tahu, aplikasi TikTok kini menjadi salah satu platform dengan banyak sekali pengguna dan penggemar dari kalangan muda dan milenial.

Baca Juga : Memahami Lebih Jauh Apa itu Kamera AI

TikTok sendiri adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya merekam video berdurasi pendek dan ditambahkan efek dan filter, sebebas dan sekreatif mungkin. Namun fenomena popularitas TikTok ini mulai menimbulkan respon negatif di beberapa negara. Amerika, misalnya, beberapa waktu yang lalu bahkan sudah memblokir aplikasi ini karena dianggap sebagai ancaman bagi negaranya.

Latar Belakang Pengembangan Fitur Reels

fitur Instagram mirip TikTok

Pihak perusahaan Instagram sendiri menyanggah ketika ditanya apakah pengembangan fitur Instagram mirip TikTok ini adalah untuk merespon dilarangnya aplikasi TikTok di berbagai negara. Sebaliknya, Instagram mengaku justru terinspirasi oleh platform tetangga tersebut dan berencana menyediakan fitur serupa dengan format yang berbeda. Instagram juga menolak disebut sebagai copycat atau plagiat.

Sebelumnya, TikTok sendiri sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia. Namun setelah dibuka kembali, aplikasi ini mendapat animo yang tinggi dari pengguna dari negara kita. Sementara itu, di beberapa negara mulai muncul pelarangan atau banned, salah satunya yang sudah resmi adalah India. Beberapa negara lain, seperti Australia, Jepang, Pakistan, dan Hongkong memperhitungkan pemblokiran.

Perbedaan TikTok dan Fitur Reels di Instagram

fitur Instagram mirip TikTok

Terlepas apakah fitur Instagram mirip TikTok ini merupakan langkah Instagram untuk menyaingi TikTok atau bukan, faktanya tetap ada perbedaan mendasar. Fitur Reels di Instagram ini tentunya tidak seperti TikTok yang memiliki dunianya sendiri. TikTok juga mulai membayar kreator-kreatornya, sedangkan Instagram belum berencana sampai kesana. Fitur Reels ini murni untuk menambah variasi dan hiburan saja.

Mengenal Reels Lebih Dekat dan Cara Menggunakannya

Instagram Reels adalah sebuah fitur Instagram mirip TikTok yang memungkinkan penggunanya untuk merekam video pendek berdurasi 15 detik. Saat ini, fitur Reels ini telah diluncurkan di 50 negara, termasuk Amerika, Inggris, India, dan Indonesia. Meskipun telah dirilis secara resmi, Anda tetap harus melakukan update pada aplikasi Instagram Anda agar fitur Reels ini muncul.

Jika sudah melakukan update, Anda bisa langsung membuat reels pertama Anda dengan klik menu kamera di Instagram. Setelah itu, klik menu Reels di sebelah kanan Story. Di layar, Anda akan menemukan pilihan-pilihan untuk memasukkan audio dengan memilih ikon musik. Anda juga bisa mengatur kecepatan video Anda dengan memilih ikon Speed. Jangan lupa, klik Effect untuk menambahkan efek.

BAca Juga : 5 Rekomendasi Buku untuk Anak 2 Tahun

Setelah editing selesai, Anda pun bisa langsung membagikan reels Anda, yang akan muncul seperti story dan akan menghilang setelah 24 jam. Selain itu, Anda juga memiliki opsi untuk membagikan reels di Explore Feed maupun di tab di bagian bawah profil Anda. Tak hanya sebagai hiburan, fitur reels ini juga sangat bagus dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis Anda dan meningkatkan engangement.

Nah, demikian tadi adalah penjelasan tentang Reels, sebuah fitur Instagram mirip TikTok yang resmi dirilis di 50 negara baru-baru ini. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya? Yang jelas, apapun fitur dan aplikasinya, kita harus tetap bijak dalam menggunakannya. Buat konten yang sekreatif mungkin untuk mengekspresikan diri, namun tetap mengerti batasan dan akan lebih baik jika bermuatan informasi positif.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close