Teknologi

Galaxy M30 Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia

Hanya dalam kurun waktu 6 bulan, 3 type dari generasi M Series diluncurkan di pasar Indonesia.  Smartphone yang konon merupakan peleburan dari 3 entry level yang berbeda, yaitu generasi J, C dan On tersebut diawali dengan diluncurkannya Galaxy M20 pada bulan Pebruari 2019, disusul M10 sebulan kemudian dan pada 25 Juli 2019 giliran Galaxy M30 yang meramaikan pasar smartphone Indonesia.

Berbeda dari dua generasi sebelumnya yang cenderung membidik pasar smartphone menengah ke bawah dengan harga Rp.1,6 juta untuk M10 dan Rp.2,4 untuk M20, Galaxy M30 ditargetkan untuk pasar menengah ke atas dengan banderol harga sebesar Rp.3,4 juta. Harga tersebut sedikit lebih murah dibanding kompetitor utamanya yaitu vivo S1 yang dijual seharga Rp.3,6 juta.

Galaxy M30 Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia

Galaxy M30 Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia
Galaxy M30 Ramaikan Pasar Smartphone Indonesia

Tidak mau kalah dari produk-produk buatan China terlebih untuk ponsel yang selevel, serangkaian komponen hardware dan software pun ditanamkan guna meningkatkan nilai jual M30.

Baca juga : Galaxy Note 10

Diantara sekian banyak spesifikasi yang menjanjikan tersebut, terselip 3 keunggulan utama yang oleh Samsung lantas dijadikan jargon untuk mempromosikan produk ini, yaitu 3x Max yaitu maksimal dari sisi baterai, layar dan kamera.

Seperti apa kelebihan dari smartphone buatan pabrikan dari Korea Selatan ini, berikut spesifikasi lengkapnya.

Spesifikasi Galaxy M30

Spesifikasi Galaxy M30
Spesifikasi Galaxy M30

Sebelum membedah spesifikasi lengkap dari Galaxy M30, ada baiknya bila melihat terlebih dahulu 3 keunggulan utama yang dijadikan jargon oleh smartphone ini, yaitu sektor baterai, layar dan kamera.

Baca juga : Samsung Galaxy a80

Pada sektor baterai yang menjadi sumber daya, Samsung menanamkan baterai Li-Po non-romavable berkapasitas jumbo dengan kemampuan menyimpan daya 5.000 mAh. Dengan besarnya daya yang tersimpan tersebut membuat smartphone ini diklaim dapat digunakan untuk memutar musik selama 105 jam,  berbicara selama 31 jam dan nonton video selama 25 jam.

Galaxy M30
Galaxy M30

Menariknya, meski memiliki  kapasitas besar, untuk mengisi baterai M30 tidak butuh waktu lama karena tersedia fitur fast charging 15W dengan konektor USB tipe C yang membuat pengisian daya baterai dari 0% – 100% hanya butuh waktu sekitar 140 menit.

Baca juga : Asus Rog Phone II

Menginjak pada sektor layar, tampilan kekinian lewat ‘notch’ alias poni kecil di bagian atas layar yang oleh Samsung dinamakan ‘Infinity-U’ sebagai tempat bagi kamera depan membuat smartphone ini menarik untuk dijadikan tentengan anak-anak muda.

samsung galaxy
samsung galaxy

Bentang layar seluas 6,4 inch tentunya menarik untuk dijadikan media bermain game dan memutar video. Terlebih Galaxy M30 sama halnya produk-produk Samsung yang lain, menggunakan layar Super AMOLED yang dikenal jernih dengan resolusi Full HD+ 2340 x 1080 piksel.

Baca juga : Predator Helios 700

Sektor ketiga yang menjadi unggulan dari ponsel ini adalah fasilitas fotografinya yang tidak  mau kalah dari produk-produk China. Pada bagian belakang dapat ditemukan 3 kamera utama yang terdiri atas lensa dengan resolusi 13 megapiksel dilengkapi aperture f/1.9 ditambah kamera wide yang dilengkapi aperture f/2.2 dengan resolusi 5 megapiksel serta kamera dept sensor yang dilengkapi aperture f/2.2 dengan resolusi 5 megapiksel.

Sedang untuk kamera depan, tertanam lensa dengan resolusi 16 megapiksel yang disokong aperture f/2.0, sehingga dipastikan akan memberikan foto selfie dan wefie dengan hasil yang memuaskan. Begitu juga saat digunakan untuk video call.

Samsung
Samsung

Baca juga : Acer nitro 7

Selain ketiga sektor yang menjadi daya jual utama tersebut, sudah barang tentu Samsung juga membekali sektor-sektor yang lain untuk dapat bersaing dengan para kompetitor. Salah satu diantaranya adalah hardware yang digunakan sebagai dapur pacu.

Dengan prossesor Octa-core (2 x 1,8 GHz Cortex-A73 dan 6 x 1.6 GHz Cortex-A53) Galaxy M30 mengandalkan System on Chip  Exynos 7904 (14 nm) sebagaimana yang terdapat pada M20, namun dengan kapasitas yang kebih besar yakni RAM 4 GB dan ROM 64 GB, sementara M20 memakai RAM 3 GB dan ROM 32 GB. Sedang untuk sektor grafis, digunakan GPU Mali-G71 MP2 yang berjalan pada sistem operasi Android 9 Pie dengan tampilan antarmuka Samsung Experience 9.5. Terdapat dua pilihan warna yang ditawarkan Galaxy M30 untuk pasar Indonesia, yaitu warna hitam dan biru yang sama-sama memiliki tampilan menawan dan mewah, terlebih jika digunakan oleh anak muda.

Tags

Novriadi A.S

Hallo, perkenalkan nama saya novriadi antonius dan situs ini merupakn milik saya, Saya juga ingin berbagi pengetahuan kepada teman-teman sekali dengan apa yang saya dapat. Dan semoga teman-teman bisa terbantukan dengan adanya situs saya ini. Terimakasih Selamat Membaca.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close